Pengertian Unique Selling Point dan Tujuannya

Pengertian Unique Selling Point dengan singkatan sama seperti Unique Selling Proposition. Ini merupakan salah satu teknik untuk membedakan produk Anda dengan produk serupa dari kompetitor dalam bidang bisnis tersebut.

Tujuan Penerapan dan Pengertian Unique Selling Point

USP merupakan faktor penting bagi Anda dalam bertahan di bidang bisnis. Apalagi di zaman yang serba canggih seperti ini, tentu akan membutuhkan strategi sangat kuat agar mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. Lalu, sebenarnya apa tujuan dari penerapan USP ini?

Baca Juga : Mengapa Wirausaha Harus Membuat Visi Dan Misi Ketika Hendak Memulai Usaha

1. Meningkatkan Penjualan

Pertama, tujuan unique selling point adalah untuk memberikan bantuan kepada Anda dalam meningkatkan penjualan. Dengan adanya teknik unique selling point, maka target pasar serta lokasi pemasaran menjadi lebih luas. Bahkan, konsumen pun bisa membantu perusahaan dalam memasarkan produk.
Asalkan, layanan yang perusahaan berikan pada konsumen tersebut memuaskan. Berikan berbagai keuntungan serta kelebihan berkaitan dengan produk. Bandingkan produk itu dengan produk serupa dari kompetitor. Kemudian, jelaskan mengapa calon pelanggan harus memiliki produk Anda.

2. Menonjolkan Keunggulan Produk

Seperti penjelasan sebelumnya, Anda bisa menonjolkan berbagai aspek seperti keunggulan, kualitas, serta harga yang bersaing dari produk kepada calon konsumen. Sebutkan berbagai kelebihan yang akan pembeli dapat jika membeli produk dari perusahaan Anda.
Apa yang membuat produk tersebut berbeda dari produk sejenis pada perusahaan kompetitor. Kemudian, berikan harga menggiurkan. Pancinglah pikiran calon konsumen mengenai patokan harga, misalkan angka seperti ini ..999. biasanya pembeli akan melihat angka di depannya.

3. Memudahkan Anda dalam Menarik Pelanggan Baru

Dengan memberikan pelayanan serta meyakinkan pelanggan mengenai produk Anda, tentu mereka akan merasa yakin ketika melakukan pembelian. Dalam melakukannya unique selling point, bisa menggunakan teknik persuasi secara sopan dan jangan terlalu memaksa. Tujuannya adalah agar konsumen tidak kesal.
Jika pelayanan yang perusahaan berikan memuaskan konsumen, maka besar kemungkinannya perusahaan bisa merekrut calon pelanggan baru. Dengan demikian, keberlangsungan sebuah bisnis dapat terus meningkat seiring berjalannya waktu dan omset yang Anda dapatkan pun cukup tinggi.

Baca Juga : Memulai Kuliner dengan Konsep Angkringan Lesehan yang Menjual

Kepuasaan secara Batin pada Konsumen

Menurut penjelasan sebelumnya unique selling point, kepuasan dari pelanggan merupakan sebuah prioritas utama dalam menjalankan bisnis, entah apapun bidangnya. Maka dari itu, Anda sebagai pelaku bisnis harus mengetahui apa itu kepuasaan secara batin dalam diri konsumen, berikut ini penjelasannya!

Pengertian Unique Selling Point dan Tujuannya
Pengertian Unique Selling Point dan Tujuannya

1. Kepuasan yang Berkaitan dengan Charity

Pertama adalah charity atau kegiatan amal untuk mendapatkan kepuasan batin di dalam diri konsumen. Memberikan penawaran donasi secara tidak langsung dari produk. Sebelum itu unique selling point, Anda bisa bekerjasama dengan beberapa yayasan, seperti pondok pesantren, rumah amal, dan lainnya.
Menyediakan produk yang mampu memberikan keuntungan sosial kepada konsumen. Misalnya, penentuan harga sekian, pelanggan bisa bersedekah secara langsung kepada orang membutuhkan. Dengan cara ini, pembeli biasanya akan tergugah hatinya untuk ikut serta dalam amal tersebut.

2. Kepuasan Batin dalam Healthy Lifestyle

Menonjolkan keuntungan yang bisa konsumen dapatkan ketika menggunakan produk tersebut. Misalnya, badan terasa lebih sehat, kebutuhan gizi terpenuhi, dan berbagai aspek lainnya yang berkaitan dengan tubuh. Pastikan untuk memberikan detail produk secara jelas terlebih dahulu.
Pahami juga kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi yang ada. Misalnya, saat masa pandemi seperti ini, tentu semua orang membutuhkan vitamin C. Anda bisa melakukan penjualan produk-produk yang mengandung vitamin C di dalamnya, kemudian gunakanlah teknik persuasi.

3. Kepuasaan Batin Berkaitan dengan Prestige

Selanjutnya unique selling point, berkaitan dengan rasa bangga yang dimiliki oleh konsumen ketika memiliki produk tersebut. Berikan pemahaman mengenai keunggulan dan manfaat pada barang itu. Efek apa yang bisa pelanggan dapatkan setelah memakai produk, apakah akan ada perubahan atau tidak.
Rasa bangga ini bukan hanya efek dari sebuah produk itu sendiri. Melainkan memunculkan pola pikir pada diri konsumen bahwa barang tersebut mampu bersaing juga bisa mereka pamerkan. Mereka akan merasa mewah serta elegan ketika memakai produk itu dan menampilkan kesan tersendiri.

4. Kepuasan Batin Karena Mampu Ikut Serta dalam Environmental Sustainability

Kelestarian lingkungan menjadi perhatian semua orang yang harus tetap terjaga. Apalagi di zaman sekarang, sudah banyak sekali pembaharuan lahan, sehingga lahan serapan air menjadi sedikit dan sempit. Tidak heran jika banyak terjadi sebuah bencana alam tak terduga dan membahayakan.
Dengan menciptakan sebuah produk yang mendukung gerakan dalam melindungi lingkungan dan alam, maka konsumen akan secara suka rela melakukan pembelian pada barang tersebut. memberikan wadah bagi semua orang untuk ikut serta dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.
Itu tadi penjelasan mengenai unique selling point yang bertujuan untuk meningkatkan mutu serta kredibilitas sebuah perusahaan di mata konsumen. Selain itu, Anda juga perlu mempertahankan dan memperbaiki kualitas produk agar mampu bersaing dengan kompetitor bisnis lainnya di masa depan.

Baca Juga : Kenapa Harus Mempelajari Pengertian Cross-Selling?

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.