6 Penyebab Keyboard Laptop Error, Simak Penjelasannya

Keyboard laptop bukanlah hal asing lagi untuk diperbincangkan karena pada ponsel pun susunan karakternya hampir sama. Keyboard berfungsi untuk memasukkan karakter seperti huruf, angka, dan simbol lainnya pada monitor. Seringkali, keyboard tidak dapat digunakan dengan optimal. Maka dari itu, pengguna perlu mengetahui penyebab keyboard laptop error.
Keyboard yang mengalami kerusakan ringan sering disebabkan oleh penggunanya sendiri. Mulai dari penggunaan yang berlebihan hingga faktor ketidaksengajaan. Untuk lebih rinci, berikut adalah penyebab keyboard laptop error yang perlu diketahui dengan baik.

1. Terkena Tumpahan Cairan

6 Penyebab Keyboard Laptop Error, Simak Penjelasannya
Terkena Tumpahan Cairan

Penyebab keyboard laptop error yang pertama adalah karena terkena tumpahan cairan. Pengguna kerap kali lalai ataupun tidak sengaja menumpahkan cairan seperti air minum yang tersenggol saat berada dekat laptop atau bahkan terkena bocoran air hujan.
Keyboard yang terkena tumpahan cairan biasanya tidak dapat ditekan sehingga karakter tidak muncul pada monitor. Untuk mengatasinya bukalah keyboard yang bermasalah lalu bersihkan dari tumpahan cairan sampai normal kembali.

Baca Juga : Cara Melihat Game yang Terhubung dengan Bantuan Google Play Games

2. Laptop Terjatuh

6 Penyebab Keyboard Laptop Error, Simak Penjelasannya
Laptop Terjatuh

Penyebab keyboard laptop error kedua ini laptop sering terjatuh dengan atau tanpa sengaja dapat mengakibatkan masalah pada keyboard. Laptop yang terjatuh dapat menjadi bencana besar karena berpotensi merusak komponen yang ada di dalamnya seperti halnya keyboard atau bahkan sistem laptop sendiri.
Ketika mengalami hal ini cobalah untuk mengecek laptop secara keseluruhan. Apabila tombol keyboard error, sebaiknya laptop segera dibawa ke tempat servis untuk menghindari hal yang lebih serius.

3. Terdapat Debu Atau Kotoran

6 Penyebab Keyboard Laptop Error, Simak Penjelasannya
Terdapat Debu Atau Kotoran

Penyebab keyboard laptop error selanjutnya adalah adanya debu atau kotoran yang menempel pada keyboard. Kotoran ini biasanya terdapat pada bagian bawah keyboard. Banyaknya debu yang menempel biasanya diakibatkan oleh seringnya penggunaan diluar ruangan atau jarang dibersihkan.
Adanya debu ini biasanya mengakibatkan tombol susah ditekan. Apabila dapat ditekan justru menampilkan karakter yang berbeda pada monitor. Untuk mengatasinya, gunakan kuas untuk membersihkan debu dari keyboard atau buka keyboard lalu bersihkan dari kotoran.

4. Sering Memencet Salah Satu Tombol

6 Penyebab Keyboard Laptop Error, Simak Penjelasannya
Sering Memencet Salah Satu Tombol

Karet yang terdapat pada bagian bawah tombol biasanya rusak karena pengguna terlalu lama menekan salah satu tombol secara terus menerus. Kejadian ini sering dialami oleh orang yang hobi bermain game. Ketika bermain, para gamers biasanya menekan satu tombol secara terus menerus.
Keyboard yang rusak karena sering dipencet biasanya ditandai dengan tombol yang harus lebih lama untuk ditekan agar muncul karakter pada monitor. Masalah ini cukup sulit untuk diselesaikan sendiri karena berkaitan dengan sistem keyboard. Pengguna dapat mengganti tombol keyboard yang error dengan tombol baru.

5. Karet Tombol Rusak

6 Penyebab Keyboard Laptop Error, Simak Penjelasannya
Karet Tombol Rusak

Karet yang rusak pada tombol keyboard biasanya diakibatkan karena penggunaan yang berlebihan. Laptop yang digunakan untuk waktu yang lama terutama ketika mengetik dapat membuat karet tombol semakin menipis. Alhasil, ketika ditekan susah untuk memunculkan karakter.
Untuk  penyebab keyboard laptop error masalah ini pengguna sebaiknya mengganti tombol keyboard yang rusak dengan tombol yang baru dan asli dari produsennya. Karet yang menipis pada tombol tidak dapat diatasi dengan hal lain selain menggantinya.

6. Sering Tertindih Benda Berat

6 Penyebab Keyboard Laptop Error, Simak Penjelasannya
Sering Tertindih Benda Berat

Penyebab keyboard laptop error yang terakhir adalah karena sering tertindih oleh benda berat. Umumnya, semua barang elektronik tidak boleh dibebani dengan benda-benda yang berat seperti halnya keyboard laptop.
Ciri-ciri tombol keyboard error yang disebabkan oleh hal ini adalah tombol akan mengetik sendiri. Keyboard yang sering tertindih benda berat akan tertekan semakin keras sehingga tombol menjadi lebih sensitif. Laptop sebaiknya dibawa ke tempat servis untuk menghindari masalah yang lebih serius.

Baca Juga : Tips Cara Memindahkan Kuota ke Kartu Lain Semua Operator

Itulah 6 penyebab keyboard laptop error yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan yang berlebihan hingga faktor ketidaksengajaan dapat membuat tombol keyboard mengalami error. Pastikan pemakaian laptop sesuai dengan kebutuhan dan tidak membebani kinerja sistem laptop sehingga terhindar dari masalah tersebut.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *