5 Cara Agar Video Tiktok Jernih Ketika Diunggah

Siapa yang tidak mengenal aplikasi Tiktok yang sedang hits belakangan ini. Aplikasi ini menyajikan video berdurasi singkat yang dapat diunduh dan ditonton oleh penggunanya. Namun, terkadang pengguna kurang nyaman dengan kualitas video yang buruk karena kesalahan pengunggahnya sendiri. Oleh karena itu, pengunggah video Tiktok perlu mengetahui cara agar video tiktok terlihat jernih.

Kualitas video yang buruk biasanya disebabkan oleh dua hal, yaitu dari penonton dan pengunggah video. Penonton kadang mengaktifkan penghemat data atau jaringan yang digunakan kurang stabil. Sedangkan pengunggah kurang memperhatikan video sebelum diunggah. Untuk menghindarinya, berikut cara agar video Tiktok terlihat jernih bagi pengunggah sebelum membagikannya.

Baca Juga : Cara Termudah Scan Qr Code Tanpa Aplikasi

1. Mengatur Mode Hemat Data

Cara yang pertama agar video tiktok terlihat jernih ketika sudah di upload adalah mengatur mode hemat data seluler. Ketika fitur ini diaktifkan, bukan hanya penonton saja yang akan merasakan kualitas video yang beresolusi rendah. Pengunggah video pun akan mengalami hal yang sama.

Mengatur Mode Hemat Data
Mengatur Mode Hemat Data

Saat video di unggah dan mode hemat data dalam keadaan aktif dapat mengakibatkan kualitas yang buruk. Hal ini tentu dapat berpengaruh pada jumlah penonton karena buruknya kualitas video yang dilihat. Untuk menghindari hal seperti ini, cukup buka setelan pada aplikasi Tiktok dan matikan mode hemat data sebelum mengunggah video.

2. Perbaiki Cara Merekam

Cara selanjutnya adalah dengan memperbaiki proses perekaman video. Hal ini harus diperhatikan benar oleh konten kreator saat merekam video pada Tiktok. Pastikan pencahayaan yang pas saat proses perekaman berlangsung.

Perbaiki Cara Merekam
Perbaiki Cara Merekam

Untuk menentukan pencahayaan yang pas bisa dilakukan dengan mencari tempat yang disinari matahari dengan baik. Apabila rekaman video harus dilakukan di ruang tertutup pastikan cahaya yang ditangkap kamera cukup jernih untuk dilihat. Cara terbaik agar video tiktok terlihat jernih rekaman video menjadi lebih baik adalah dengan menggunakan bantuan orang yang ahli untuk merekam dan menentukan pencahayaan yang pas.

3. Gunakan Filter

Yang ketiga, cara agar video Tiktok terlihat jernih adalah menggunakan filter yang tersedia pada Tiktok. Apabila video yang akan diunggah sudah terlihat bagus, pengunggah perlu melakukan proses editing agar hasilnya lebih bagus lagi.

Gunakan Filter
Gunakan Filter

Sebelum mengunggah video, coba gunakan filter yang pasti tersedia banyak pada aplikasi. Proses editing dengan filter ini dapat membantu kualitas video agar lebih tajam dan jernih. Para konten kreator dapat memilih salah satu filter yang disediakan pada aplikasi Tiktok. Gunakan filter yang cocok agar video semakin menarik dan tentunya berkualitas jernih.

4. Aktifkan Setelan HD

Cara agar video Tiktok terlihat jernih ke empat ini ialah tentu tidak asing dengan sebutan HD bukan? Ya, HD memiliki arti bahwa suatu foto atau video dapat diubah agar berkualitas tinggi. Dengan melakukan pengaturan ini, video yang diunggah akan jauh lebih jernih dan pastinya tidak buram.

Aktifkan Setelan HD
Aktifkan Setelan HD

Sebelum mengunggahnya, cobalah untuk mengaturnya dengan memilih opsi berikutnya dan masuk setelan. Pengunggah dapat memberi hashtag atau konfigurasi lainnya sebelum mengirim video. Agar setelan ini dapat terpasang secara default, pilihlah opsi lainnya dan pilih unggah HD. Secara otomatis, video yang akan diunggah memiliki resolusi yang bagus.

Baca Juga : Beberapa Cara Agar Kuota Tidak Cepat Habis Pada Android

5. Gunakan Aplikasi Bantuan

Cara terakhir agar video Tiktok terlihat jernih saat diunggah adalah menggunakan aplikasi bantuan atau aplikasi pihak ketiga. Apabila video terasa masih kurang jernih, coba gunakan aplikasi bantuan untuk mengeditnya lebih lanjut.

Gunakan Aplikasi Bantuan
Gunakan Aplikasi Bantuan

Aplikasi-aplikasi ini tersedia banyak di berbagai platform. Cobalah untuk mencarinya dan pilih aplikasi yang dianggap dapat digunakan secara maksimal untuk mengedit video Tiktok yang akan diunggah. Aplikasinya antara lain Inshot, Kinemaster Pro, dan Vizmato.

Demikian 5 cara agar video Tiktok terlihat jernih saat diunggah pada aplikasi Tiktok. Dengan cara-cara di atas, para konten kreator khususnya pemula dapat mengunggah konten yang lebih berkualitas dan tentunya tidak sembarangan.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.