Perusahaan membutuhkan kehadiran orang-orang yang punya bakat dan mau berkembang untuk memajukan perusahaan. Maka, self leadership solusinya. Self leadership adalah kemampuan diri untuk menguasai diri agar bisa maksimal dalam mengelola perusahaan.  Orang yagn punya kepemimpinan diri selalu bisa memberikan solusi yang terjadi dalam perusahaan.

Mau tahu apa saja pembentuk self leadership dalam diri seseorang? Yuk, simak penjelasanya dalam artikel ini.

Pengertian Self Leadership

Self leadership adalah kecakapan yang seseorang miliki dalam rangka untuk mempengaruhi perasaan, pikiran dan tindakan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Orang pertama yang menggunakan istilah self leadership adalah charles manz tahun 1983.

Orang-orang yang mempunyai jiwa kepemimpinan diri, mampu berbuat yang terbaik sehingga mereka selalu bisa menemukan solusi dari masalah yang mereka hadapi.

Baca juga: Leadership Artinya Apa? Pengertian, Manfaat Dan Karakteristiknya

Karakteristik Self Leadership

Ada beberapa karakter dasar yang melekat pada orang yang punya jiwa kepemimpinan diri. Inilah karakter yang ada pada mereka:

  1. Memiliki tujuan hidup dan karier yang jelas
  2. Antusias untuk belajar
  3. Memiliki rencana dan jadwal
  4. Fokus dan konsentrasi

Manfaat Self Leadership

Ada banyak manfaat self leadership yang perlu Anda tahu. Inilah beberapa manfaat self leadership:

Membangun Motivasi Diri

Banyak orang yang  gagal meraih kesuksesan karena mereka kehilangan motivasi diri untuk sukses.

Kesuksesan selalu berawal dari niat, kemauan keras dan persiapan yang matang. Kesuksesan hanya akan menghampiri mereka yang siap saja. Sementara mereka yang menunda dan kurang mempersiapkan diri, maka mereka akan tertinggal jauh dari orang lain yang mau mempersiapkan diri.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Orang yang punya self leadership, tentu memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Rasa percaya diri merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan. Percaya diri akan membuat Anda antusias dan semangat untuk mengejar impian dan cita-cita Anda.

Membuat Anda Lebih Produktif

Kepemimpinan diri yang kuat akan mengantarkan Anda lebih produktif. Sehingga waktu, tenaga dan sumber daya yang Anda miliki akan lebih efektif dan efisien. Produktivitas adalah seberapa besar manfaat dan pencapaian Anda dengan waktu yang sangat terbatas.

Menginspirasi Orang Lain

Energi itu menular. Baik energi positif atau energi negatif. Orang yang punya energi positif, maka energinya akan mempengaruhi orang lain untuk berkembang dan menirukan Anda. Sehingga mereka akan terinspirasi untuk berubah dan berbuat lebih baik.

Aspek Pembentuk Self Leadership

Secara umum ada 4 aspek pembentuk self leadership. Antara lain:

Self Awareness

Yaitu kemampuan diri seseorang untuk berkembang dan maju. Mereka mampu menemukan kekuatan diri dan kapasitas yang ada dalam dirinya. Kemampuan yang ada dalam diri ini perlu kita gali sedalam-dalamnya sehingga menjadi momentum untuk memaksimalkan kekuatan diri.

Self Management

Yaitu sebuah kemampuan diri untuk mengembangkan kemampuan, keinginan dan emosi diri menuju impian dan cita-cita jangka panjang.

Other Awareness

Yaitu kemampuan untuk menemukan bakat, minat kekuatan, potensi, kelemahan orang lain. Sehingga mereka mampu mengambil dan menempatkan orang yang tepat berdasarkan kemampuan yang mereka miliki.

Other Management

Yaitu kemampuan seseorang untuk memotivasi dan meningkatkan kapasitas orang lain. Sehingga kemampuan dan potensi mereka akan semakin berkembang.

Bila Anda menguasai 4 skill (keterampilan) ini, berarti Anda sudah mampu menguasai dan meningkatkan kemampuan diri dan orang lain dalam waktu yang bersamaan.

Cara Meningkatkan Self Leadership

Kemampuan diri berupa self leadership tak selalu muncul begitu saja. Ada banyak orang yang berhasil meraih kesuksesan karena mereka mau mengasah skill (keterampilan) mereka setiap hari.

Mereka menyadari bahwa kemampuan mereka tak akan pernah berkembang tanpa usaha keras dan kerja keras, maka mereka menyiapkan waktu terbaik untuk melatih diri agar berkembang. Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan self leadership Anda:

Memiliki Goal Dan Tujuan yang Jelas

Orang yang memiliki jiwa kepemimpinan diri yang kuat biasanya memiliki goal dan tujuan hidup yang jelas. Mereka merencanakan hidup mereka hingga tak ada yang sia-sia. Semua memiliki planning (perencanaan) yang terstruktur dan sistematis. Hidup mereka tak mengalir begitu saja tanpa arah dan tujuan yang jelas. Sebaliknya, mereka punya goal yang ingin mereka capai, baik goal jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Mereka tak hanya punya goal yang jelas. Mereka juga mampu memvisualisasikan apa yang benar-benar mereka inginkan hingga jadi kenyataan.

Memiliki Pola Pikir Yang Positif

Orang yang punya kepemimpinan diri biasanya punya pola pikir yang positif. Tak ada kata menyerah dalam jiwa mereka. Mereka menyadari bahwa mereka berhak untuk sukses. Maka perasaan minder, dan putus asa tak ada dalam diri mereka. Mereka adalah orang-orang yang siap dengan dinamika kehidupan ini. Pola pikir positif ini jadi energi bagi mereka untuk bergerak maju dalam kehidupan ini.

Siap Menerima Kegagalan

Orang yang punya jiwa kepemimpinan diri bukan berarti orang yang tak pernah gagal. Bagi mereka kegagalan adalah cambuk untuk memecut mereka agar berbenah meraih kesuksesan. Tak ada kata menyerah dalam kamus orang-orang ini. Sebaliknya, yang ada dalam jiwa mereka adalah semangat untuk meraih kesuksesan.

Banyak orang yang ingin meraih kesuksesan dalam hidup mereka. Namun, tak banyak yang menyadari bahwa mereka punya hak untuk menjadi orang yang sukses. Tentu, beda antara keinginan sukses dan kesadaran diri jadi orang sukses.

Orang yang menyadari bahwa dirinya sukses akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Mereka yakin dengan apa yang mereka lakukan. Bagi mereka kesuksesan hanya menunggu waktu saja. Keyakinan mereka dalam meraih kesuksesan layaknya orang yang sudah melihat kesuksesan di hadapannya.  Dalam diri mereka tak ada keraguan sama sekali.

Siap Menerima Tanggung Jawab

Menerima tanggung jawab adalah salah satu upaya untuk meningkatkan self leadership.

Orang yang sukses adalah orang yang siap menerima tanggung jawab.

Fokus Pada Solusi

Orang yang punya jiwa kepemimpinan diri fokus pada solusi dan jalan keluar. Mereka tak mudah terprovokasi. Mereka yakin bahwa setiap masalah pasti ada solusi dan jalan keluarnya. Maka mereka berusaha menemukan solusi terbaik dari setiap masalah yang mereka hadapi.

Masalah selalu mereka hadapi dengan percaya diri dan kepala dingin. Mereka yakin bila mereka fokus pada solusi, maka solusi yang akan datang tapi bila mereka fokus pada masalah, maka masalah akan semakin besar dan berkembang.

Baca juga: Teori Leadership. Pengertian, Manfaat Dan Jenisnya

Penutup

Self leadership adalah faktor penting seseorang bisa meraih kesuksesan. Memang kesuksesan adalah hak semua orang. Namun, hanya orang yang punya kepemimpinan diri yang kuat saja yang akan berhasil meraih kesuksesan sesuai dengan keinginan mereka.

Bila Anda ingin meraih kesuksesan dengan segera, maka perbaiki diri, bangun self leadership yang kuat dalam jiwa Anda. Maka kesuksesan akan mengejar Anda ke manapun Anda pergi.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *