Research Keyword Untuk SEO Dengan Google Suggestion Dan Google Related

Kamu pasti pernah mendengar istilah Google Suggestion dan Google Related saat belajar mengenai SEO. Kedua istilah tersebut memang bukan termasuk tool khusus seperti Google Keyword Planner. Namun mereka mempunyai fungsi sama, apalagi kalau bukan untuk membantu pelaksanaan riset keyword SEO. Jadi Google Suggestion dan Google Related pada dasarnya merupakan trik research keyword dengan cara paling mudah.

Apa itu Google Suggestion dan Google Related?

Google Suggestion adalah suatu cara untuk memunculkan saran keyword atau kata kunci secara otomatis oleh Google saat pengguna internet mengetik keyword tertentu pada kolom pencarian. Contohnya ketika kamu mau membuat donat dan mencari resepnya di Google dengan mengetik keyword “cara membuat donat”, maka nantinya pada bagian bawah kolon pencarian akan muncul tambahan keyword seperti “cara membuat donat kentang”, “cara membuat donat empuk”, dan yang lainnya. Nah tambahan kata kunci itulah yang dinamakan Google Suggestion atau saran keyword dari Google. Agar lebih jelas kamu bisa melihat gambar di bawah berikut ini.

Apa Itu Google Suggestion Dan Google Related
Apa Itu Google Suggestion Dan Google Related

Google dapat memberi keyword suggestion seperti contoh sebelumnya dikarenakan keyword tersebut sering diketik oleh para pengguna internet sehingga Google akan menganggap keyword tadi dicari oleh banyak orang dan membuatnya menjadi keyword permanen.

Baca Juga : Backlink Google Properties Dan Cara Membuatnya

Google Related adalah delapan hasil pencarian yang terletak di bagian bawah halaman hasil. Keyword Google Related bisa juga dijadikan sebagai data untuk membuat strategi SEO. Ini karena keyword tersebut dibuat berdasarkan algoritma Google dalam menentukan kata kunci yang berkaitan dengan pencarian yang kamu lakukan. Tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk SEO agar konten website mudah ditemukan. Lebih jelasnya kamu bisa melihat gambar di bawah.

Gambar tersebut berisi daftar keyword Google Related saat kamu mengetik kata kunci “sepatu olahraga”. Bayangkan jika kamu ingin membeli sepatu olahraga tetapi menemukan begitu banyak pilihan yang membuat bingung memilihnya. Kamu bisa gunakan dan mengklik keyword terkait tersebut agar lebih mudah mendapat daftar pilihan sepatu olahraga dengan lebih spesifik lagi.

Manfaat Google Suggestion dan Google Related

Penggunaan keyword yang tepat pada teknik SEO memang sangat penting agar kamu dapat memaksimalkan perkembangan website beserta kontennya. Riset keyword sendiri menjadi modal utama untuk mendapatkan itu semua. Pengertian dari Google Suggestion dan Google Related sangat mudah dipahami. Untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang keduanya, kamu bisa lanjut membaca mengenai manfaat dan kelebihan dari Google Suggestion dan Google Related, berikut ulasannya.

1. Mendapat Saran Long-Tail Keyword

Kamu bisa menemukan banyak pilihan long-tail keyword hanya dengan mengetik satu atau dua keyword saja pada kolom pencarian. Long-tail keyword merupakan kata kunci yang terdiri dari tiga kata bahkan lebih, misalnya “cara membuat website dengan wordpress gratis lewat hp”. Jenis keyword long-tail yang didapat akan berguna menjadi sebuah data penting untuk nantinya digunakan dalam pelaksanaan strategi SEO.

2. Mendapat Potensial Keyword

Google Suggestion dan Google Related memunculkan keyword yang disarankan langsung oleh Google, dan sudah pasti keyword tersebut adalah hasil dari analisis Google terhadap banyak website yang kredibel. Dengan kata lain, saran keyword yang didapat merupakan keyword potensial yang bisa mempengaruhi trafik kunjungan organik pada situs website kamu.

3. Website Ada Di Halaman Pertama Google

Jika keyword yang kamu gunakan termasuk dalam keyword Google Suggestion atau Google Related, maka kemungkinan besar situs website kamu bisa berada pada urutan teratas halaman pertama hasil pencarian Google. Terlebih apabila keyword terkait bisnis atau website kamu unik, volume pencariannya akan menjadi kecil dan keyword tidak begitu bersifat kompetitif.

Itulah beberapa manfaat dan kelebihan yang bisa didapat dari Google Suggestion dan Google Related. Namun informasi yang didapat dari keduanya mempunyai perbedaan sangat jauh dengan saat kamu melakukan riset keyword menggunakan bantuan tools pencari keyword. Google Suggestion dan Google Related hanya memberi saran kata kunci saja, sedangkan tools research keyword seperti Google Keyword Planner, bisa menyajikan informasi detail lainnya, antara lain perkiraan rata-rata pengunjung, jumlah klik pada halaman website, biaya untuk memasang iklan dengan keyword tersebut, perkiraan posisi iklan di halaman pencarian dan lain-lain.

Google Suggestion dan Google Related merupakan cara mudah mendapat dan mengumpulkan kata kunci potensial. Pelaksanaan keduanya juga tidak membutuhkan biaya mahal, hanya perlu email untuk masuk ke akun Google. Selain menggunakan tools research keyword, Google Suggestion dan Google Related menjadi solusi efektif mengoptimasi konten website. Sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian Google Suggestion dan Google Related beserta manfaatnya dengan lengkap dan bahasa yang mudah dipahami. Semoga apa yang kamu baca dalam artikel ini bisa memberikan manfaat dan pemahaman melakukan research keyword dengan cara yang mudah.

Baca Juga : Pengertian Backlink Pyramid/ Piramida Dan Tips Membuatnya

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *