Pemimpin adalah orang yang mendapat mandat dan kepercayaan untuk menahkodai perusahaan agar maju dan berkembang. Mereka tentu memiliki kelebihan dari orang lain. Ada 10 sifat kepemimpinan yang terbukti mampu mencetak pemimpin yang berkarakter.

Sifat kepemimpinan ini bila melekat pada diri seseorang, maka mereka mampu menggerakkan tim dan karyawan dengan maksimal. Sehingga perusahaan akan maju, berkembang dan memperoleh omset melimpah.

Apa itu sikap kepemimpinan? Sifat kepemimpinan adalah sifat yang melekat kuat pada diri seorang pemimpin sehingga menjadi bagian dari karakter mereka.

Apa saja sifat-sifat kepemimpinan? Yuk, simak pembahasannya dalam artikel ini.

1. Memiliki Kejujuran

Salah satu dari 10 sifat kepemimpinan yang paling penting adalah kejujuran. Seorang pemimpin perlu memiliki kejujuran. Sungguh, kejujuran merupakan mahkota bagi setiap orang. Pemimpin, mereka perlu memiliki kejujuran dalam segalanya. Kejujuran merupakan mata uang yang laku di manapun. Seorang pemimpin yang memiliki kejujuran, maka dia akan memiliki integritas. Integritas yang ada dalam dirinya akan menghasilkan  loyalitas tim dan karyawannya.  Siapapun pasti tak mau dipimpin oleh pemimpin yang tak jujur dan tak amanah.

Pemimpin yang tak jujur tak akan memperoleh loyalitas karyawan.  Sebaliknya, saat mereka tak jujur, maka instruksi dan perintah mereka tak akan mendapat respons dari tim dan bawahannya. Sebuah situasi yang sangat antipati.

Baca juga: 10 Tipe Kepemimpinan Yang Ada Di Sekitar Kita

2. Memiliki Tanggung Jawab

Investor dan bisnis owner mempercayakan kepemimpinan perusahaan kepada pemimpin (leader) karena mereka memiliki tanggung jawab. Tanggung jawab-lah yang menjadi tolak ukur apakah seseorang layak menjadi pemimpin atau tidak. Ukuran dan tolak ukur seorang pemimpin bukan pintar dan cerdas saja tetapi tolak ukur seorang pemimpin adalah memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, bertanggung jawab jangka panjang, dan mampu bekerja secara profesional.

Mau tak mau seorang pemimpin harus mempertanggungjawabkan kepemimpinannya. baik secara tertulis atau moral.

3. Mampu Bersikap Tenang

Tugas utama seorang pemimpin dalam mengambil keputusan strategis. Untuk menghasilkan keputusan yang berkualitas dan tepat, maka seorang pemimpin perlu memiliki ketenangan dalam dirinya. Tanpa ketenangan, maka dia tak bisa memutuskan dengan kepala dingin penuh pertimbangan. Tanpa pertimbangan yang matang, maka keputusannya berpotensi merugikan perusahaan dan organisasi.

Memiliki sikap tenang tak bisa hadir begitu saja tetapi perlu berlatih setiap hari. Bila seseorang mampu melatih dirinya untuk tenang, maka mereka layak menjadi pemimpin perusahaan dan organisasi.

4. Memiliki Sikap Disiplin

Dalam dunia kerja dan organisasi, sikap disiplin perlu ditanamkan pada tim dan karyawan.  Bahkan, disiplin adalah harga mati untuk mencapai  profesionalitas. Tanpa disiplin, maka perencanaan yang tersusun rapi akan kacau balau. Planning (perencanaan) yang seharusnya selesai tepat waktu akan molor dan tak kunjung selesai.

Seorang pemimpin perlu menjadi contoh nyata memiliki sikap disiplin bagi tim dan karyawannya. Bagaimana bisa perusahaan memiliki karyawan yang disiplin dan tepat waktu bila pemimpinnya sering telat dan tak tepat waktu.

Untuk mengelola perusahaan maju dan berkelas, maka perlu menyiapkan pemimpin yang disiplin dan tepat waktu.

5. Memiliki Nilai Akuntabilitas Tinggi

Seorang pemimpin perlu memiliki nilai akuntabilitas yang tinggi dalam perusahaan dan organisasi. Tentu, apapun yang mereka lakukan harus bisa dipertanggungjawabkan.  Perusahaan mengangkat mereka sebagai pemimpin manajemen karena mereka percaya bahwa agar mampu berpikir, bertindak dan mengarahkan tim karyawan menuju kualitas yang profesional.

Akuntabilitas tinggi bisa tercermin dari laporan keuangan, laporan kinerja dan laporan pertanggungjawaban pada akhir periode.

6. Memiliki Keyakinan Kuat

Seorang pemimpin adalah orang yang memperoleh kepercayaan untuk memimpin organisasi atau perusahaan. Mereka menjadi ujung tombak perusahaan. Maju mundurnya perusahaan ada dalam genggaman mereka. Mereka perlu memiliki keyakinan yang kuat untuk memajukan perusahaan. Kehadiran mereka di perusahaan bukan sekedar datang, duduk, ngobrol dan memberikan instruksi kepada tim dan karyawan. Tetapi mereka perlu memastikan bahwa semua baik-baik saja dan berjalan sesuai dengan rencana.

Bila perusahaan tak mampu meraih profit (keuntungan), maka perusahaan akan mengalami kerugian. Bila perusahaan mengalami kerugian, maka pasti ada yang dikorbankan. Maka, kehadiran pimpinan sangat penting untuk menguatkan karyawan dan anggota perusahaan agar yakin bahwa perusahaan akan maju, bertumbuh dan berkembang bersama-sama.

Mereka adalah karakter penting yang akan menemukan semangat dan antusias karyawan untuk bekerja secara maksimal. Mereka juga perlu memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Bukan hanya itu, mereka perlu tegas dalam mengambil keputusan dan tegas menjalankan operasional usaha tanpa kenal lelah.

7. Pandai Membangun Komunikasi

Komunikasi menjadi salah satu pilar kesuksesan organisasi atau perusahaan. Seorang pemimpin perlu memiliki skill (kemampuan) berkomunikasi yang baik. Baik membangun komunikasi terhadap jajaran manajemen ataupun karyawan. Kemampuan komunikasi seorang pemimpin akan mampu memudahkan karyawan memahami apa yang mereka inginkan. Sehingga visi, misi dan tujuan perusahaan akan sampai pada karyawan. Karyawan bekerja secara maksimal karena mampu memahami filosofi, visi dan misi perusahaan. Mereka tahu apa tugas dan tanggung jawab mereka dalam perusahaan. Sehingga mampu meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan.

Komunikasi yang terjalin baik antara pimpinan dengan karyawan akan menghindari terjadinya salah paham, menghindari kekacauan dalam bisnis. Perbedaan pendapat akan terhindar dengan komunikasi yang baik.

Dengan kata lain, komunikasi yang baik akan menjadi jembatan emas untuk membangun kesuksesan perusahaan dan organisasi jangka panjang.

8. Menjadi Sosok yang Inspiratif

Seorang pemimpin perlu menjadi inspirasi bagi karyawannya. Sehingga apa pun yang mereka lakukan harus mencerminkan keteladanan dan kerja nyata. Seorang pemimpin perlu memberikan contoh kerja keras dan kerja cerdas sehingga kinerja tim dan karyawan akan meningkat setiap hari.

Karyawan memerlukan motivasi, inspirasi dari pemimpinnya.  Dalam aktivitas bekerja setiap hari, tentu mereka mengalami kejenuhan. Maka, seorang pemimpin perlu hadir untuk memberikan motivasi, dorongan dan semangat pada mereka. Agar produktivitas mereka tumbuh kembali dan meningkat.

9. Memiliki Rasa Percaya Diri Yang Tinggi

Salah satu dari 10 sifat kepemimpinan adalah percaya diri. Rasa percaya diri perlu dimiliki oleh seseorang yang ingin tumbuh dan berkembang. Seorang pemimpin perlu memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi dibanding dengan orang lain.  Rasa percaya diri akan membuat mereka percaya apa yang mereka lakukan akan sukses dan meraih keberhasilan. Sebaliknya, tanpa rasa percaya diri yang tinggi mereka berpeluang terperosok dalam kesalahan dan kerugian jangka panjang.

Rasa percaya diri biasanya terbangun mulai dari lingkungan keluarga. Bila mereka tumbuh dalam keluarga yang humanis dan harmonis, maka mereka akan memiliki rasa percaya diri yang kuat sejak dini. Rasa percaya diri ini menjadi modal utama bagi mereka untuk memimpin perusahaan dan memajukan perusahaan.

10. Memiliki Rasa Empati

Sebenarnya setiap orang perlu memiliki rasa empati dalam aktivitas sehari-hari. Namun, bagi seorang pemimpin, mereka perlu memiliki rasa empati yang tinggi di tempat kerjanya.  Seorang pemimpin adalah orang yang setiap hari berhubungan dengan tim dan karyawan.  Maka, mereka perlu memahami psikologi (kejiwaan) setiap karyawan. Jika mereka mampu membaca pikiran seseorang sebelum dia berucap. Rasa empati akan muncul dari pengertian dan mau mendengar.  Maka, seorang pemimpin perlu banyak mendengar keluh kesah bawahannya agar tumbuh empatinya.

11. Memiliki Rasa Sabar

Kesabaran adalah karakter positif yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin. Kesabaran bukan sikap pasif pasrah dan menyerah. Tapi kesabaran adalah kegigihan untuk bertahan, maju tumbuh dan berkembang.  Saat ada karyawan yang merasa jenuh dengan pekerjaan, maka dengan senang hati pemimpin akan memberikan masukan, motivasi dan dorongan semangat.  Saat ada tim marketing mengeluhkan penjualan menurun, banyak masalah di lapangan, maka mereka hadir memberikan dorongan, sabar dan semangat.

Penutup

Sifat kepemimpinan tak terjadi begitu saja tapi perlu dibentuk sejak dini. Ada 10 sifat kepemimpinan yang terbukti mampu mencetak karakter pemimpin yang berkualitas dan mampu mengantarkan perusahaan pada kemajuan dan peningkatan omset signifikan. Anda bisa mempelajari sifat-sifat ini dan menerapkannya pada sistem perusahaan Anda.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *