Data merupakan kebutuhan yang sangat penting, terutama bagi perusahaan dan organisasi yang mengelola informasi dalam jumlah besar. Menggunakan server adalah solusi untuk mengelola dan memantau data dengan memori lebih dari komputer klien. Penyimpanan data pada umumnya digunakan untuk keperluan pengarsipan dokumen dan informasi. Server juga sering disebut dengan peladen.

Oleh karena itu, data dapat Anda gunakan untuk melakukan berbagai layanan. Misalnya, melihat situs web, menerima atau mengirim email, dan sebagainya. Faktanya, banyak pengguna Internet belum mengetahui dengan pasti apa itu server? dan bagaimana cara kerjanya. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Server atau Peladen

Peladen atau server merupakan sebuah sistem komputer yang memiliki layanan khusus, pada umumnya berkaitan dengan penyimpanan data. Data yang tersimpan  berupa berbagai jenis dokumen dan informasi yang kompleks. Layanan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan memberikan akses informasi kepada pengguna atau user.

Peladen berperan penting dalam pengiriman dan penerimaan data dan informasi dengan lebih cepat. Dalam bentuk fisiknya, merupakan jaringan komputer yang sangat besar dan menampung komponen-komponen seperti prosesor dan RAM dengan kapasitas yang besar. Peladen terdiri dari berbagai jenis, untuk memenuhi kebutuhan banyak klien, mulai dari email, DNS hingga situs web.

Inilah sebabnya mengapa sebuah peladen dapat menghubungkan banyak klien, bahkan saling mem-backup. Dari segi bentuk, terbagi menjadi tiga, yaitu bentuk software, hardware dan virtual machine. Dengan ini, Anda bisa mengendalikan sumber daya yang banyak. Oleh karena itu, komputer harus memiliki spesifikasi yang tinggi agar server dapat berfungsi secara maksimal dan optimal.

Peladen ini menjalankan perangkat lunak administratif, sehingga mengontrol akses ke sumber daya dan jaringan yang dikandungnya.

Cara Kerja

Cara kerjanya sangat sederhana, yaitu bekerja sesuai permintaan pelanggan. Misalnya, komputer yang Anda jalankan sedang bekerja untuk mencari informasi yang Anda butuhkan. Kemudian, server akan menerima semua informasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan demikian, Anda dapat mengakses isi dari website tersebut.

Secara umum, semua jenisnyabekerja dengan menjalankan fungsinya masing-masing. Dari penyimpanan data hingga perlindungan layanan di komputer klien. Hanya saja, setiap jenis berjalan berbeda, layanannya juga berbeda. Komputer yang Anda gunakan sebagai server berbeda dari yang lain, umumnya dirancang agar lebih berbeda dari komputer klien.

Spesifikasi perangkatnya juga berbeda, spesifikasi yang digunakan pasti jauh lebih tinggi karena mengolah data yang cukup besar. Sedangkan sistem operasinya menggunakan sistem operasi khusus, yaitu Linux Ubuntu Server atau Windows Server.

Jenis-jenis Server

Setelah membahas pengertian dan cara kerjanya, kita akan membahas jenis-jenis server itu sendiri. Untuk pembagian jenisnya dapat Anda kethuai dari tipe atau jenis data yang akan dikelola. Berikut beberapa penjelasan terkait hal tersebut.

Web server

Merupakan jaringan komputer yang khusus untuk menerima layanan informasi berupa HTTP dan HTTPS. Kemudian, server web akan menerima beberapa kode tampilan dari browser yang akan mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman web.

Halaman web akan dikirimkan dalam bentuk dokumen HTML dan CSS yang akan diproses dalam tampilan yang lebih menarik untuk dibaca. Untuk saat ini peran web sendiri tidak hanya untuk melihat WWW (World Wide Web), tetapi juga untuk meninjau kebutuhan dalam pengelolaan suatu pekerjaan. Seperti dalam penggunaan printer, kamera, router web dan banyak perangkat keras lainnya.

Mail server

Adalah jaringan komputer yang melayani pengguna dalam pertukaran pesan elektronik dengan pengguna lain. Mail server sendiri terbagi menjadi dua kategori, yaitu server surat masuk dan server surat keluar. Server email masuk terdiri dari IMAP dan POP3. IMAP (Internet Message Access Protocol) akan menyimpan salinan pesan yang terkirim dan Anda terima pada server email.

Sementara itu, POP3 (Post Office Protocol versi 3) adalah protokol pesan elektronik untuk menyimpan pesan yang terkirim dan Anda terima dari hard drive lokal PC. Hal tersebut digunakan untuk bertukar pesan dengan pengguna lain dengan file dalam bentuk gambar, teks, dan lainnya.

