Mungkin banyak dari kita yang penasaran apa yang dimaksud dengan pemasaran. Pemasaran merupakan salah satu proses penting dalam bisnis. Dalam praktiknya, pemasaran merupakan kegiatan yang terencana dari perusahaan. Semua dalam rangka untuk melakukan usaha-usaha memenuhi permintaan pasar. Pemasaran ini merupakan proses untuk meningkatkan intensitas penjualan perusahaan semaksimal mungkin. Dengan demikian, keuntungan perusahaan akan naik dengan signifikan.

Nah, apa yang dimaksud dengan pemasaran? Pemasaran merupakan kegiatan penting dalam perusahaan dalam mengenalkan produk atau layanan jasa kepada calon konsumen. Dengan pemasaran yang baik, maka semakin banyak masyarakat yang akan mengenal dengan produk tersebut. Mereka pun akan menyadari kegunaan produk tersebut untuk mendukung kehidupan sehari-hari.

Pengertian Pemasaran

Apakah yang dimaksud dengan pemasaran? Pemasaran adalah aktivitas perusahaan dalam rangka untuk memperkenalkan, mempromosikan produk tertentu pada target market tertentu.

Dalam pelaksanaannya, pemasaran membutuhkan beberapa fungsi agar bisa maksimal, seperti keahlian, sumber daya, dan fungsi lainnya. Kombinasi fungsi-fungsi tersebut  akan membuat pemasaran berjalan dengan baik.

Dalam proses pemasaran juga mencakup beberapa hal, yakni: promosi, penjualan dan pengiriman produk kepada pelanggan.  Agar pemasaran tersebut berjalan dengan baik, maka perusahaan membutuhkan strategi pemasaran agar bisa maksimal kinerjanya.

Itulah mengapa banyak perusahaan yang melibatkan artis, publik figur, maupun tokoh-tokoh untuk membantu memasarkan produk mereka. Cara ini merupakan cara yang sudah ada sejak dulu dan masih efektif hingga saat ini.

Sebagai contoh, dalam pemasaran produk kosmetik. Perusahaan pastinya akan menggunakan model iklan seorang wanita terkenal, bisa dari kalangan artis, selebgram, atau olahragawan yang mempunyai paras ayu dan menawan. Namun perlu Anda tahu, pemasaran bukan hanya berkutat pada aktivitas periklanan saja.

Pemasaran juga memperhatikan beberapa hal lain. Salah satunya adalah kemasan produk yang juga masuk dalam strategi pemasaran. Semakin menarik produk kemasan, maka semakin banyak pula yang potensi produk terjual secara signifikan.

Baca juga: Marketing Communication Adalah. Pengertian, Manfaat Dan Tugasnya

Jenis-Jenis Pemasaran

Setelah Anda mengetahui apa pengertian pemasaran, selanjutnya kita akan membahas jenis-jenis pemasaran yang perlu Anda ketahui. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis pemasaran yang hingga saat ini masih banyak orang gunakan:

Branding

Jenis pemasaran yang pertama adalah branding atau membuat nama produk mudah orang kenal. Tentu saja setiap produk tersebut mempunyai target pasarnya masing-masing. Nah, dengan adanya branding ini, maka produk akan lebih cepat dan mudah orang kenali. Jenis pemasaran ini mempunyai tujuan sebagai iklan produk dalam jangka yang panjang. Selain branding, jenis pemasaran ini juga terdiri dari beberapa bagian seperti nama, logo, slogan, dan yang lainnya.

Iklan

Selain branding, jenis pemasaran selanjutnya adalah iklan. Bisa dikatakan bahwa iklan merupakan media promosi yang paling ampuh dan banyak digunakan. Jika berbicara kaitannya dengan iklan, ada beberapa media, seperti radio, koran, televisi, billboard, hingga media daring.

Meski cukup efektif untuk mengenalkan produk kepada banyak orang di berbagai wilayah, Anda juga harus mengeluarkan uang cukup banyak untuk membayar iklan. Iklan umumnya mempunyai jangka waktu tertentu. Setiap media iklan juga berbeda dalam biayanya. Iklan di TV merupakan yang paling efektif namun biaya yang harus Anda keluarkan juga cukup tinggi.

Multilevel Marketing (MLM)

Setiap kita mendengar kata MLM, Anda mungkin akan berpikir pada kasus penipuan atau investasi bodong. Padahal MLM merupakan salah satu jenis pemasaran yang juga digunakan oleh banyak perusahaan. Tidak semua MLM itu buruk. Dalam  MLM, pemasaran produk dilakukan secara langsung dan melibatkan banyak orang. Perusahaan merekrut banyak anggota untuk menjadi penjual maupun tim pemasaran untuk produk-produk tertentu.

Pemasaran Online atau Internet

Jenis pemasaran selanjutnya adalah pemasaran online atau menggunakan internet. Ini merupakan jenis pemasaran yang sedang booming beberapa tahun terakhir. Banyak pengusaha mulai dari UMKM hingga perusahaan besar memanfaatkan internet sebagai media untuk mengenalkan produk mereka kepada masyarakat luas.

Di era modern ini, hampir semua orang sudah mempunyai perangkat ponsel masing-masing yang tersambung dengan koneksi internet. Oleh karena itu, pemasaran lewat internet merupakan solusi terkini yang juga terbukti ampuh untuk membentuk kesadaran masyarakat akan suatu produk.

Ada beberapa metode yang bisa Anda pilih terkait dengan pemasaran online ini seperti: website, email dan iklan internet. Anda bisa memilih jenis pemasaran online tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan algoritma yang canggih, Anda bisa membuat target konsumen khusus berdasarkan pada umur, cakupan wilayah hingga jenis kelamin untuk pemasaran online. Sangat keren bukan?

Word of Mouth Marketing

Jenis pemasaran ini juga cukup efektif untuk mengenalkan produk kepada banyak orang. Hanya saja cakupan metode ini tidak seluas jenis-jenis pemasaran lainnya. Dalam bahasa Indonesia, metode pemasaran ini juga dikenal dengan pemasaran mulut ke mulut.

Umumnya, ada konsumen yang telah mencoba produk tertentu dan mereka puas dengan kualitasnya. Maka, mereka akan menceritakan dan merekomendasikan produk tersebut kepada teman atau sahabat mereka. Dengan demikian, orang yang mendapatkan informasi tersebut tertarik juga untuk membeli produk tersebut. Orang tersebut tertarik karena mendapatkan testimoni langsung dari pemakai produk.

Produk ini memang sangat efektif untuk meningkatkan intensitas penjualan produk. Namun untuk mendapatkan metode pemasaran ini juga tidak mudah. Anda harus memastikan bahwa produk yang Anda jual tersebut berkualitas. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Dengan demikian, konsumen akan puas dan memberikan rekomendasi kepada orang lain.

Apa fungsi Pemasaran?

Pemasaran mempunyai fungsi yang vital dalam perusahaan. Jika tim pemasaran bekerja secara maksimal, potensi keuntungan yang akan perusahaan peroleh akan semakin tinggi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah fungsi pemasaran dalam bisnis:

Meningkatkan penjualan

Salah satu fungsi pemasaran adalah meningkatkan penjualan produk atau layanan jasa tertentu. Dengan pemasaran yang baik, maka laba perusahaan pun juga akan semakin meningkat. Semakin banyak dan bagus kualitas pemasarannya, maka peluang mendapatkan keuntungan pun juga terbuka lebar.

Mengenalkan Produk

Selain meningkatkan penjualan, pemasaran juga mempunyai fungsi untuk mengenalkan produk serta membangun brand awareness. Jika perusahaan melakukan pemasaran, maka semakin banyak pula orang yang akan mengenal produk yang Anda jual tersebut. Dengan kata lain, produk tersebut juga akan semakin mudah dikenal oleh konsumen.

Riset

Pemasaran juga mempunyai fungsi sebagai riset pasar. Dengan melakukan promosi, Anda akan mengetahui kondisi pasar, khususnya target pasar, produk yang laris di pasaran dan masih banyak lainnnya.

Kompetisi

Fungsi pemasaran adalah sebagai sarana untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor. Ya, dengan pemasaran, perusahan harus berusaha maksimal memberikan produk terbaik agar bisa bersaing dengan perusahaan lainnya. 

Baca juga: 4 Perbedaan Sales Dan Marketing. Terakhir Paling Vital

Penutup

Dalam artikel ini penulis telah menyajikan apa yang dimaksud dengan pemasaran? Pemasaran merupakan aktivitas mengenalkan produk kepada masyarakat secara luas. Pemasaran merupakan bagian penting dalam perusahaan. Dengan pemasaran yang baik, maka potensi penjualan pun juga akan naik secara signifikan. Selain itu, laba perusahaan juga akan semakin meningkat.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *