Perusahaan berdiri dalam rangka untuk menghasilkan profit hingga bisa dikonversi menjadi cash.  Untuk menghasilkan cash, tentu harus ada sesuatu yang dijual. Maka, produk menjadi salah satu magnet untuk mendatangkan profit hingga berubah jadi cash.  Produk yang bagus dan berkualitas belum tentu bisa diterima oleh target market. Maka, perlu memahami strategi dan tujuan komunikasi pemasaran yang efektif dan efisien.

Komunikasi pemasaran yang tepat akan meningkatkan brand awareness perusahaan.  Sehingga produk mudah  mengalami penetrasi,  mudah diterima target market dan segera berubah menjadi cash.

Tanpa adanya marketing yang lincah dan kerja keras, maka perusahaan tak bisa menghasilkan omset dalam jumlah besar. Memaksimalkan fungsi pemasaran merupakan salah satu strategi marketing yang cerdas dan berkelas.

Salah satu fungsi pemasran asdalah membangun komunikasi yang efektif dan efisien dengan calon pelanggan. Mau tahu apa tujuan komunikasi pemasaran? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Inilah beberapa tujuan komunikasi pemasaran:

1. Membangun Koneksi yang Kuat

Perusahaan perlu membangun koneksi yang kuat untuk menyentuh konsumen. Proses membangun koneksi ini bisa melalui strategi komunikasi yang tepat. Salah satunya menggunakan media digital. Mulai dari website yang profesional, akun sosial media yang teroptimasi. Facebook Instagram Tik Tok.

Dalam rangka untuk mempercepat penyebaran informasi produk pada target market.  Semakin cepat orang mengenal produk, benefit dan manfaatnya, maka semakin besar potensi perusahaan memperoleh laba melalui penjualan.

Bisa juga menggunakan media offline.  Seperti membuat baliho,  banner, iklan di radio dan lain sebagainya.  Semua baik ini dalam rangka untuk meningkatkan brand awareness perusahaan. Sehingga produk mudah diterima oleh pasar.

Baca juga: Marketing Communication Adalah. Pengertian, Manfaat Dan Tugasnya

2. Melakukan Edukasi Tepat Sasaran

Edukasi merupakan langkah-langkah yang tepat untuk mendekati target market. Harga yang tinggi bisa dilakukan dengan mengadakan sebuah event pameran di tempat-tempat ramai dan terbuka.  Sehingga orang akan minat dan tertarik untuk datang, mengenal dan memahami produk.

Dalam even ini, perusahaan bisa memberikan harga khusus diskon. Sehingga orang yang datang tertarik untuk membeli. Tujuan utamanya bukan sekedar mengumpulkan profit (laba) tetapi supaya masyarakat mengenal produk, merasakan benefit dan manfaatnya.  Sehingga mereka bisa memberikan testimonial yang tepat.

3. Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan

Secara tak langsung ketika komunikasi pemasaran berjalan efektif dan efisien, Maka omset perusahaan akan meningkat secara drastis. Target market dan masyarakat mengenal produk, mereka akan mampu membedakan dengan produk sejenis dan. Dan kabar baiknya, mereka mau merekomendasikannya pada sahabat, teman dan saudara mereka secara sukarela. Saat omset perusahaan Anda meningkat, maka Anda berpeluang untuk menjual lebih cepat lebih mahal dan lebih banyak.

4. Meningkatkan Penjualan Produk

Komunikasi pemasaran yang terjalin dengan baik akan meningkatkan volume penjualan produk.  Baik pada ranah online ataupun offline.  Banyak orang yang tak peduli dengan produk bukan berarti produk Anda tak bagus dan kurang berkualitas. Sering terjadi orang tak mau mencoba produk karena mereka belum mengenal.  Ibarat pepatah mengatakan “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Maka tugas utama tim komunikasi pemasaran adalah mengenalkan produk pada masyarakat sekitar yang jadi target market. Komunikasi yang terbangun secara kontinu akan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap brand perusahaan. Sehingga akan berujung pada meningkatnya penjualan produk dalam jangka panjang.

5. Meningkatkan Pelayanan Prima

Salah satu manfaat melakukan komunikasi pemasaran adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pada dasarnya, setiap orang mempunyai kebutuhan tetapi tak banyak orang yang mau dijualin. Mereka mau membeli tetapi mereka tak mau terlalu memperoleh penawaran yang melebihi realitas yang sesungguhnya.

Maka untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli, kita bisa melakukan sesuatu yang menarik dan berkesan bagi mereka. Salah satunya adalah memberikan pelayanan terbaik. Memberikan senyuman yang tulus. Dan membantu mereka sepenuh hati. Tindakan sederhana ini berpeluang yang menciptakan konsumen yang loyal dalam jangka panjang.

Pelayanan adalah nilai (value) yang terlihat sepele tapi efeknya luar biasa. Banyak orang membeli lagi dan lagi karena mereka merasa terlayani dengan baik. Bila ada 2 penjual yang produknya sama, harga berbeda. Satunya menjual dengan harga murah tapi pelayanan biasa saja. Penjual satunya menjual dengan harga lebih mahal tapi dia memberikan pelayanan dan purna jual yang baik.

Maka, pembeli rata-rata akan memilih membeli pada penjual ke dua. Mereka mau membeli produk dengan harga sedikit lebih mahal tapi mereka mendapatkan pelayanan terbaik sehingga mereka merasa puas. Dari pada membeli produk dengan harga murah tapi tak mendapatkan pelayanan.

6. Mengetahui Kebutuhan Konsumen

satu hal yang perlu diketahui oleh tim pemasaran adalah mengetahui apa kebutuhan konsumen.  Sehingga tim pemasaran bisa menyiapkan konten edukasi yang bisa memuaskan mereka.  Saat mereka merasa puas, maka mereka akan merasa loyal.  Saat mereka loyal, maka mereka akan memanfaatkan dan menggunakan produk Anda.  Lebih dari itu,  mereka berpeluang untuk mempromosikan produk Anda secara gratis metode dari mulut ke mulut.

Mengukur seberapa besar keunggulan kompetitor

Komunikasi pemasaran bermanfaat untuk mengukur seberapa besar keunggulan komputer kita.  Sehingga kita bisa menambahkan keunggulan itu pada produk kita.  Sehingga produk kita memiliki keunggulan dan kelebihan yang tak dimiliki oleh kompetitor.

7. Menciptakan Hubungan yang Baik Dengan Konsumen

Perusahaan perlu membina hubungan baik dengan konsumen. Salah satunya menggunakan strategi komunikasi yang efektif dan efisien.  Saat ada keluhan konsumen, perusahaan perlu segera mengambil tindakan nyata. Misalnya saja dengan meminta maaf, mengganti produk yang rusak dan melakukan evaluasi. Kita berharap kejadian seperti ini tak akan terulang tak akan terjadi lagi.

8. Memberikan Informasi Yang Mendidik

Komunikasi pemasaran merupakan tim strategis perusahaan yang bertugas untuk memberikan edukasi informasi yang tepat pada calon konsumen dan konsumen.  Sehingga antara perusahaan dan konsumen memiliki hubungan emosional yang kuat.

9. Mempersiapkan Produk yang Benar-benar Dibutuhkan Konsumen

Tim komunikasi pemasaran perlu menggali produk apa yang benar-benar konsumen butuhkan.  Sehingga produk apapun yang  produsen siapkan benar-benar bisa terserap oleh pasar.  Tanpa melakukan riset maka perusahaan berpeluang hasilkan produk yang bagus dan berkualitas tapi tidak banyak orang butuhkan. Ujung-ujungnya tak ada yang beli. Produk menumpuk di gudang.  Kerugian besar penghantui perusahaan.

10. Melakukan identifikasi konsumen

Salah satu tugas berat seorang komunikasi pemasaran. Adalah mengidentifikasi konsumen. Mereka perlu menggali apa saja kebutuhan mereka. Faktor apa saja yang mempengaruhi seseorang untuk membeli. Juga perlu menggali apa saja faktor yang membuat mereka tak jadi membeli. Sehingga produk yang dihasilkan benar-benar bisa memenuhi ekspektasi pembeli.

11. Sarana Melakukan Evaluasi

Evaluasi merupakan salah satu kegiatan yang penting tim komunikasi pemasaran.  Evaluasi penting untuk menemukan kelemahan produk, kelemahan pemasaran dan apa yang pembeli inginkan. Sehingga perusahaan bisa menyiapkan produk yang benar-benar konsumen butuhkan.

Baca Juga : Berikut ini 7 Cara Memindahkan Tanda Tangan ke Word Secara Offline Termudah

Penutup

Ada banyak tujuan komunikasi pemasaran. Penulis telah menyajikan informasi tentang tujuan informasi pemasaran dalam artikel ini. Komunikasi pemasaran yang tepat akan meningkatkan brand awareness perusahaan jangka panjang. Sehingga omset akan meningkat secara drastis. Perusahaan yang profesional pasti merekrut seseorang yang ahli pada bidang pemasaran yang Andal.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.