File server

Adalah jaringan komputer yang menyediakan kebutuhan data yang tersimpan pada disk. Lokasi disk menyimpan berbagai jenis file dalam bentuk gambar, video, dokumen, musik, dan file database lainnya. Server jenis ini dirancang untuk terintegrasi langsung dengan workstation.

File ini sendiri juga dapat dikatakan sebagai jantung dari sebuah server yang memiliki kapasitas penyimpanan memori yang besar. Dengan demikian, sangat memungkinkan untuk mengatur informasi dan komunikasi antar jaringan komputer.

Database server

Kumpulan data yang ada tentunya untuk disimpan nanti oleh Anda pada komputer. Penggunaan database pada komputer ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam pengolahan data. Sederhananya, database terdiri dari kumpulan tabel yang menyimpan data dan informasi.

Salah satu fungsi database adalah untuk menghindari duplikasi data yang tersimpan. Anda dapat mengatur perangkat lunak DBMS untuk dapat mengenali duplikasi data yang terjadi saat login. Hal ini tentunya terdapat fakta bahwa lebih dari satu pengguna dapat mengakses sifat database.

Proxy

Proxy berperan penting sebagai perantara yang menghubungkan user dengan web. Jadi, setiap pengguna yang menggunakan Internet akan melewati proxy sebelum melanjutkan ke server web. Fungsi utama dari jenis ini sendiri adalah untuk melindungi alamat IP pengguna pada saat mengakses dan menjelajah internet melalui perangkat komputer.

FTP

File Transfer Protocol (FTP) adalah protokol Internet yang menyediakan akses ke data server melalui jaringan. Proses yang sangat perlu oleh FTP menggunakan kode ASCII yang sebenarnya berbahaya karena tidak melalui enkripsi dalam proses transfernya.

DHCP

Dynamic Host Configuration Protocol atau DHCP server adalah jaringan yang mengakses layanan penyewaan alamat IP serta informasi berbasis TCP/IP untuk klien. Fungsi utama DHCP adalah memberikan layanan IP secara otomatis kepada klien, host, dan komputer pada jaringan TCP/IP yang melakukan permintaan.

Game server

Jenis ini biasanya lebih banyak berguna oleh para gamer dan developer game. Untuk saat ini kebutuhan tersebut lebih fokus pada game online multiplayer. Dalam sebuah server biasanya terdapat banyak pengguna game yang melakukan login secara bersamaan.

Untuk kebutuhan internal, proses pengarsipan berlangsung melalui komputer itu sendiri. Jika untuk kebutuhan eksternal akan tersedia langsung oleh pengembang game.

Baca Juga : OceanWP, Theme WordPress Gratis

Manfaat Mengelola Jaringan Komputer Menggunakan Server

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengelola jaringan komputer menggunakan server. Manfaat yang Anda rasakan tentunya akan sangat berguna bagi Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam menggunakan server.

Menjamin keamanan data

Anda dapat menyimpan dan menjaga semua data Anda dengan lebih aman dan terpantau setiap saat. Selain itu, data yang Anda simpan dapat Andas dengan cepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan yang paling penting, Anda juga dapat menyimpan penyimpanan data dari perangkat komputer klien Anda dan mentransfernya ke server.

Hemat biaya

Manfaat kedua, tentunya dapat menghemat biaya pembelian perangkat penyimpanan data yang Anda perlukan. Server menyediakan kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada komputer klien pada umumnya. Jadi Anda tidak perlu membeli terlalu banyak komputer atau harddisk untuk kebutuhan data bisnis Anda.

Kemudahan pengelolaan data

Manfaat ketiga adalah bisa mempermudah proses pengelolaan berbagai dokumen dan informasi penting yang memerlukan penanganan cepat, menjamin penyimpanan data dalam jangka waktu yang lebih lama. Penyimpanan berbasis cloud saat ini juga telah tersedia. Data Anda akan tersimpan pada internet dengan alokasi penyimpanan yang jauh lebih besar.

Maksimalkan performa antar tim

Mampu mengoptimalkan kerjasama dan kolaborasi masing-masing tim dan departemen. Dalam sebuah perusahaan informasi dan teknologi, setiap tim wajib bekerja tidak hanya secara offline tetapi juga online. Oleh karena itu, berperan penting dalam mengoptimalkan dan meningkatkan produktivitas setiap karyawan perusahaan dan instansinya.

Server adalah sebuah sistem komputer yang memiliki resource besar dan juga layanan khusus sehingga dapat Anda gunakan untuk kebutuhan komputer atau perangkat lain (client). Untuk mendapatkan manfaat maksimal, sangat penting untuk memilih layanan penyedia yang andal. Anda bisa mencari layanan penyedia server, karena sekarang sudah banyak yang menydiakan layanan ini.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *