7+ Cara Ampuh Meningkatkan Trafik Website

Sudah punya website dengan tampilan yang cantik dan berisikan banyak konten tapi trafik tak kunjung ada peningkatan? Kalau jawabannya IYA, maka sekarang kamu sedang berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara ampuh Meningkatkan Trafik Website. Untuk memahami cara-cara tersebut dengan benar, ada baiknya kamu ketahui terlebih dulu jenis trafik pada website.

Jenis Trafik Website
Ada 5 jenis Meningkatkan Trafik Website berdasarkan asalnya yang perlu kamu tau, di antaranya :
1. Trafik Berbayar
Kamu bisa mendapatkan trafik ini lewat iklan berbayar atau PPC (Pay Per Click). Keunggulan dalam memakai iklan berbayar adalah bisa memasang iklan berdasarkan target lokasi, minat, dan usia.
2. Trafik Organik
Jenis trafik ini didapatkan melalui pengunjung yang mengunjungi situs web kamu secara organik dengan mengetik keyword di kolom search engine.
3. Trafik Direct/ Langsung
Direct trafik merupakan trafik dimana pengunjung akan mengetikkan langsung alamat URL situs website di search engine, membuat bookmark website, atau mengklik tautan situs pada dokumen agar bisa berkunjung langsung ke website kamu.
4. Trafik Referral
Trafik ini menggunakan link rujukan yang biasanya ditaruh dalam artikel blog dan forum online. Pengunjung mengklik tautan link rujukan tersebut untuk diarahkan langsung menuju situs website kamu.
5. Trafik Media Sosial
Seperti namanya, trafik jenis ini didapatkan melalui peran media sosial. Trafik ini bersifat organik, jadi iklan media sosial bukan termasuk di dalamnya.
Setelah mengetahui jenis-jenis Meningkatkan Trafik Website.

Baca Juga: Contoh Narasi Personal Branding dan Alasan Pentingnya

Berikut ini akan ditampilkan 7+ cara untuk Meningkatkan Trafik kunjungan pada website kamu.
1. Maksimalkan SEO

Maksimalkan SEO
Maksimalkan SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan cara untuk optimasi halaman website agar mendapat peringkat terbaik di SERP. Salah satu teknik SEO adalah melakukan research keyword sebelum menentukan keyword yang akan dipakai pada konten kamu nanti. Menggunakan keyword yang sesuai dan tepat dapat Meningkatkan Trafik Website membawa lebih banyak klik kunjungan. Ada beberapa tool research keyword yang bisa digunakan seperti Google Keyword Planner. Tool ini berguna untuk melakukan pencarian saran keyword yang sering dicari dalam kurun waktu tertentu.

2. Email Marketing
Mengirim news letter dan promosi ke email pelanggan menjadi cara mudah untuk membangun komitmen hubungan dengan mereka. Email marketing dapat mendorong para pelanggan agar mengunjungi lagi situs web kamu, ini sangat membantu meningkatkan trafik website bukan?

3. Buat Konten Media Sosial
Unggahlah konten bermutu dan informatif seperti yang ada di Instagram setiap harinya supaya para pengunjung lebih tertarik untuk mengenal brand bisnis kamu. Sematkan URL website pada kolom tautan halamam profil media sosial. Jangan lupa gunakan keyword dan hashtag relevan saat menulis konten. Kamu bisa juga share setiap ada konten baru ke berbagai jejaring sosial yang berbeda. Ini membantu promosi konten agar orang-orang mau berkunjung ke website kamu.

4. Pembaruan Konten Lama
Selain membuat konten yang fresh, melakukan pembaruan pada konten lama juga perlu ditingkatkan. Google menyukai konten-konten terbaru untuk di crawling. Kamu bisa membetulkan kesalahan ketik, mengaudit keyword, mengganti backlink yang rusak, dan memperkuat keakuratan informasi konten. Search engine akan menilai dan mengatur ulang kemunculan website kamu di SERP serta memungkinkan membuat trafik website kamu naik.

5. Facebook Dan Instagram Ads
Facebook dan Instagram adalah platform populer yang terus eksis sampai sekarang. Cara beriklan melalui dua platform tersebut juga hampir sama dengan sistem target pada usia, lokasi, dan jenis bisnis. Soal biaya iklan bisa disesuaikan dengan uang yang kamu miliki. Untuk Facebook Ads sendiri jauh lebih terjangkau ketimbang iklan di platform lainnya. Kamu bisa melakukan kampanye iklan dengan membuat konten menarik secara visual untuk mendorong minat orang-orang yang melihatnya mengklik tautan link pada iklan yang akan mengarah ke website.

6. Program Afiliasi
Afiliasi merupakan sebuah program dimana pemilik bisnis membayar afiliator/ pemilik situs ketika ada seseorang melakukan pembelian malalui link yang tertanam di situs afiliator. Biasanya para afiliator akan menulis konten review terhadap produk yang dijual dan memasukkan link rujukan di dalam konten tersebut, kemudian diupload ke situs milik mereka. Program ini menjadi tren belakangan ini karena dinilai efektif untuk Meningkatkan Trafik Website dengan biaya yang relatif murah.

7. Channel YouTube

Channel YouTube
Channel YouTube

Pasti kamu sering mendapati ketika sedang mencari sesuatu di Google, SERP halaman pertama menyajikan beberapa video dari YouTube. Pembuatan channel YouTube menjadi strategi yang bagus untuk mengarahkan pengunjung ke situs website. Kamu bisa menuliskan deskripsi singkat dan menaruh URL website di setiap postingan video channel YouTube kamu.

8. Sisipkan Link Internal
Sebagian besar pemilik website hanya fokus pada pembangunan backlink dan lupa membuat link internal pada situs mereka. Kamu bisa membuat beberapa konten yang mempunyai topik relevan satu sama lain dan menanam internal link di setiap konten agar saling terhubung. Jadi, pengunjung akan tetap bertahan melakukan aktivitas di website kamu karena semua informasi yang dibutuhkan sudah tersedia. Meningkatkan Trafik Website mereka tidak akan berkunjung ke website kompetitor untuk mencari informasi.

Baca Juga: Perbedaan Pengertian Dan Cara Kerja Antara Digital Marketing Dan Internet Marketing

Masih ada banyak cara lain untuk Meningkatkan Trafik Website. Artikel ini hanya membahas sebagian dari mereka. Semoga membantu!

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.