Cara mempercepat performa PC –  Jika kinerja PC Anda melambat dan tidak berfungsi seperti biasa, mengubah pengaturan Windows 10 Anda dapat membantu Anda meningkatkan kecepatan dan efisiensi PC Anda.

Windows 10 adalah salah satu sistem operasi dengan kinerja terbaik saat ini, tetapi juga menyertakan banyak fitur yang menghabiskan banyak sumber daya sistem yang dapat memperlambat kinerja PC Anda. Microsoft juga telah menambahkan fungsionalitas bawaan ke versi terbaru Windows 10 untuk meningkatkan efisiensinya secara keseluruhan.

Meski begitu, kinerja PC Anda masih bisa lambat. Kurangnya penyimpanan, pemeliharaan, dan perangkat keras yang kurang andal dapat menyebabkan kinerja menjadi lambat.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat Windows 10 dan mengembalikan PC Anda ke kinerja yang optimal, mulai dari membersihkan program dan aplikasi yang tidak Anda gunakan hingga memperbarui perangkat keras.

Nah pada artikel ini kita akan memberikan cara dan tips untuk mempercepat performa PC windows 10 Anda.

Cara Mempercepat Performa PC

Di era serba digital ini, komputer merupakan “peralatan tempur” yang sering kita gunakan untuk bekerja. Ia dapat melakukan hampir semua hal mulai dari hal-hal yang ringan hingga hal-hal yang berat. Seiring berjalannya waktu, perangkat yang kita miliki akan mengalami penurunan performa.

Hal ini dapat disebabkan oleh bertambahnya usia periferal komputer, penumpukan debu di perangkat, atau banyaknya sampah digital atau file sampah di hard drive. Menurunnya performa perangkat tentu membuat tidak nyaman dan menurunkan produktivitas dalam bekerja. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara untuk mempercepat performa PC untuk windows 10 Anda.

Melakukan pembaruan Windows 10

Microsoft terus-menerus merilis pembaruan untuk Windows 10 untuk memperbaiki celah yang dapat memperlambat kinerja sistem. Pembaruan dapat Anda lakukan dengan memilih menu “Pembaruan Sistem” dan kemudian mengklik “Pembaruan” jika pembaruan terbaru tersedia.

Dalam melakukan ini, perlu Anda perhatikan bahwa data penting harus Anda simpan agar tidak hilang selama proses pembaruan. Jika menu pembaruan sistem tidak memiliki versi terbaru yang tersedia, pemeliharaan sistem mungkin menjadi pilihan lain.

Pada prinsipnya, pemeliharaan sistem bisa Anda lakukan untuk menjaga kinerja Windows agar tidak terjadi masalah dan kerusakan. Masuk ke menu System Maintenance untuk melakukan proses ini.

Mulai ulang PC Anda

Metode ini mungkin tampak sepele, tetapi me-restart PC Anda secara teratur dapat membantu meningkatkan kecepatan sistem Anda. Banyak orang membiarkan PC mereka berjalan selama berminggu-minggu dalam sekali jalan, menempatkannya dalam mode tidur alih-alih mematikannya.

Ini menciptakan program dan beban kerja pada memori PC Anda yang memperlambat aktivitas sehari-hari seperti memulai program dan mengakses file. Dengan mematikan PC Anda setiap hari, Anda mengizinkan PC Anda untuk membersihkan memori dan mempersiapkannya untuk kinerja yang optimal di masa mendatang.

Jika PC Anda melambat selama aktivitas sehari-hari yang sederhana seperti membuka program atau mengakses file atau dokumen, coba matikan atau mulai ulang PC Anda. Pastikan untuk menyimpan semua pekerjaan Anda sebelum mematikan atau memulai ulang komputer Anda.

Nonaktifkan memulai program saat startup

Kinerja PC dapat dipengaruhi dengan membuka beberapa program dan aplikasi secara bersamaan. Banyak penginstal akan menginstruksikan Windows untuk menjalankan program segera setelah PC dinyalakan, menyebabkan kinerja sistem menjadi lambat.

Untuk menonaktifkan program awal saat startup, buka Task Manager, lalu klik tab “Startup”. Perhatikan “startup impact”, yang menunjukkan tinggi rendahnya dampak program pada startup. Program high impact adalah penyebab lambatnya kinerja sistem Anda.

Untuk mencegah program dimulai saat startup, klik kanan program yang ingin Anda pilih, lalu klik “Nonaktifkan”.

Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah program Windows 10 bawaan yang bisa Anda gunakan untuk menghapus akumulasi file sementara, thumbnail, file program yang Anda unduh, dan halaman web offline. Cara menggunakannya: Ketik “Disk Cleanup” pada menu pencarian Windows, lalu pilih file yang akan Anda hapus dengan mencentangnya, lalu klik opsi “Clean system files” untuk menghapusnya.

Jumlah file yang terhapus akan menumpuk dalam ruang penyimpanan baru yang dapat meningkatkan kinerja sistem operasi karena memiliki lebih banyak ruang penyimpanan.

Hapus perangkat lunak lama

PC Anda sering kali dilengkapi dengan perangkat lunak pihak ketiga yang Anda instal namun sebenarnya tidak Anda perlukan. Perangkat lunak ini dikenal sebagai bloatware dan dapat memakan ruang penyimpanan karena ukurannya yang besar dan sering tidak Anda gunakan sama sekali.

Ada juga program lain yang Anda instal tetapi tidak pernah Anda gunakan yang menyebabkan PC melambat. Untuk memeriksa aplikasi yang Anda instal, Anda bisa membuka:

  • Kontrol panel> Program dan Fitur> Copot pemasangan program
  • Klik kanan pada program yang tidak lagi Anda perlukan, lalu pilih “Copot”

Kontrol penggunaan efek visual

Windows 10 menawarkan banyak efek visual yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik tampilan laptop atau PC, mulai dari animasi hingga efek bayangan. Efek visual memberikan tampilan yang lebih menarik, tetapi efek visual yang terlalu sering digunakan akan membutuhkan sumber daya sistem tambahan dan memperlambat kinerja PC.

Matikan efek transparansi

Selain menguras sumber daya sistem untuk fitur tampilan seperti animasi, Windows 10 juga menggunakan efek transparansi untuk beberapa fitur seperti menu tugas. Efek yang tampak ringan dan sederhana ini sebenarnya cukup kompleks dan membutuhkan banyak sumber daya sistem.

Untuk menonaktifkan efek transparansi, buka menu Windows, lalu ketik “pengaturan warna” pada kotak pencarian untuk melihat pengaturan warna pada Windows 10. Kemudian gulir ke bawah hingga Anda menemukan tombol “Efek transparansi”. Klik tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan efek transparansi pada PC Anda.

Menggunakan sinkronisasi OneDrive

Sinkronisasi OneDrive adalah cara untuk menyimpan file secara default. Lainnya menggunakan Google Drive. Keduanya populer dengan istilah layanan cloud. Jika Anda menggunakan layanan cloud, Anda dapat menyinkronkan file dalam dua lokasi berbeda. Sinkronisasi melalui cloud memungkinkan Anda mengakses file dari perangkat apa pun selama terhubung ke internet.

Selain itu, menggunakan keduanya juga memungkinkan untuk secara otomatis mencadangkan file apa pun yang Anda miliki. Namun, proses ini, jika Anda lakukan pada saat yang sama, akan memperlambat kinerjanya. Untuk menghindarinya, Anda dapat melakukan sinkronisasi secara berkala agar kinerja sistem tetap baik.

Nonaktifkan startup otomatis saat startup

Ada beberapa program pada PC yang berjalan otomatis saat PC Anda hidupkan. Program yang berjalan secara otomatis dapat memperlambat proses kinerja sistem operasi. Nonaktifkan program ini dengan menonaktifkan menu ‘autostart’ pada pengaturan program.

Lakukan perawatan sistem

Windows 10 memiliki fitur bawaan berfungsi untuk memelihara sistem rutin. Fitur ini mencakup tugas-tugas seperti mendefrag hard drive, memeriksa pembaruan, dan memeriksa malware dan virus.

Pemeliharaan sistem biasanya berjalan dalam latar belakang saat PC Anda dalam keadaan idle, tetapi Anda dapat memilih untuk menjalankannya secara manual jika ada masalah dengan sistem yang ingin Anda periksa.

Untuk melakukan perawatan, Anda harus membuka Control Panel dan pilih “Security and Maintenance”. Lalu klik tanda panah untuk membuka opsi perawatan, lalu pilih “Mulai Perawatan”. Anda kemudian akan dapat melakukan pemeriksaan pemeliharaan sistem manual.

Periksa dan hapus Virus-Malware

Virus, malware, atau perangkat lunak berbahaya dapat memperlambat PC Anda. Gejala paling umum yang dapat muncul ketika PC terinfeksi virus adalah munculnya pesan pop-up pada layar, program autostart atau hard drive yang berbunyi. Namun, anti-malware dan antivirus saja tidak cukup.

Program ini juga perlu terus Anda perbarui untuk mendapatkan versi terbaru agar dapat memberikan efek yang lebih baik untuk PC. Antivirus atau antimalware akan bekerja dengan memindai PC Anda dari virus atau perangkat lunak berbahaya menggunakan Keamanan Windows (sebelumnya Windows Defender Security Center), yang disertakan dalam utilitas Windows 10.

Peningkatan RAM

Langkah drastis dalam meningkatkan kecepatan dan kinerja PC Anda adalah dengan meningkatkan RAM, yang akan meningkatkan jumlah memori pada sistem Anda. Windows 10 perlu minimal 4GB untuk berjalan dengan lancar.

Jika Anda menggunakan PC untuk beban kerja sistem yang berat seperti bermain game dan produksi multimedia, Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat jika memiliki lebih banyak memori. Meningkatkan RAM Anda akan sangat membantu dalam meningkatkan kecepatan kinerja PC.

Untuk memeriksa jenis RAM yang Anda butuhkan pada PC Anda, buka Task manager (Ctrl + Alt + Del), lalu klik “Performance”. Anda akan melihat berapa banyak slot memori yang tersedia pada PC dan jenis RAM seperti DDR4. Pelajari lebih lanjut tentang peningkatan RAM.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *