Kemampuan leadership merupakan skill dasar yang harus dimiliki oleh seorang leader (pemimpin). Tanpa skill dasar ini, maka mereka tak akan mampu menahkodai organisasi atau perusahaan, apalagi meraih impian dan cita-cita jangka panjang.

Kemampuan ini adalah kemampuan di atas rata-rata yang perlu mereka kuasai. Bila mereka menguasai skill ini, maka mereka akan mampu memutuskan dengan cepat dan tepat. Mereka juga mampu menjadi teladan nyata bagi tim dan anggotanya.

Adakalanya kemampuan ini bersifat bawaan mereka sejak kecil. Misalnya saja, mereka karakternya terbentuk dalam keluarga yang keras, disiplin menetapkan prinsip leadership ini. Bisa juga mereka menguasainya secara sadar. Mereka sadar bahwa mereka ingin jadi pemimpin, maka mereka mempelajari apa saja karakter yang melekat pada seorang pemimpin.

Karakter ini mereka pelajari, mereka dalami dan mereka jadikan sebagai bagian dari dirinya sendiri. Sehingga dalam waktu tertentu mereka berhasil menginternalisasi karakter ini dalam dirinya. Maka, mereka layak jadi seorang pemimpin organisasi atau perusahaan.

Mau tahu bagaimana membangun kemampuan leadership? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa Itu Kemampuan Leadership

Pengertian leadership adalah kemampuan seseorang untuk memimpin organisasi atau perusahaan.

Ada beberapa pengertian leadership menurut para ahli. Berikut beberapa pengertian leadership menurut para ahli:

Harold Koontz (1989)

Menurut Harold Koontz, leadership merupakan pengaruh seni, proses yang mempengaruhi orang agar mereka mau dan bersedia untuk bersama-sama mencapai tujuan organisasi atau kelompok dengan kemampuan dan antusias yang mereka miliki.

Davis (1977)

Menurut Davis, leadership adalah sebuah kemampuan untuk mengajak orang lain agar mereka mau bersama-sama mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan semangat dan antusias.

Martinis Yamin Dan Maisah (2010)

Menurut Martinis Yamin Dan Maisah pengertian leadership adalah proses untuk mempengaruhi orang lain dalam rangka untuk mengelola anggota kelompoknya mencapai tujuan sebuah organisasi.

Adakalanya seseorang memiliki jiwa leadership ini sejak mereka lahir. Dalam keluarganya mereka ditempa untuk memiliki rasa tanggung jawab, peka terhadap orang lain dan mau membantu orang lain. Maka mereka terlatih untuk menjadi seorang leader tanpa mereka sadari.

Namun, ada juga seorang pemimpin yang lahir karena kesadaran, latihan setiap hari sehingga mereka memiliki karakter yang kuat dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Jadilah mereka pemimpin dalam sebuah organisasi atau kelompoknya.

Baca juga: Cost Leadership Adalah. Strategi Dan Contoh Penerapannya

Contoh Kemampuan Leadership

Secara umum ada beberapa contoh leadership  yang perlu Anda tahu.  Di antaranya adalah:

Memiliki Jiwa yang Visioner

Seseorang yang memiliki jiwa leadership, pasti seorang yang visioner. Sehingga mereka mampu menggerakkan tim dan bawahannya untuk mencapai tujuan dan impian itu. Mereka pasti seseorang yang visioner. Pandangannya jauh ke depan. Mereka mampu melihat sesuatu yang tak terlihat. Dalam pandangan mereka tujuan dan cita-cita adalah sesuatu yang nyata sebelum terjadi.

Memiliki Rasa Tanggung Jawab Yang Tinggi

Memiliki rasa tanggung jawab adalah karakter utama seorang leader. Mereka tak hanya menuntut orang lain untuk memiliki tanggung jawab. Namun, mereka juga memberikan contoh nyata bagaimana bertanggung jawab dalam setiap tugas dan kewajibannya. Sehingga mereka mampu menjadi contoh nyata untuk tim dan bawahannya.

Jujur Dan Adil

Sikap jujur dan adil merupakan dua sikap dasar yang harus dimiliki seorang pemimpin. 2 sikap ini sangat mudah untuk kita ucapkan tetapi sulit dalam praktiknya. Seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan, mereka akan menjadikan jujur dan adil sebagai sebuah value (nilai hidup) luhur yang tak bisa ditawar-tawar lagi. Mereka akan menjadikan jujur dan adil sebagai fondasi dasar untuk membangun organisasi dan bisnisnya

Mampu Menghargai Orang Lain

Mengerti dan memahami orang lain saat posisi kita menjadi bawahan tentu bukan sesuatu yang berat. Namun, saat Anda menjadi pemimpi,n maka menghargai orang lain adalah sesuatu yang berat  dan membutuhkan niat serta kemauan yang keras.

Berani Mengambil Keputusan

Tugas utama seorang leader (pemimpin) adalah mengambil keputusan.  Mereka harus memutuskan sesuatu yang tepat pada saat yang tepat.  Mereka harus mampu memutuskan tanpa ragu. Tentu mereka mampu memutuskan dengan cepat dan tepat karena mereka memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi.

Cara Meningkatkan Kemampuan Leadership

Pada prinsipnya setiap orang adalah pemimpin tetapi memiliki tingkat kepemimpinan yang berbeda-beda.  Untuk menjadi seorang pemimpin dengan level tinggi perlu jam terbang dan latihan terus-menerus tanpa henti.

Inilah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan memimpin Anda:

Menemukan Gaya Kepemimpinan Anda

Agar kemampuan leadership Anda meningkat, maka perlu tahu apa gaya kepemimpinan Anda. Ada banyak gaya kepemimpinan yang ada di dunia ini. Bila Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang besar dan berkualitas Anda perlu tahu apa gaya kepemimpinan Anda.  Anda bisa menemukan gaya kepemimpinan Anda dan mencocokkannya dengan gaya kepemimpinan yang sudah ada. Carilah model gaya kepemimpinan yang sesuai dengan karakteristik Anda.

Membangun Komunikasi Dengan Tim

Komunikasi adalah faktor penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Komunikasi yang baik tak bisa terjadi begitu saja. Tetapi komunikasi yang baik terbangun mulai dari kesadaran masing-masing anggota. Bila Anda ingin menjadi pemimpin yang baik, maka Anda perlu belajar membangun komunikasi yang intensif dengan tim dan bawahan Anda.  Libatkan mereka dalam setiap keputusan.  Sehingga mereka akan merasa mendapat penghargaan tempat-tempat dalam perusahaan.

Mereka akan semangat dan antusias untuk ikut serta membesarkan bisnis perusahaan. Komunikasi yang baik akan meningkatkan produktivitas menekan hambatan dan menghilangkan kesenjangan antar anggota.

Berinisiatif Untuk Mendengarkan

Banyak dari kita yang tak menyadari mengapa Tuhan menciptakan kita dengan dua telinga dan satu mulut.  Tentu, agar kita lebih banyak mendengar daripada menuntut. Tetapi kenyataannya, banyak orang yang lebih suka menuntut orang lain dan tak mau mendengar lebih dulu.

Melatih Diri Untuk Disiplin

Disiplin merupakan salah satu karakter seorang pemimpin.  Memiliki karakter disiplin tak bisa terjadi begitu saja. Tetapi disiplin harus dilatih terus-menerus setiap hari. Untuk menanamkan karakter disiplin, maka Anda harus membuang jauh-jauh alasan. Banyak orang tak mau mengerjakan sesuatu bukan karena tak mampu tetapi karena mereka banyak alasan. Sehingga alasan ini menjadi kambing hitam bagi mereka untuk tidak mengerjakan sesuatu bahkan tidak  menjadi orang yang sukses

Berusaha Memahami Orang Lain

Bagi banyak orang, berusaha memahami orang lain adalah sesuatu yang berat dan sulit. Tetapi saat Anda menjadi pemimpin, maka Anda harus mampu memahami orang lain. Mereka adalah tim dan karyawan Anda.  Sebagai seorang pemimpin bukan berarti Anda bersikap semua Anda sendiri.

Tetapi Anda harus bersikap bijaksana, adil dan memberi contoh nyata.  Tim dan karyawan tidak membutuhkan ceramah Anda tetapi mereka ingin melihat aksi nyata apa yang Anda lakukan. Bila mereka melihat Anda sebagai seorang pemimpin yang mampu memberikan keteladanan, maka mereka akan semangat dan antusias untuk bekerja keras membangun kesuksesan perusahaan.

Penutup

Seorang pemimpin perlu terus melakukan proses belajar dan latihan untuk meningkatkan kemampuan leadership yang ada dalam diri Anda. Bila Anda mempraktikkan tips dari penulis dalam artikel ini, maka Anda punya kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin yang andal dan berkarakter.

 

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *