Dalam sebuah organisasi butuh leader (pemimpin) yang tegas, berwibawa dan bisa jadi contoh teladan nyata bagi tim dan anggotanya. Ada 4 sifat kepemimpinan yang terbukti mampu mencetak pemimpin yang berkarakter, berwibawa dan memiliki kapasitas tinggi.

Seorang pemimpin tak lahir begitu saja. Tetapi mereka lahir dari tempaan ujian, cobaan dan tantangan. Saat seseorang mampu menerapkan prinsip kepemimpinan dengan tepat, maka mereka akan lahir sebagai pemimpin yang mampu mengayomi dan membawa organisasi atau perusahaan pada kemajuan.

Penasaran apa saja sifat sifat kepemimpinan? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Memiliki Integritas yang Tinggi

Seorang pemimpin perlu memiliki integritas yang tinggi.  Sebab seberapa besar kepemimpinan seseorang tergantung seberapa besar integritas yang dia miliki. Integritas merupakan value (nilai) yang harus dipegang oleh seorang pemimpin. Pemimpin yang memiliki integritas akan selalu taat pada norma, aturan dan AD/RT. organisasi.  Mereka tidak akan pernah menyimpang ke arah kanan atau ke arah kiri. Apalagi bertindak untuk kepentingan pribadi.  Sebaliknya, mereka selalu berpikir dan bertindak untuk kepentingan organisasi dan perusahaan.

Mereka sadar bahwa pemimpin hadir bukan untuk dilayani tetapi untuk melayani dan memenuhi kebutuhan hak-hak anggota organisasi.

Seorang pemimpin perlu memiliki integritas yang tinggi mengapa karena integritas merupakan karakter dasar yang membentuk seorang pemimpin hingga dia mampu berlaku jujur adil dan terpercaya sehingga akhirnya dia menjadi panutan dan berwibawa dimata anggota dan karyawannya.

Baca juga: Cost Leadership Adalah. Strategi Dan Contoh Penerapannya

Memiliki Pengetahuan yang Luas

Seorang pemimpin perlu memiliki pengetahuan yang luas melebihi karyawan dan anggotanya. Tanpa pengetahuan yang luas, maka mereka sulit memiliki inisiatif yang Out Of The Box.

Pemimpin yang memiliki pengetahuan yang luas akan mampu memberikan masukan, ide dan gagasan yang brilian. Sehingga ide dan gagasannya akan mudah diterima oleh tim dan anggotanya.  Boleh dibilang pernyataan yang luas termasuk salah satu kapasitas yang harus dimiliki seorang pemimpin.

Memiliki Keberanian Untuk Bertindak

Sifat kepemimpinan berikutnya adalah keberanian untuk bertindak. Mereka para pemimpin adalah orang-orang yang punya karakter berani untuk mengatakan ia sesuatu yang benar dan mengarahkan tidak bersatu yang tidak benar. Tanpa ragu mereka akan menyetujui ide dan gagasan yang positif yang sejalan dengan visi misi perusahaan.  Sebaliknya, mereka akan mengatakan tidak dengan tegas sesuatu yang melenceng dari visi misi perusahaan.

Mereka memiliki keberanian yang terasah dalam jangka waktu lama. Yang mereka miliki bukan sekedar berani buta tetapi berani karena benar dan melalui pertimbangan yang matang.

Selalu Punya Inisiatif Positif

Seorang pemimpin perlu memiliki karakter positif. Salah satunya adalah punya inisiatif positif. Ide, gagasan dan inisiatifnya akan mudah diterima oleh tim dan anggotanya.

Tak semua orang punya inisiatif, ide dan gagasan yang brilian. Tapi seorang pemimpin perlu terlatih untuk berinisiatif. Mampu menyampaikan ide dan gagasan yang luar biasa dengan cara yang sederhana. Seorang pemimpin yang punya inisiatif bukan berarti pemimpin yang muluk-muluk dan terlalu tinggi angan-angan. Tetapi mereka selalu membangun inisiatif di atas visi misi dan goal perusahaan jangka panjang.

Kualitas Skill Yang Harus Dikuasai Oleh Seorang Pemimpin

Seorang pemimpin perlu memiliki kualitas jauh di atas rata-rata. Sehingga saat adu argumen dengan tim dan karyawannya, mereka memiliki pandangan dan gagasan yang jauh lebih unggul.  Inilah beberapa kualitas yang perlu dikuasai oleh seorang pemimpin:

Kemampuan Komunikasi

Seorang leader atau pemimpin perlu memiliki skill komunikasi yang baik.  Kemampuan komunikasi akan membantu mereka mempermudah komunikasi dengan tim dan karyawannya. Baik komunikasi tertulis atau verbal. Seorang pemimpin memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka ide dan gagasan yang mereka sampaikan akan mudah sampai pada audiensi dengan baik. Sehingga gagasannya akan mudah mereka terima.

