Bisnis online menemukan momentumnya saat terjadi pandemi. Banyak orang kehilangan pekerjaan. Salah satunya karena PHK. Kehilangan pekerjaan tentu jadi masalah baru. Bisnis online jadi solusi atas masalah ini. Untuk menjalankan bisnis online perlu strategi jitu. Salah satunya, memanfaatkan email marketing.  Agar sukses menjalankan email marketing, Anda perlu contoh email marketing dari brand yang terbukti sukses.

Mau tahu Bagaimana cara membuat email marketing yang tepat? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Contoh email marketing penawaran produk

Bila Anda mampu memanfaatkan email marketing, tentu hasilnya poweful. Untuk menghasilkan email marketing yang powerful Anda bisa belajar dari brand yang berhasil memanfaatkan email marketing. Inilah contoh email marketing yang bisa Anda pelajari:

Program Flash Sale Dengan Memanfaatkan Momen Tertentu

Email marketing termasuk salah satu jenis marketing yang tren dalam dekade ini. Konten email marketing ini bersifat personal. Orang yang menerima penawaran biasanya merasa surprise. Sehingga konten marketing ini memiliki potensi penjualan tinggi.

Anda bisa memanfaatkan program flash sales untuk mendapatkan penjualan langsung. Anda bisa  memprogramkan flash sales ini sebulan sekali. Sehingga program Anda akan menarik bagi calon konsumen Anda. Anda tak boleh membuat program pemasaran ini setiap hari. Merek akan merasa jenuh dan bosan pada Anda. Seehari sekalbaiknya, Anda membuat program ini sebulan sekali. Tentu program Anda lebih berkesan karena akan lebih menarik bagi mereka.

Baca Juga : Email marketing adalah. Pengertian, Mindset dan Strateginya

Kirimkan Hadiah Pada Momentum Spesial

Pada jenis produk-produk tertentu yang harganya mahal, konsumen menempati posisi yang tinggi. Mereka benar-benar bisa berperan sebagai raja. Anda bisa memanjakan mereka dengan memberikan hadiah pada momentum spesial mereka. Semisal, saat ulang tahun mereka.

Buatlah hadiah yang unik dan menarik. Aslinya, hadiah jenis ini bukan sesuatu yang istimewa. Tapi saat mereka menerima hadiah pada momen ulang tahun mereka. Ini sangat berharga bagi mereka. Bukan seberapa besar nilainya. Tetapi hadiah ini ada tepat pada momentum yang tepat.

Menawarkan program kelas gratis

Dunia digital membuka banyak peluang baru. Salah satunya kursus online. Saat ini banyak penawaran kursus online. Untuk menjaring konsumen dan calon konsumen, Anda bisa menawarkan kursus gratis berbatas waktu. Sehingga orang yang jadi target Anda akan segera melakukan aksi pendaftaran dan berujung pada pembelian.

Anda juga bisa menawarkan kelas khusus bagi yang segera mendaftarkan diri. Ini sebuah benefit yang sangat menguntungkan bagi mereka. Misalnya saja, Apriacy Academy menawarkan kursus gratis bagi yang mau mengambil 3 kursus mereka ini:

  1. Produk marketing
  2. Desain produk
  3. Kursus analisis produk

Ketiga kursus ini jadi lead magnet untuk mendatangkan calon konsumen yang sangat tertarget.

Penawaran Canva yang Menarik

Canva sebagai aplikasi penyedia gambar gratis juga menawarkan produk mereka melalui strategi marketing produk. Tentu produk Canva bukan produk fisik tapi produk digital. Produk utama mereka adalah desain dan template. Mereka menawarkan New Layouts In Canva bagi siapa saja yang mau jadi subcriber mereka.

Dropbox yang Mendunia

Ada banyak jenis bisnis dan layanan penyedia penyimpanan data storage yang eksis saaat ini. Salah satunya adalah Dropbox. Salah satu strategi yang mereka gunakan adalah memanfaatkan emaik marketing. Email marketing Dropbox ringkas, ringan dan to the point sehingga tak menyita banyak waktu target market.

Bonafide yang Pandai Making Profit

Bonafide termasuk salah satu perusahaan kesehatan yang terus berkembang. Mereka menggunakan strategi email marketing untuk mendekati calon konsumen dan konsumennya. Tujuannya untuk menciptakan konsumen loyal. Konsumen akan merasa memperoleh perhatian spesial dari perusahaan karena dalam email itu, nama mereka disebutkan secara personal.

Padahal, bukan hanya mereka yang memperoleh email ini tapi seluruh klien bonafide juga memperoleh email yang sama. Namun, karena email bisa terkirim secara personal, maka mereka merasa sangat senang dan memperoleh perhatian khusus perusahaan.

Buzzfeed

Mereka adalah perusahaan kawakan yang sudah berpengalaman. Sehingga mereka tahu apa kebutuhan konsumen dan bagaimana cara memuaskan kebutuhan mereka. Email yang mereka kirim memiliki tampilan yang sederhana namun menarik. Dalam subjek email mereka mengandung kalimat yang menarik, keren dan kata-kata yang powerful.

Poppin

Salah satu cara termudah membangun hubungan dengan konsumen ya lewat email marketing. Penggunaan email marketing yang tepat akan memudahkan langkah akuisisi pelanggan. Sehingga lebih hemat waktu, tenaga dan tak boros anggaran. Poppin mampu memanfaatkan email sebagai sarana akuisisi pelanggan baru mereka.

Baca Juga : Pengertian Affiliate Marketing Dan Cara Mendapatkan Uang Dengannya

Contoh Email Marketing yang Menarik

Untuk menghasilkan penjualan lewat email, tentu Anda tak bisa membuat konten begitu saja. Anda perlu belajar bagaimana membuat email marketing yang menarik. Anda perlu punya ide konten untuk membuat email marketing jadi lebih menarik dan mudah terjadi closing. Inulah contoh email pemasaran yang menarik:

Lead Magnet

Kesuksesan seseorang di era digital tak lepas dari kemampuan mereka menghadirkan lead magnet yang powerful. Lead magnet bisa berupa ebook, ringkasan materi kursus online, hasil riset, studi kasus dan lain sebagainya. Banyak orang yang ingin membeli produk digital untuk meningkatkan skill (keterampilan) mereka.

Namun, mereka terkendala dana yang terbatas. Maka, saat ada penawaran berupa ecourse gratis, orang datang berbondong-bondong untuk mendownloadnya. Walaupun mereka harus menyerahkan kontak atau email aktif mereka.

Berisi Informasi Terbaru

Saat mengirim email pada database Anda, tentu Anda punya tujuan untuk apa Anda membuat email dan mengirimkannya pada kontak Anda. Inilah ide yang bisa Anda gunakan untuk membuat ide konten yang menarik. Tentu bukan sembarang informasi yang Anda kirim pada mereka tetapi informasi yang bermanfaat.

Penawaran Produk

Produk adalah magnet bagi orang yang sendang mencari dan membutuhkan produk. Memang bagi sebagian orang, mereka tak nyaman bila selalu ada penawaran produk. Agar penawaran Anda menarik, maka Anda perlu membuat penawaran yang bermanfaat bagi mereka. Memiliki alamat email yang tertarget adalah kata kunci untuk menjual pada konsumen Anda.

Give Away

Salah satu momentum yang banyak orang tunggu adalah gave away. Banyak orang sadar bahwa kemungkinan dapat hadiah dari give away itu kecil banget tapi bagi mereka ini ya buat seru-seruan saja. Dalam banyak kasus give away mampu mendatangkan banyak target pembeli dengan cepat.

Ucapan Terima Kasih

Bagi sebagian orang menerima ucapan terima kasih adalah sesuatu yang biasa saja. Tapi bagi sebagian yang lainnya ucapan terima kasih itu istimewa.

Baca Juga : Apa Itu Sales Promotion. Pengertian Macam dan Kelebihannya

Penutup

Memulai bisnis online jadi solusi orang orang yang terimbas pandemi. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena PHK. Maka Anda bisa belajar banyak tentang bagaimana sukses memulai bisnis online. Bisnis online belum lengkap bila tak memanfaatkan email marketing yang terbukti mengantarkan banyak pebisnis meraih kesuksesan.

Dalam artikel ini penulis telah menyajikan beberapa contoh email marketing dari brand brand terkemuka dunia yang berhasil memanfaatkan email marketing untuk meningkatkan bisnis mereka.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.