Pemasaran dan penjualan merupakan dua hal yang sering disamakan. Ya, banyak orang yang masih menganggap bahwa keduanya adalah entitas yang sama. Namun apakah demikian? Pada dasarnya, ada perbedaan pemasaran dan penjualan dalam beberapa hal. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sederhananya begini, pemasaran itu mempunyai tujuan memberikan informasi kepada calon konsumen terhadap suatu produk atau jasa. Harapannya, setelah calon konsumen tersebut mengetahui detail produk, mereka akan tertarik membelinya. Sementara itu, penjualan akan mem-follow up pemasaran tersebut untuk menegaskan kembali nilai dari barang atau jasa yang Anda jual. penjualan akan melakukan prospek kepada calon konsumen agar mereka membeli produk atau jasa tersebut.

Dalam banyak perusahaan, pemasaran dan penjualan itu berdiri di divisi yang berbeda. Namun sebenarnya, keduanya mempunyai tujuan yang sama yakni memikat calon konsumen agar membeli produk mereka. Dengan demikian, mereka akan menjadi konsumen mereka.

Pengertian Pemasaran dan Penjualan

Pada pembahasan di atas, kami sudah memberikan penjelasan singkat mengenai perbedaan pemasaran dan penjualan. Agar Anda lebih paham lagi mengenai perbedaan keduanya, Anda harus tahu terlebih dulu pengertian dari pemasaran dan penjualan.

Baca juga: Marketing Communication Adalah. Pengertian, Manfaat Dan Tugasnya

Pengertian Pemasaran

Pemasaran merupakan proses untuk memberikan informasi terkait dengan produk atau layanan tertentu. Umumnya, pemasaran ini menjunjung konsep saling memberi. Baik konsumen maupun pihak pemasaran mendapatkan keuntungan berupa kepuasan masing-masing.

Pemasaran biasanya cenderung akan membahas produk secara lebih detail. Mereka akan membahas harga, spesifikasi lengkap, dan fungsi secara lengkap kepada konsumen. Goal utama pemasaran tidak hanya agar calon konsumen membeli produknya. Namun lebih memberikan informasi terbaik dan membangun brand awareness. Jadi suatu saat jika calon konsumen tersebut berminat dengan produk tersebut, mereka akan menghubungi pemasar tersebut.

Proses pemasaran ini memang memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Hubungan perusahaan dengan target konsumen juga akan terjalin dengan adanya proses pemasaran. Tugas tim pemasaran bukan mengkonversi ketertarikan calon konsumen menjadi transaksi jual beli.

Namun, tim pemasaran fokus mengenalkan produk atau layanan mereka secara mendalam kepada calon konsumen. Mereka juga memberikan informasi kegunaan produk dan bagaimana produk tersebut bisa bermanfaat untuk pelanggan. Nah, dalam dunia marketing, ada teknik pemasaran yang banyak digunakan di berbagai daerah. Teknik pemasaran tersebut adalah 4P (Product, Price, Place, dan Promotion)

Pengertian Penjualan

Penjualan merupakan aktivitas terjadinya transaksi produk atau layanan. Dengan kata lain, tim penjualan ini hanya fokus pada aktivitas penjualan saja. harapannya, penjualan bisa semakin banyak dan terus meningkat. Penjualan umumnya hanya mengurusi bagian penjualan tanpa memikirkan proses produksi.

Meski fokus pada penjualan, ada beberapa detail dalam prosesnya. Adapun detail dalam proses penjualan tersebut adalah struktur tim, target pasar, tujuan dan yang lainnya. Selain itu,  dalam realitanya, proses penjualan terkadang juga mempunyai kerangka tindakan, perangkat penjualan serta usaha penjualan untuk mendapatkan jangkauan pasar yang lebih besar.

Dengan kata lain, penjualan fokus pada target konsumen untuk mencapai transaksi. Jadi, semakin banyak orang yang membeli produk yang Anda jual. Anda bisa mengatakan bahwa penjualan Anda sukses. Memang tujuan penjualan meningkatkan intensitas penjualan. Hal tersebut berbeda dengan pemasaran yang mempunyai goal dalam jangka panjang. Hasil atau target penjualan tersebut biasanya akan dihitung per minggu atau per bulan.

Itulah mengapa tim penjualan biasanya  dituntut bekerja ekstra keras agar bisa mencapai target penjualan yang telah perusahaan tentukan. Untuk mencapai target tersebut, perusahaan biasanya juga akan mengatur bagian penjualan dengan maksimal. Hal ini sangat penting untuk menarik dan mempertahankan konsumen.