Memiliki Tanggung Jawab

Seorang pemimpin perlu memiliki tanggung jawab yang tinggi. Baik tanggung jawab kepada atasan, lebih-lebih tanggung jawab untuk mencapai tugasnya. Sehingga mereka tahu apa yang harus mereka lakukan. Tanggung jawab adalah kemampuan yang perlu mereka latih setiap hari. Tak bisa orang punya tanggung jawab bila tak terlatih secara terus menerus. Bahkan, tanggung jawab yang mereka milikilah yang menjadi salah satu kapasitas sehingga mereka dipercaya menjadi pemimpin.

Memiliki Kemampuan Para Problem  Solving

Banyak orang yang tak menyadari, sejatinya hidup adalah masalah. Selama kita hidup, kita tak akan pernah lepas dari masalah. Masalah datang dan menghampiri kita dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas kita. Semakin tinggi dan kedudukan seseorang, maka akan semakin besar masalah dan tantangan yang akan mereka hadapi. Layaknya sebuah pohon, semakin besar dan tinggi pohon, maka akan semakin kuat angin yang menerpanya.

Seorang pemimpin mampu menyelesaikan masalah dengan cara terbaik. Mereka mampu melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda. Sehingga masalah bisa teratasi dengan baik.  Masalah adalah tantangan yang harus segera mendapat jalan keluar.  Masalah-masalah yang timbul akan meningkatkan kualitas dan kapasitas organisasi dan semua tim yang ada di dalamnya.

Mampu Mengambil Keputusan Dengan Cepat

Seorang pemimpin perlu mampu mengambil keputusan dengan cepat. Mereka mampu mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan yang matang. Pertimbangan yang matang bukan berarti mengambil keputusan penuh keraguan. Tetapi mereka punya skill (keterampilan) menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat.

Memiliki Inovasi

Seorang leader (pemimpin) perlu memiliki inovasi setiap hari.  Seorang leader yang punya inovasi tak hanya punya gagasan dan ide yang cemerlang tetapi mereka juga mendorong tim dan anggotanya untuk berkembang dan maju.

Seorang pemimpin yang inovatif meyakini bahwa inovasi terbaik muncul dari tim dan bawahannya. Mereka berani mengutarakan ide dan gagasannya karena motivasi dan dorongan dari leadernya.

Strategi Menjalankan Kepemimpinan yang Sukses

Seorang pimpinan yang ingin sukses dalam kepemimpinannya, mereka perlu menerapkan strategi yang tepat. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda jalankan untuk membangun kepemimpinan yang sukses:

Sikap Rendah Hati

Rendah hati adalah sikap positif yang perlu terbangun dalam diri seorang pemimpin. Seseorang yang punya sikap rendah hati memiliki cara pandang positif terhadap orang lain. Mereka tak pernah merendahkan orang lain sebaliknya mereka selalu menghargai ide dan pendapat orang lain.

Antusiasme

Dalam menjalankan roda kepemimpinan, seorang leader perlu memiliki antusiasme yang kuat.  ntusiasme adalah energi yang akan menggerakkan tim dan anggotanya menuju impian dan cita-cita bersama. Sikap antusiasme yang ada dalam diri seorang leader (pemimpin) akan menular pada tim dan anggotanya.

Berterima Kasih

Seorang leader (pemimpin) perlu mengucapkan terima kasih kepada orang lain terutama tim dan bawahannya. Banyak orang berharap agar orang lain respect dan loyal padanya tetapi mereka tak pernah mau mengucapkan terima kasih pada bawahannya. Ucapan terima kasih adalah bukti nyata yang mampu mendorong orang lain untuk respect dan loyal pada kita. Padahal, mengucapkan terima kasih itu gratis tetapi bagi sebagian orang berat sekali mengucapkannya.

Baca juga: Kemampuan Leadership. Pengertian, Contoh Dan Cara Meningkatkannya

Penutup

Dalam dunia nyata, 4 sifat kepemimpinan ini telah berhasil mengubah karakter seseorang yang biasa saja jadi leader (pemimpin) yang luar biasa dan membawa banyak perubahan dalam organisasi.

Sikap kepemimpinan ini perlu terus Anda asah terus setiap hari agar kualitasnya semakin meningkat.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *