Tips memilih theme wordpress – Dalam memilih tema untuk website Anda, Anda pasti akan bingung karena ada ribuan tema wordpress yang bertebaran di luar sana. Karena jumlahnya yang sangat banyak sehingga menyulitkan Anda dalam mengambil keputusan untuk menggunakannya.

Nah, dalam artikel ini kami telah merangkum beberapa tips tentang cara memilih tema wordpress untuk Anda. Apa saja tipsnya, yuk terus simak artikel ini. Memilih theme wordpress tidaklah mudah, pertama-tama Anda harus memastikan tema tersebut sesuai dengan niche yang Anda pilih. Misalnya menggunakan tema travel ternyata isinya otomotif.

Jawabannya tidak, walaupun masih bisa disambung tapi sepertinya sangat dipaksakan. Satu sampai tiga kali itu biasa, keempat dan seterusnya, pengunjung pasti akan pergi karena tata letaknya tidak nyaman. Perlu Anda perhatikan bahwa tema tersebut diibaratkan bungkus saat anak sedang jajan.

Mereka pasti akan memilih untuk membeli permen hewan daripada gambar pria yang memakai topi. Namun, saat dibuka, isinya sangat berbeda dari ekspektasi awal. Dimana hewan tersebut mencerminkan pemandangan alam yang menyegarkan. Setelah disantap, semuanya diluar ekspektasi hingga akhirnya malas untuk membelinya.

Kasusnya hampir sama dengan memilih tema yang tepat di wordpress. Dimana, ia memiliki ekspektasi yang cukup tinggi, namun harus kecewa karena rasa dan coverage yang berbeda. Karena itu, jangan terburu-buru untuk memilihnya.

Tips Memilih Theme WordPress yang Tepat

Memilih tema yang responsif dan kompatibel dengan smartphone adalah salah satu langkah yang tepat. Selain itu, pengguna ponsel saat ini sudah cukup banyak. Hampir setiap orang selalu menghabiskan waktu di sana sehubungan dengan komputer.

Oleh karena itu, mobile friendly adalah cara terbaik untuk menarik pengunjung yang lebih memilih untuk membuka apapun melalui ponsel mereka. Selain itu, pemilihan teks responsif dinilai sangat tepat karena Google mulai memprioritaskannya.

Tidak cukup sampai disini saja, masih banyak tips lain yang juga harus diperhatikan dalam pemilihan situs agar pengembangan website bisa lebih cepat, pengunjung bertambah dan nyaman menghabiskan waktu minimal 1 jam . Berikut ini merupakan tips memilih theme wordpress yang tepat untuk Anda.

Perhatikan kecepatannya

Pilih developer dengan skor tertinggi yaitu A. Hal ini akan mempengaruhi kecepatan membaca data. Kondisi ini dipengaruhi oleh karakteristik dan struktur pengembang yang semakin lama semakin tidak baik. Namun, tidak bagi Anda yang sudah memilih standar Kelas A. Meski fasilitasnya melimpah, kecepatan muat tetap terjaga dengan baik. Ini akan mempengaruhi pengunjung.

Pastikan juga pilihan Anda dilengkapi dengan dukungan penuh. Artinya, ketika terjadi masalah, baik disengaja atau tidak, Anda bisa meminta bantuan untuk menyelesaikannya, demi menjaga kenyamanan pengunjung.

SEO friendly

Harus diingat bahwa Anda berada di google. Untuk menjadi peringkat 1 Anda membutuhkan SEO pada semua bagian. Berbagai developer kerap membuat klaim tersebut, agar tidak tertipu Anda bisa melakukan pemeriksaan.

Menggunakan 3 tools yaitu Google Pagespeed, GTMetrix dan Pingdom Tool. Tips selanjutnya, pastikan Anda menggunakan developer yang sudah memikirkan tingkat keamanannya karena kesalahan coding bisa dimanfaatkan oleh hacker.

Haruskah menggunakan tipe berbayar? Tidak perlu, banyak sekali freebies dengan tingkat keamanan yang tinggi di luar sana, hanya saja Anda harus berhati-hati dalam memilihnya, agar tidak menimbulkan virus berbahaya lebih lanjut.

Tampilan

Tampilan tema yang menarik pasti membuat pengunjung yang mengunjungi website kita betah. Pastikan juga tema WordPress sesuai dengan niche website, karena setiap tema biasanya disesuaikan dengan niche tertentu.

Harga

Tips berikutnya adalah masalah harga, jika ingin yang gratis, theme WordPress gratis tersedia di menu Appearance > Dashboard Themes. Namun jika ingin membeli theme versi berbayar bisa mencari theme wordpress premium, themeforest dan lain-lain, tinggal sesuaikan budget saja.

Jika memang ada budget, lebih baik menggunakan theme versi berbayar, karena banyak sekali perbedaan antara versi gratis dan versi berbayar.

Baca Juga : CMS WordPress Adalah? Inilah Ulasannya

Niche

Niche adalah salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih tema. Jika situs web Anda berisi berbagai topik, lebih baik menggunakan jenis tema Majalah, jika kontennya terutama foto, lebih baik menggunakan galeri tema.

Jika dioptimalkan untuk Adsense, yang terbaik adalah menggunakan tema pemuatan cepat dan bersih dan lainnya. Jangan memilih tema karena Anda sudah menyukainya, jadi usahakan untuk menggunakan tema yang tidak sesuai dengan niche Anda, karena setiap niche memiliki desain dan navigasi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Support browser

Pengunjung situs web harus menggunakan browser yang berbeda. Jadi jangan lupa untuk melihat dukungan browser, pilihlah tema yang memiliki dukungan browser terlengkap. Jika tidak terdaftar, Anda dapat menghubungi kontak pengembang tema untuk dukungan browser apa pun.

Responsif dan mobile friendly

Mengapa tema harus responsif dan ramah seluler? Karena kini tema responsive juga menjadi salah satu hal yang diprioritaskan oleh Google saat menentukan peringkat website. Selain itu, akses melalui perangkat seluler seperti smartphone dan tablet lebih banyak digunakan daripada menggunakan komputer desktop.

Sebelum memilih tema, pengembang biasanya memberikan contoh seperti apa versi desktop, tablet, dan seluler untuk Anda coba. Pilih yang memiliki tampilan menarik dan loading cepat. Untuk memeriksanya, Anda dapat menggunakan Tes Responsif atau Tes Google Mobile-Friendly.

Keamanan

Anda juga perlu memperhatikan faktor keamanan tema yang Anda gunakan, terutama tema gratis atau tema batal yang sedang populer. Karena celah dalam pengkodean tema, kesalahan dapat digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk meretas.

Selain itu, tema, terutama tema yang dibatalkan atau dibajak, sering kali rentan terhadap serangan malware atau virus yang merusak situs web.

Dokumentasi

Untuk tema WordPress berbayar, pengembang biasanya menyediakan dokumentasi lengkap tentang cara dan cara menggunakannya. Selain itu, tema versi berbayar biasanya mudah disesuaikan melalui fitur menu yang disediakan oleh pengembang tema. Untuk tema WordPress gratis, fitur seperti ini jarang ditemukan.

Support atau dukungan

Yang terakhir adalah dukungan atau support dari pengembang tema. Cek juga kapan terakhir kali developer memberikan update tema, apakah rutin atau tidak update tema sama sekali. Juga, jika suatu saat Anda mengalami masalah dengan tema yang Anda gunakan, Anda tidak perlu khawatir lagi berkat dukungan dari pengembang.

Perbedaan Themes Gratis dan Berbayar

Nah, pada bagian ini mungkin ada sebagian orang yang masih bingung membedakan antara tema gratis dan berbayar. Berikut adalah penjelasan singkat tentang perbedaan antara theme WordPress gratis dan berbayar:

Fitur

Jelas bahwa tema premium memiliki fitur yang lebih lengkap daripada versi gratis.

Support

Nah, nilai plusnya tema berbayar memiliki dukungan yang lebih baik daripada versi gratis. Terutama ketika ada masalah dengan tema atau memperbarui tema ke versi terbaru. Selama Anda menggunakan tema berbayar legal, Anda akan menerima dukungan seumur hidup.

Pengaturan

Tema WordPress premium biasanya menawarkan kemudahan, kelengkapan, dan pengaturan yang lebih sederhana. Anda dapat mengubah tema melalui pengaturan dasbor, seperti mengubah warna, ikon, logo, dll.

Tetapi untuk template gratis mungkin tidak bisa mendapatkan fitur ini, Anda perlu mengedit bagian skrip secara manual.

Kelebihan dan Kekurangan Theme Gratis dan Berbayar/Premium

Kelebihan dari Tema WordPress Gratis

  • Gratis (itu pasti).
  • Untuk tema gratis, pengguna relatif banyak, sehingga Anda dapat menanyakan beberapa hal terkait tema kepada pengguna lain.
  • Tema gratis umumnya lebih sederhana dan ringan, sehingga tidak membebani hosting Anda.

Kekurangan Tema WordPress Gratis

  • Tidak sepenuhnya dikodekan dengan baik.
  • Tidak menjamin kualitas keamanan dan berbagai hal penting lainnya.
  • Relatif sulit untuk mendapatkan bantuan dari pengembang untuk hal-hal tertentu.
  • Pembaruan tidak dapat dijamin karena pengembang tidak diharuskan untuk terus memperbarui tema gratis mereka.
  • Fungsionalitas yang sangat terbatas.
  • Lebih sulit untuk menyesuaikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.
  • Blog Anda akan terlihat sangat mirip dengan blog lain yang menggunakan tema gratis yang sama.
  • Tampilan terkadang kurang menarik dan tidak leluasa mengatur tampilan.

Kelebihan Tema WordPress Premium

  • Didukung dengan berbagai fitur canggih.
  • Penampilan yang sangat menarik dan kode yang baik.
  • Mampu membuat blog multifungsi.
  • Dukungan teknis penuh dari pengembang.
  • Mudah untuk disesuaikan.
  • Perbarui secara teratur.
  • Mampu membuat blog Anda berbeda dari blog lain, meskipun tema yang Anda gunakan sama dengan yang lain.
  • Dokumentasi lengkap atau petunjuk penggunaan.

Kekurangan Tema WordPress Premium

  • Harganya relatif tinggi, mulai dari $30 hingga $300, belum lagi jika dikustomisasi khusus untuk blog Anda.
  • Karena banyaknya fitur yang ditawarkan (walaupun tidak semua fitur yang Anda perlukan), loading blog Anda bisa lambat, meski tidak selalu.
  • Belum tentu kompatibel dengan hosting yang Anda gunakan.
  • Penggunaannya relatif rumit, meskipun didukung dengan dokumentasi yang lengkap, karena tidak semua pengguna memahami hal-hal teknis dengan baik.
  • Masih banyak fitur yang tidak terlalu dibutuhkan, sehingga hanya mengganggu tema itu sendiri.
Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *