Tips Dan Trik Google Adsense Agar Meraih Banyak Iklan Adsense

Tips Dan Trik Google Adsense adalah sebuah kesempatan bagi pemilik situs website dan blog agar mendapat uang melalui iklan yang dipasang di halaman situs mereka. Biasanya pemasang iklan akan mencari situs dengan konten yang mempunyai pengunjung sesuai target pasar mereka, misalnya iklan produk makanan sehat akan ditampilkan di halaman website dan blog yang berisi konten gaya hidup sehat. Saat iklan diklik oleh seseorang artinya pemilik situs sudah berhasil mendapat bayaran. Untuk meraih banyak iklan adsense masuk ke halaman situs, diperlukan agar memaksimalkan pemakaian fitur yang disediakan dari Google Adsense.

Google Adsense
Google Adsense

Berikut Tips Dan Trik Google Adsense beberapa langkah menampilkan iklan dengan lebih efektif serta tips dan trik meningkatkan pendapatan akun Google Adsense Anda.

Baca Juga: Cara Membangun Personal Branding Yang Benar

1. Buat Ad Units Baru
Tips Dan Trik Google Adsense pertama adalah buat Ad Units baru di akun Google Adsense Anda. Setelah log in ke akun Google Adsense di layar utama masuk ke dashboard “My Ads” kemudian klik Contents> Ad Units> klik opsi +New Ad Units. Kemudian beri nama pada Ad Units Anda, gunakan nama yang simpel untuk membantu memudahkan dalam mengelola data dengan jumlah besar.
2. Pilih Ukuran
Selanjutnya Anda bisa memilih ukuran iklan yang akan ditampilkan di dalam website maupun blog Anda nantinya. Sesuaikan dengan sedikit banyaknya tulisan konten yang telah dibuat supaya pengunjung tidak akan terlalu merasa terganggu saat berada di halaman situs Anda. Beberapa pilihan ukurannya antara lain ada 728×90, 336×280, 320×50, 300×600, dan 300×250.
3. Pilih Jenis Iklan
Anda juga bisa mengatur jenis iklan di website dan blog Anda. Tentukan jenis iklannya akan berupa teks saja, hanya gambar/ media lain, atau teks dan gambar/ media lain. Sekali lagi buatlah tampilan situs halaman agar tetap enak dilihat. Iklan yang menampilkan gambar atau video biasanya menunjukkan performa yang bagus.
4. Buat Channel Kostum
Pembuatan channel kostum bisa digunakan untuk memilah iklan sesuai keinginan Anda misalnya memilih iklan berdasarkan ukuran, warna, maupun halaman. Bukan hanya itu Anda dapat mengecek performa Ad Units Anda lebih detail. Meskipun Google Adsense akan memasang sendiri secara otomatis sesuai dengan pendapat mereka bahwa iklan sudah relevan dengan isi konten, Anda tetap perlu perketat kontrol iklan yang masuk dengan pembuatan channel kostum ini. Buat beberapa channel dan kelompokkan iklan sesuai dengan bidang dan gaya iklan yang berbeda. Kemudian bandingkan performa di antara masing-masing keduanya manakah yang mempunyai performa lebih baik. Misalnya jika halaman berternak lebih ramai pengunjung dari pada halaman musik maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat lebih banyak konten terkait berternak.
Pembuatan channel kostum juga memudahkan bagi Anda yang mempunyai lebih dari satu domain. Anda bisa memisahkan domain di beberapa channel dan melihat performanya kira-kira domain mana yang mendapat jumlah klik terbanyak. Selain itu, para pemasang iklan jadi jauh lebih mudah untuk mengarahkan iklan mereka ke Ad Units Anda sesuai dengan produknya.
5. Buat Gaya Iklan Dengan Menarik
Anda bisa masuk ke opsi “Create Ad Style” kemudian pilih warna yang ingin diaplikasikan pada bagian-bagian yang ada dari sebuah iklan seperti judul, border, latar belakang, teks, dan link URL. Buat gaya iklan yang selaras dengan tampilan warna website dan blog Anda. Pilih dan tentukan juga ukuran font, font family dan gaya sudut iklan misalnya berbentuk persegi atau bundar. Iklan yang mempunyai ukuran besar biasanya lebih berhasil karena mudah dibaca. Jika tidak mau repot membuat tampilan gaya iklan sendiri, Google Adsense menyediakan pengaturan gaya iklan standar yang bisa digunakan.
Penempatan iklan pada situs halaman Anda juga perlu diperhatikan. Google Adsense telah memberi informasi terkait hal tersebut. Penampilan iklan yang muncul pertama kali saat pengunjung membuka halaman Anda adalah penempatan iklan paling efektif. Iklan di kiri atas lebih baik ketimbang kanan bawah. Iklan yang posisinya berada tepat di atas konten utama, muncul di akhir halaman, dan di atas footer memiliki performa yang sangat baik.
6. Dapatkan Kode Iklan
Setelah Anda selesai mengatur pemasangan iklan Anda, simpan Ad Units Anda dengan klik opsi “Save And Ged Code” untuk mendapat kode HTML yang nantinya harus ditambahkan ke URL situs halaman milik Anda.
7. Publikasikan Halaman Anda
Hal paling utama dan penting untuk mendapat penghasilan dari Google Adsense adalah ketika seseorang mengklik iklan yang terpasang di halaman situs Anda. Agar memaksimalkan usaha, Anda perlu mempunyai orang-orang mampir ke situs Anda, membaca konten artikel, dan mengklik iklan yang ada.

Baca Juga: Jenis dan Pengertian Direct Selling Yang Bagus Untuk Perusahaan

Buat kualitas konten website atau blog semenarik mungkin dan sesuaikan isi bahasannya dengan target pembaca sekaligus pemasang iklan. Anda bisa mendapat penghasilan mulai dari 0.05 dollar sampai 5 dollar untuk setiap 1000 tayangan halaman situs Anda.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *