Penjualan adalah nafas bisnis. Bisnis apapun butuh mencetak penjualan untuk dapat uang cash. Untuk mencetak penjualan, maka bisnis perlu membangun kanal marketing. Tujuannya untuk mengenalkan produk Anda pada target market yang tepat. Ada banyak keunggulan email marketing sehingga banyak pebisnis yang berhasil mencetak uang melimpah dari email pemasaran ini.

Strategi pemasaran yang tepat akan meningkatkan penjualan, mencetak cash dan menyehatkan keuangan perusahaan. Mau tahu apa keunggulan email marketing? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

1. Kemudahan Dalam Penggunaannya

Ada banyak keunggulan email marketing. Salah satunya adalah mudah menggunakannya.  Marketing merupakan strategi untuk memperkenalkan produk, jasa pada target market yang tepat. Ada banyak channel yang bisa kita manfaatkan untuk menjalankan strategi marketing.

Mulai dari offline; membuat selebaran, pamflet, membuat baliho, membuat banner dan memasangnya pada tempat-tempat yang strategis. Membuat iklan promosi pada stasiun radio dan televisi.

Menggunakan strategi online.  Mulai dari beriklan di Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads dan yang terbaru Tik Tok Ads.  Semua media digital ini bisa kita manfaatkan untuk memperkenalkan produk dan jasa secara masif. Tujuan utamanya adalah untuk menarik target market mengenal, memahami dan mencoba produk jasa kita.

Ada satu media promosi yang sangat efektif, efisien dan mudah dalam proses penggunaannya. Namun, jarang orang memanfaatkannya secara maksimal. Apa itu? Jawabannya adalah email marketing. Banyak orang yang telah sukses meraup keuntungan jutaan hingga miliaran dengan memanfaatkan email marketing. Namun, banyak orang yang gagal menjalankan strategi pemasaran dengan email marketing. Salah satunya karena mereka tak memahami bagaimana cara kerja email marketing. Sebenarnya email marketing sangat mudah menggunakannya bila tahu caranya. Kata kuncinya adalah mampu membuat konten yang menarik.

Baca juga: Email marketing adalah. Pengertian, Mindset dan Strateginya

2. Lebih Personal

Era digital membuat banyak orang sibuk dan tak punya banyak waktu untuk keluarga. Seharian mereka bekerja di kantor. Rasa capek dan lelah berkumpul jadi satu. Sepulang kerja mereka ingin menikmati malam bersama keluarga. Bersantai bersama keluarga jadi sesuatu yang mahal di era modern ini. Bila Anda menarget mereka ini sebagai target market Anda pakai iklan Facebook, iklan Instagram tentu mereka tak akan merespons. Tapi saat Anda memanfaatkan email, mereka bisa memakluminya karena rata-rata pesan dalam email mereka itu penting.

Tentu, sangat cocok bila Anda memanfaatkan email marketing untuk menarget target market  Anda. Salah satu Alasannya karena email marketing sangat personal. Mampu menjangkau banyak orang pada saat yang sama. Tetapi uniknya, dengan memanfaatkan email marketing, Anda bisa menyapa mereka dengan nama mereka. Sehingga email Anda sangat private (pribadi) dan personal. Sehingga mereka akan merasa memperoleh perhatian lebih dari Anda.

3. Menjangkau Banyak Orang

Bekerja di era digital tentu tak bisa pakai cara biasa saja. Karena hasilnya tak seberapa. Tapi Anda perlu menggunakan pendekatan tools yang bisa bekerja secara cepat, tepat dan otomatis. Sehingga bisa menjangkau banyak audience yang tepat.

Saat kita membuat konten sosial media, baik yang berbayar atau gratisan, maka kontak yang kita buat belum tentu  sampai dan dibaca banyak orang.  Orang yang tertarik dengan iklan Anda belum tentu tertarik dan minat pada produk Anda. Tetapi saat Anda menggunakan email marketing, maka mereka akan membukanya. Salah satu Alasannya karena mereka sudah mengenal Anda. Authority  Anda sudah melekat dalam pikiran mereka.

4. Mampu Bekerja 24 Jam

Pemasaran dengan memanfaatkan email mampu bekerja secara maksimal hingga 24 jam. Sehingga walaupun Anda istirahat, tidur, maka email Anda tetap bekerja. Saat mengirim surat elektronik pagi, tak semua list database email Anda langsung membuka pesan email Anda. Sehingga mereka berpeluang membukanya sore hari atau malam hari. Sehingga penawaran Anda tetap berpotensi mendapatkan penjualan.

Secara bertahap sangat berpengaruh positif pada bisnis Anda. Saat personal branding Anda kuat, maka setiap konten Anda akan dibaca oleh target market Anda.

5. Biaya Terjangkau

Setiap promosi dan pemasaran, tentu membutuhkan budget (biaya) yang tak sedikit. Mulai dari beriklan dari Google Ads, Instagram Ads bahkan Tik Tok Ads. Semua membutuhkan anggaran yang lumayan besar. Namun, saat Anda memanfaatkan pemasaran email, Anda bisa menekan biaya secara maksimal. Sebenarnya Anda sangat membutuhkan server untuk mengirim email dengan biaya sewa dan perawatannya. Sehingga boleh dibilang biaya memanfaatkan email pemasaran sangat murah dan terjangkau. Dalam tahapan A/B testing Anda potensi kerugian Anda tak akan besar karena biaya akuisisi konsumen di email sangat murah bila Anda tahu caranya.

6. Jangkauan Sangat Luas

pemasaran memanfaatkan email memiliki jangkauan yang cukup luas. Era digital tak bisa lepas dari email. Nyaris setiap orang pasti punya email. Terlepas Apakah email ini mereka gunakan untuk mendaftarkan sosial media Instagram Facebook. Atau mereka manfaatkan untuk kepentingan yang lainnya. Tetapi yang pasti untuk bisa mengakses apapun yang ada di internet. Anda bisa mendapatkan jawaban luas ini untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Email pemasaran tak terbatas oleh tempat dan waktu tetapi bisa bekerja secara maksimal lintas negara. Bila Anda bisa menargetkan ke negara USA, Anda bisa menghasilkan penjualan yang maksimal dan potensi profit yang tinggi. Salah satunya karena kurs dolar yang nilainya tinggi.

7. Tingkat Konversi Tinggi

Memanfaatkan email marketing termasuk ide yang bagus dan cerdas. Banyak pebisnis online yang berhasil meraup keuntungan ratusan juta hingga milyaran hanya bermain email pemasaran ini.  Kenyataannya memang memiliki konversi tinggi. Kenyataannya memang memiliki tingkat konversi rate yang tinggi. Anda perlu mencobanya agar bisa merasakan manisnya bisnis dengan memanfaatkan email marketing. Tanpa mencoba maka Anda hanya akan jadi penonton saja. Saat orang lain bertindak, Anda cuek dan menyepelekan. Namun, saat mereka meraih kesuksesan, Anda baru mau memulai dan merencanakannya. Maka Anda telah terlambat dan telah kehilangan kesempatan untuk berubah dan bertumbuh.

Baca juga: 13 Contoh Email Marketing Untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Penutup

Memanfaatkan email marketing terbukti mengantarkan banyak pebisnis meraih kesuksesan. Tentu Anda perlu belajar banyak hal untuk bisa meraih kesuksesan menggunakan email dalam pemasaran. Mulai dari mempelajari copiwriting, konten writing, membuat kalimat yang menarik, memilih diksi kata yang pas. Sehingga konten Anda akan audience baca mulai awal hingga akhir. Tanpa kemampuan ini, maka  sebanyak apapun list database email Anda tak akan banyak berguna. Anda hanya akan menghabiskan anggaran dana dan tak banyak impact untuk bisnis Anda. Kita ering tertarik saat melihat orang lain sukses tapi kita lupa mempelajari dan mendalami apa yang telah mereka lakukan selama ini.

Kesuksesan tak akan datang begitu saja pada mereka yang tak mau belajar sungguh-sungguh dan kerja keras. Kemauan keras, niat yang sungguh-sungguh dan mau memperbaiki diri akan jadi pembeda antara orang yang berpeluang meraih kesuksesan dengan orang yang hanya ikut-ikutan tanpa pernah bisa meraih kesuksesan itu.

Demikian pembahasan tentang keunggulan email marketing yang bisa penulis sajikan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.