Hubungan Pemasaran dan Penjualan dalam Bisnis

Meski ada perbedaan pemasaran dan penjualan dalam beberapa hal. Keduanya merupakan bagian penting dalam bisnis. Kedua sektor tersebut harus berjalan beriringan untuk bisa mencapai target marketing perusahaan. Jika keduanya bisa berjalan dengan maksimal, maka perusahaan pun akan mendapatkan keuntungan yang signifikan. Ya, keduanya mempunyai misi untuk meningkatkan penjualan produk.

Agar tim pemasaran dan tim penjualan bisa bekerja maksimal tanpa saling bersinggungan. Perusahaan perlu membuat kesepakatan antara kedua tim tersebut. adapun beberapa kesepakatan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Membuat peraturan serta ketentuan dengan jelas dan mudah dipahami. Hal ini untuk mengantisipasi serta meminimalisir pertentangan antar keduanya dalam bagian tertentu.
  • Membuat program bersama dalam satu kesatuan tim. Program tersebut fokus pada peningkatan pemasaran dan penjualan produk perusahaan.
  • Membuat target sesuai dengan kesepakatan bersama. Selain itu, keduanya juga harus mencari solusi terhadap halangan dalam meningkatkan penjualan produk.
  •  Mengadakan rapat secara berkala dengan beragam agenda berkaitan dengan penjualan dan pemasaran. Salah satunya adalah membahas perencanaan, tindakan dan terobosan baru dalam memasarkan produk dan meningkatkan intensitas penjualan kepada konsumen.

Dengan kesepakatan di atas, penjualan dan pemasaran bisa berjalan beriringan tanpa adanya pertentangan satu sama lain. Keduanya mempunyai tugas masing-masing dan target masing-masing. Marketing perusahaan bisa berjalan dengan baik dan maksimal jika kedua tim tersebut saling koordinasi dan bekerja sama dengan baik.

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

Ada beberapa hal yang membedakan antara pemasaran dan penjualan. Adapun hal-hal yang membedakan keduanya adalah orientasi, proses, fokus, tujuan, dan jangka waktu. Untuk pembahasan lebih lengkapnya, Anda bisa simak berikut ini!

1. Orientasi

Tim pemasaran mempunyai orientasi utama berupa kepuasan dari calon konsumen maupun pelanggan. Dengan demikian, mereka akan melakukan pembelian kembali. Sementara itu, tim penjualan berorientasi pada menjaga produk serta bisnis yang mereka jual.

2. Proses

Selain orientasi, perbedaan pemasaran dan penjualan adalah dalam hal prosesnya. Pemasaran harus melalui riset terlebih dulu untuk bisa mengetahui apa yang menjadi kebutuhan pelanggan. Sementara itu, tim penjualan harus memastikan produksi barang terlebih dulu kemdian melakukan promosi jualan.

3. Fokus

Pemasaran mempunyai fokus pada kebutuhan pelanggan. Apa saja yang menjadi kebutuhan pelanggan dan bisa mereka penuhi dengan produk atau layanan jasa milik mereka. Sementara itu, penjualan berfokus pada produk-produk yang mereka jual kepada konsumen.

4. Tujuan

Tujuan pemasaran adalah mengenalkan produk kepada konsumen. Selain itu, pemasaran juga bertujuan membangun brand awareness kepada calon konsumen. Sementara itu, penjualan mempunyai tujuan untuk menarik perhatian konsumen dengan menawarkan produk yang dijual. Mereka akan “memaksa” konsumen untuk memikirkan produk yang mereka jual.

5. Jangka Waktu

Pemasaran membutuhkan jangka waktu yang panjang. Hal tersebut karena pemasaran fokus pada membangun loyalitas konsumen sehingga produk perusahaan akan terjaga dalam waktu yang lama. Sementara itu, penjualan mempunyai perencanaan jangka pendek.

Baca juga: Apakah Yang Dimaksud Dengan Pemasaran?

Penutup

Dengan pembahasan perbedaan pemasaran dan penjualan di atas, Anda bisa mengetahui apa itu pemasaran dan penjualan dengan detail. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui bagaimana hubungan keduanya dalam satu wadah bisnis. Keduanya dibutuhkan untuk meningkatkan marketing perusahaan secara keseluruhan. Namun demikian, keduanya juga mempunyai perbedaan dalam beberapa hal. Memahami antara pemasaran dan penjualan akan memudahkan Anda untuk fokus bagaimana cara menghasilkan cash tercepat dan termudah.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *