5 Cara Mencegah Pembajakan Wifi Agar Tidak Bisa di Scan Barcode

Tentu saja menyebalkan sekali pada saat sedang asyik menggunakan WiFi tiba-tiba koneksinya menjadi lemot karena ada ikut yang memakai secara diam-diam. Jika mengalami masalah ini maka perlu menggunakan cara agar wifi tidak bisa di scan barcode. Ini adalah cara yang ampuh untuk bisa menghindari pencurian jaringan WiFi.

Baja Juga : Pengertian Social Signal dan Fungsinya untuk Website

5 Cara Mencegah Pembajakan Wifi Agar Tidak Bisa di Scan Barcode
5 Cara Mencegah Pembajakan Wifi Agar Tidak Bisa di Scan Barcode

Pada dasarnya, jaringan WiFi  sangat mengandalkan keamanan dari wpa2-PSK supaya tetap dapat di scan. Para penggunanya tidak hanya harus mengandalkan router saja untuk mengatasi masalah ini. Bisa dikatakan bahwa salah satu cara agar wifi tidak dapat di scan barcode adalah dengan menggunakan bantuan mikrotik. Berikut ini adalah caranya:

1. Mengatur Setting Mikrotik

Pertama salah satu cara agar wifi tidak dapat di scan barcode ini dari mikrotik sebenarnya sudah ada pengaturan umum yang sudah diterapkan. Akan tetapi terkadang pengaturan tersebut tidak sesuai dengan tujuan kegunaannya. Oleh karena itu, para pengguna harus tetap melakukan setting ulang terlebih dahulu. Buatlah topologi untuk jaringan yang akan digunakan.

Hal tersebut dilakukan supaya para pengguna mempunyai bayangan yang cukup jelas tentang apa yang harus dilakukan. Format topologi ini bisa digunakan untuk berbagai macam jaringan. Misalnya saja hotspot di tempat umum, cafe, kantor dan sebagainya. Desain dan juga instruksi dari topologi tersebut bisa menyesuaikan dengan kondisi di area pemasangan, setting ulang atau reset. Buat topologi jaringan yang akan digunakan.

2. Melakukan Pengaturan IP Address

Cara Agar Wifi Tidak Bisa di Scan Barcode yang kedua ini menggunakan IP  Address merupakan sebuah identitas yang biasanya berisi angka biner. Alamat tersebut digunakan sebagai penghubung dari suatu jaringan supaya perangkat bisa dengan mudah teridentifikasi. Setelah itu bisa menggunakan winbox.

Para pengguna harus lebih dahulu mengunduh aplikasi ini. Nah itu baru melakukan login ke mikrotik pada winbox dengan cara mengosongkan passwordnya. Selanjutnya, klik remove configuration yang akan mengatur reset bawaan. Barulah bisa masuk ke alamat IP.

3. Menyambungkan Dengan Modem

Cara agar wifi tidak bisa di scan barcode adalah dengan menghubungkan modem yang sudah terhubung dengan jaringan ke Port satu penghubung koneksi internet. Pada setiap perangkat yang sudah terhubung dengan internet pasti memerlukan mikrotik dengan default gateway. Setelah itu, copy paste script pada New terminal.

4. Menambahkan DNS

Langkah selanjutnya adalah dengan mengaktifkan DNS server yang terdapat pada mikrotik. Ini merupakan akan terarah pada halaman login. Para pengguna bisa menggunakannya lalui Google maupun DNS yang lain.

Contohnya DNS Nawala. Ini banyak digunakan cara agar wifi tidak bisa di scan barcode untuk memblokir berbagai konten negatif. Ini menjadi salah satu DNS yang bagus dan sangat recommended untuk digunakan. Sudah banyak para pengguna aplikasi ini.

5. Membuat Username dan Password

Langkah terakhir cara agar wifi tidak bisa di scan barcode adalah dengan membuat username dan password. Ini digunakan untuk user. Ini akan muncul berbagai notifikasi untuk memberitahukan bahwa settingan sudah berhasil atau belum. Dicoba ini dilakukan dengan cara login pada halaman yang sudah disediakan.

Jika para pengguna akan mengganti password, apakah bisa masuk ke dalam menu system kemudian klik lah user. Selanjutnya, klik pada user admin mikrotik sebanyak 2 kali dan pilih password. Masukkan password pada kolom yang tersedia proses penggantian password pun selesai.

Demikianlah beberapa cara agar wifi tidak bisa di scan barcode. Dengan menggunakan cara ini maka WiFi tidak bisa dibobol. Selain itu, para penggunanya juga bisa mengelola Jaringan yang akan digunakan. Ini termasuk juga memblokir akses yang masuk.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Kaca Hp Retak dengan Mudah 

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.