Siapa yang tidak ingin websitenya muncul di halaman pertama hasil pencarian Google? Tentunya semua pemilik website mengharapkan hal ini, karena sumber pengunjung web terbesar berasal dari mesin pencari. Banyak faktor yang menentukan posisi web dalam hasil pencarian Google, ada sekitar 200 faktor, tidak perlu mempelajari semuanya karena akan membuat kepala pusing.

Pengoptimalan situs web adalah kuncinya, semakin baik pengoptimalan situs web, semakin besar peluang untuk muncul pada halaman pertama Google. Untuk mendapatkan posisi pada halaman pertama hasil pencarian Google, tidak cukup hanya dengan melakukan SEO saja, ada beberapa bagian web yang perlu Anda optimalkan dan Anda sesuaikan dengan kebutuhan mesin pencari.

Berikut ini, kami akan membagikan cara optimasi website gratis untuk meningkatkan posisi situs web Anda pada hasil pencarian mesin pencari.

Cara Optimasi Website Gratis

Yang diketahui banyak orang selama ini adalah optimasi website hanya bisa dilakukan dengan biaya yang mahal. Namun, hal ini tidak selalu terjadi. Anda masih dapat menjalankan pengoptimalan situs web gratis. Ya, gratis. Untuk melakukan optimasi website secara gratis, ada banyak cara dan sumber yang bisa Anda lakukan dan dapatkan.

Salah satu kunci optimasi website adalah SEO, atau optimasi mesin pencari. Ada banyak teknik SEO yang bisa Anda gunakan. Namun, ada beberapa teknik SEO yang umum digunakan untuk membuat peringkat situs web baik. Berikut cara optimasi website dan SEO Anda secara bersamaan:

Membuat situs web yang ramah seluler

Google memiliki Google Mobile First Index yang mengharuskan pemilik website untuk mengoptimalkan websitenya dengan mengutamakan kenyamanan pengguna mobile. Kebijakan indeks seluler pertama diadopsi oleh Google karena jumlah pengguna perangkat seluler lebih tinggi daripada pengguna desktop.

Ada banyak cara untuk mengoptimalkan situs web untuk perangkat seluler. Misalnya seperti menggunakan tema responsive dan mobile friendly. Jika Anda ingin tahu apakah situs web Anda dioptimalkan untuk perangkat seluler, Anda dapat menggunakan alat Uji Ramah Seluler Google.

Menggunakan plugin WordPress juga dapat membantu membuat situs web Anda ramah seluler. Beberapa plugin yang bisa Anda gunakan antara lain: Jetpack, AMP for WP, plugin cache, dan lain sebagainya.

Optimalkan kecepatan situs web

Kecepatan website merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam optimasi website. Dan ada banyak cara Anda dapat meningkatkan kecepatan situs web. Hal ini tidak dapat dipisahkan karena kecepatan halaman website memiliki pengaruh terhadap trafik dan konversi.

Situs web yang lambat menawarkan pengalaman pengguna yang buruk kepada pengunjung. Inilah sebabnya mengapa Google sangat menganggap kecepatan halaman sebagai salah satu faktor peringkat halaman. Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan kecepatan situs web. Yaitu dengan memilih hosting yang tepat. Pilih penyedia hosting terbaik yang bisa membuat website Anda lebih cepat.

Lakukan riset keyword

Cara terbaik untuk memulai optimasi situs web adalah dengan melakukan riset kata kunci. Riset keyword adalah proses menemukan kata dan frasa yang relevan dengan niche situs web Anda dan yang dicari di Google.

Caranya adalah dengan menemukan kata kunci yang banyak orang cari dan memiliki sedikit pesaing. Anda dapat menggunakan alat gratis yang tersedia secara luas di Internet. Seperti Ahrefs, Ubersuggest, dan Google Analytics.

Untuk sekedar menemukan kata kunci yang banyak orang cari, fitur gratis dari ketiga tools tersebut sudah cukup.

Navigasi situs yang mudah

Untuk memanjakan pengunjung, website Anda harus memiliki navigasi yang mudah. Navigasi yang rumit dapat mempersulit pengunjung dan memberikan pengalaman pengguna yang buruk. Tidak perlu membuat website yang rumit dengan memperbanyak halaman yang tidak dibutuhkan. Situs web Anda akan lebih lambat untuk diakses karena banyak halaman yang harus dimuat.

Membuat landing page

Setiap situs web setidaknya membutuhkan landing page untuk menargetkan pengunjung. Ya, landing page adalah cara yang tepat untuk mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan selanjutnya yang kita inginkan.

Beberapa tindakan umum yang diharapkan pemilik situs web, seperti mendaftar ke buletin, membeli, atau memesan.

Periksa kecepatan situs web

Google memiliki alat gratis yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa kecepatan situs web. Alat gratisnya adalah PageSpeed ​​​​Insight. Cara menggunakan alat gratis ini juga sangat sederhana. Cukup masukkan URL situs web pada kotak analisis. Kemudian akan muncul angka yang menunjukkan seberapa cepat website Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat merencanakan perbaikan apa yang dapat Anda lakukan. Secara umum, semakin cepat situs web, semakin baik.

Karena Google menggunakan waktu buka sebagai salah satu faktor penentu apakah situs web Anda mudah digunakan atau tidak.

Baca Juga : Apa Itu Moodle? dan Bagaimana Cara Menggunakan Moodle

Melakukan link building

Link building untuk optimasi website masih banyak digunakan oleh para pemilik website, Link menjadi salah satu faktor ranking website. Sejak saat itu hingga hari ini. Oleh karena itu, link building tetap dibutuhkan dalam optimasi website.

Backlink memainkan peran penting dalam menciptakan otoritas halaman. Namun, ini juga bisa menjadi pedang bermata dua.

Bagaimana bisa? Link building dapat memberikan manfaat, sekaligus hal buruk yang terjadi pada saat yang bersamaan. Oleh karena itu, sangat penting untuk berhati-hati saat memulai pembuatan tautan.

Buat konten berkualitas

Sebagai pemilik website, Anda tentu bisa mendandani website seindah mungkin. Hanya saja yang harus dilupakan adalah isi dari situs itu sendiri. Jika Anda ingin website Anda ramai pengunjung dan disukai banyak orang, buatlah konten website yang berkualitas.

Konten yang berkualitas dan relevan dengan niche website pasti lebih disukai. Tidak hanya konten yang menarik, perhatikan juga plugin yang Anda gunakan. Ada banyak plugin yang bisa Anda gunakan. Beberapa plugin yang bisa Anda gunakan antara lain: All In One SEO Pack, Yoast SEO, Contact Form 7, dan lain sebagainya.

Alasan Mengapa SEO Website Penting

SEO website penting untuk Anda pahami dan mungkin terdengar asing, tetapi apa yang sebenarnya Anda ketahui tentang SEO?  Search Engine Optimization  atau sering disebut SEO adalah optimasi mesin pencari untuk meningkatkan lalu lintas situs web baik dari segi kualitas maupun kuantitas dengan mencari secara organik / alami.

Lantas mengapa SEO diiklankan sebagai salah satu hal penting untuk sebuah website? Nah, inilah alasan mengapa SEO website penting yang harus Anda ketahui:

Meningkatkan pengalaman pengguna

Dalam upaya meningkatkan lalu lintas, pengalaman pengguna atau user experience adalah elemen penting. User experience (UX) sendiri merupakan pengalaman yang diberikan oleh sebuah website atau software kepada penggunanya agar tercipta interaksi yang menarik dan menyenangkan.

Dengan adanya UX ini maka engagement rate pada website akan meningkat, tentunya dengan adanya optimasi SEO website tersebut. Karena dengan SEO website Anda bisa mendapatkan pengunjung organik dan akan meningkatkan traffic dari segi kualitas. Akibatnya, situs web Anda menjadi populer dan produk atau layanan yang Anda tawarkan di situs tersebut meningkatkan penjualan. Jadi bisa meningkatkan pengalaman pengguna atau UX adalah salah satu alasan mengapa SEO penting untuk situs web.

Efektif meningkatkan traffic

Menurut majalah bisnis dunia Forbes, SEO masih dianggap efektif untuk meningkatkan traffic bahkan hingga saat ini. Inilah sebabnya mengapa SEO sangat penting untuk website. Dengan teknik yang tepat dan penyesuaian user experience atau UX, sudah bisa dipastikan SEO website akan menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan traffic pada sebuah website.

Sebagai strategi situs web yang sudah berjalan lama

Jika situs web yang Anda miliki bermanfaat bagi bisnis Anda atau membantu meningkatkan penjualan, memelihara situs web adalah pilihan yang tepat. Cara atau strategi yang tepat untuk membuat website bertahan lama adalah dengan strategi SEO website atau optimasi SEO. Sifat mesin pencari yang selalu dinamis dan tidak pernah berhenti berubah adalah mengapa hal itu bisa terjadi.

Seperti daftar yang muncul ketika Anda mengetik kata kunci tertentu melalui mesin pencari Bing atau Google, hasilnya akan berubah setiap saat. Dengan cara ini situs web Anda akan selalu memiliki kesempatan untuk muncul di hasil pencarian pertama.

Strategi SEO yang lebih murah

Saat membangun bisnis, Anda tentu memikirkan strategi seperti apa yang harus Anda terapkan. Jika Anda mencari strategi yang efektif tetapi tidak memakan banyak biaya, maka strategi SEO situs web layak untuk Anda pertimbangkan. Karena SEO website tidak membutuhkan dana yang besar untuk bisa mendapatkan pelanggan baru atau keuntungan bagi bisnis Anda.

Selain itu, strategi SEO situs web juga berdasarkan pada beberapa situs web khusus atau perangkat lunak SEO situs web yang dapat Anda gunakan secara gratis. Jika kita bandingkan dengan strategi pemasaran konvensional, jelas akan sangat berbeda dari segi dana yang perlu kita keluarkan.

Karena dalam strategi pemasaran konvensional Anda harus mengeluarkan uang untuk iklan, membayar penjualan dari pintu ke pintu, dan sebagainya.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *