Plugin WordPress ni bisa dikatakan shortcut atau yang disebut jalan pintas. Bahkan bagi mereka yang tidak terbiasa dengan pemrograman, dapat bekerja di situs web dan dengan mudah menginstal berbagai fitur di dalamnya. Rekomendasi plugin terbaik untuk wordpress pun banyak yang bisa user manfaatkan.

Sayangnya, dengan begitu banyak pilihan, Anda mungkin kesulitan menemukan plugin WordPress yang harus yang cocok dengan website Anda. Berkat berbagai rekomendasi plugin terbaik untuk wordpress yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan, kami akan berikan beberapa rekomendasi terbaiknya dibawah ini.

Rekomendasi Plugin Terbaik Untuk WordPress

Plugin Yoast SEO

Seperti yang sudah Anda ketahui, SEO adalah teknik untuk meningkatkan visibilitas situs web di halaman hasil mesin pencari (SERP). Nah, salah satu cara untuk meningkatkan peringkat web Anda di Google dan menjangkau lebih banyak pembaca atau calon pelanggan adalah dengan menggunakan plugin SEO, seperti Yoast SEO.

Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO WordPress terbaik, yang mencakup banyak fitur untuk pengoptimalan konten dan kata kunci. Rekomendasi plugin terbaik Yoast pun memiliki fitur SEO lengkap untuk versi gratisnya juga.

Ini memiliki indikator seperti lampu lalu lintas (merah, oranye, hijau) yang digunakan untuk menandai apakah posting web Anda ramah SEO atau tidak. Plugin WordPress ini memiliki kemampuan untuk mereset judul dan deskripsi meta postingan yang selanjutnya akan ditampilkan oleh mesin pencari. Dalam hal SEO, Yoast sangat bagus dan ebrikut fitur yang ada pada yoast SEO:

  • Kemampuan untuk menyesuaikan judul, URL, slug, dan deskripsi meta untuk setiap konten situs web.
  • Berikan tip atau saran standar SEO.
  • Analisis penggunaan kata kunci dalam konten.
  • Memberikan kemampuan untuk membaca dan menerapkan tautan internal di situs web atau konten.

Plugin Contact Form 7

Contact Form 7 adalah salah satu plugin WordPress terbaik yang juga gratis, dengan fitur untuk menambahkan form kontak ke website WordPress Anda. Dengan Plugin Contact Form 7 , pemilik situs web dapat mengizinkan pengunjung mengirimi mereka pesan tanpa risiko memaparkan alamat email mereka ke spammer.

Plugin gratis ini kompatibel dengan semua tema WordPress dengan pengkodean yang tepat, yang berarti modul plugin ini akan terintegrasi sempurna dengan tema apa pun. Fitur tentu menjadi salah satu hal yang diperhatikan seseorang ketika memilih plugin untuk websitenya, berikut ini adalah beberapa fitur unggulan dari Contact Form 7.

  • Bisa membuat dan mengelola beberapa formulir kontak
  • Jenis formulir yang mudah disesuaikan
  • Menggunakan markup sederhana untuk mengedit konten email
  • Ini mendukung sistem penyaringan spam Akismet, mempunyai sistem submit Ajax dan CAPTCHA
  • Ada banyak ekstensi pihak ketiga yang dapat meningkatkan fungsionalitas plugin
  • Plugin bisa didapatkan secara gratis

Baca Juga : 2 Cara Memasang Plugin WordPress Mudah untuk Situs Anda

Plugin WP Rocket

WP Rocket adalah plugin caching WordPress dengan layanan premium atau berbayar yang dapat mempercepat loading website dengan metode caching. Sebelumnya, cache merupakan tempat penyimpanan sementara untuk data website.

Nah, WP Rocket sendiri memang sudah cukup populer sejak lama, terbukti dari jumlah penggunanya yang sudah mencapai lebih dari 1 juta akun. Plugin WP Rocket memiliki dasbor yang mudah digunakan baik untuk pemula maupun profesional. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkan setiap fungsinya dan fiturnya sebagai berikut:

  • Dashboard yang User-Friendly
  • Mempunyai Fitur Lazy Load Media
  • Support CloudFlare
  • Bisa Menghapus Database
  • Dapat Mengkompresi GZIP

Plugin Jetpack

Jetpack adalah plugin lengkap untuk WordPress. Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur dengan mengaktifkan modul. Mulai dari peningkatan keamanan website, optimalisasi kinerja, hingga penyesuaian tampilan konten. Jika website atau blog Anda berbasis CMS wordpress, kami sangat menyarankan Anda untuk mengaktifkan plugin jetpack. S

Semua fitur yang tersedia terutama mewakili fungsi penting dari sebuah situs web. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah jetpack adalah bagian dari wordpress, sehingga plugin ini sangat teruji baik fungsionalitas maupun kompatibilitasnya. Berikut fitur yang bisa Anda manfaatkan dari Plugin Jetpack :

  • Fitur Writting yang ada pada plugin Jetpack dalam kategori ini diperlukan untuk menulis posting dan menyusun konten situs web secara umum.
  • Semua fitur dan fungsi situs web yang ditujukan untuk berbagi konten media sosial, posting, dan artikel yang terintegrasi dengan situs web Anda.
  • Pengaturan yang mencakup tanggapan umum dari pengunjung dan pembaca blog/website, seperti pengaturan komentar.
  • Fitur Traffic yaitu berisi segala sesuatu yang berkaitan dengan mengoptimalkan lalu lintas situs web / blog Anda seperti statistik situs, posting terkait mempengaruhi pengunjung untuk membaca konten lain hingga integrasi dengan akun webmaster mesin pencari.
  • Semua fitur keamanan dasar untuk situs web, salah satu contohnya adalah perlindungan dari serangan brute force.

Plugin LiteSpeed ​​Cache

Plugin LiteSpeed ​​​​Cache adalah plug-in akselerasi situs all-in-one, dengan caching tingkat server yang unik dan sejumlah fitur pengoptimalan. Jenis plugin ini mendukung WordPress Multisite dan kompatibel dengan plugin populer seperti WooCommerce, Yoast SEO, dan bbPress.

Google telah mengumumkan bahwa kecepatan situs web merupakan faktor yang mempengaruhi peringkat halaman. Ada banyak faktor yang mempengaruhi SEO (Search Engine Optimization), salah satunya adalah kecepatan website. Halaman yang memuat lebih cepat akan mendapatkan posisi peringkat yang lebih tinggi daripada yang lebih lambat.

Hal ini tentunya bisa menjadi hal yang cukup penting dan dibutuhkan untuk sebuah website dan plugin LiteSpeed ​​​​Cache untuk WordPress adalah salah satu cara untuk mempercepat website. Beberapa fitur yang ada di plugin LiteSpeed ​​Cache yaitu:

  • Plugin LiteSpeed ​​Cache juga menyediakan fungsi untuk memperkecil ukuran gambar pada website sehingga halaman website dapat tampil lebih cepat.
  • Dengan fitur Lazy Load Image, gambar di website Anda akan tampil lebih cepat.
  • Plugin LiteSpeed ​​​​WordPress Cache juga memungkinkan situs web untuk menampilkan konten statis di perangkat pengguna.
  • LiteSpeed ​​WordPress Cache terintegrasi langsung dengan LiteSpeed ​​Web Server, sehingga lebih cepat untuk melihat halaman website yang sudah tersimpan di web server.
  • Plugin ini juga berfungsi untuk memeriksa setiap halaman di situs web yang kehabisan cache dan memperbaruinya.

Plugin Akismet Spam Protection

Salah satu solusi terbaik untuk mencegah spam di WordPress adalah dengan menggunakan plugin Akismet Spam Protection. Plugin Akismet dapat memfilter komentar spam secara otomatis dan mengirimkannya ke antrian spam sehingga Anda tidak perlu memeriksa dan menghapus komentar spam secara manual dari postingan atau halaman blog WordPress Anda.

Meningkatnya jumlah fenomena spam yang merugikan pemilik website, Plugin Akismet Spam Protection dibuat agar dapat membantu pemilik situs web berbasis wordpress menyaring komentar spam. Berikut fitur yang sangat bermanfaat dari Plugin Akismet Spam Protection:

  • URL ditampilkan di halaman komentar untuk mengungkapkan link tersembunyi alias spam
  • Admin dapat melihat jumlah komentar yang disetujui untuk setiap pengguna.
  • Secara otomatis memeriksa semua komentar dan memfilter komentar yang terlihat seperti spam.
  • Setiap komentar memiliki riwayat status, sehingga Anda dapat dengan mudah melihat komentar mana yang ditangkap atau dihapus oleh Akismet dan pengguna yang dianggap spam atau tidak.
  • Fitur dump yang langsung memblokir spamming, menghemat ruang disk, dan mempercepat situs Admin.

Plugin Smash Balloon

Plugin Smash Balloon memungkinkan Anda untuk melihat feed Instagram dari beberapa akun secara bersamaan di situs web. Tidak hanya itu, Plugin Smash Balloon WordPress ini juga menampilkan foto akun, nama dan deskripsi di atas setiap feed.

Dengan salah satu plugin wajib untuk WordPress, pengguna dapat dengan mudah menambahkan feed jejaring sosial ke situs web mereka. Feed ini juga akan otomatis menyesuaikan dengan tema yang ada secara default sehingga tampil konsisten dengan branding website Anda. Plugin Smash Balloon menyertakan fitur unggulan lainnya, seperti:

  • Plugin Smash Balloon menyisipkan konten langsung ke halaman web Anda untuk memastikannya muncul di hasil pencarian Google.
  • Dapat menyimpan beberapa bagian dari feed media sosial untuk meminimalkan jumlah API dan mempercepat pemuatan konten.
  • semua tampilan feed akan terlihat sempurna di perangkat apa pun dengan jenis ukuran layar apa pun.
  • Menjaga feed Anda tetap ada, bahkan ketika platform media sosial sedang tidak aktif.

Dengan begitu banyak rekomendasi plugin terbaik wordpress yang tersedia, Anda mungkin kesulitan memilih plugin WordPress terbaik yang perlu Anda instal. Tentu saja, Anda tidak perlu menginstal semua plugin yang kami rekomendasikan diatas, cukup pilih sesuai dengan kebutuhan situs web.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *