Memahami Perbedaan Backlink Dofollow Dan Nofollow

Backlink merupakan salah satu faktor penting dalam SEO. Secara umum, backlink berarti menaruh tautan link pada sebuah web maupun blog untuk nanti diarahkan ke web utama. Kegiatan ini dikenal dengan istilah link building. Sangat penting mengetahui dan memahami jenis-jenis backlink dalam proses link building karena hal tersebut bisa memengaruhi kualitas backlink yang akan didapat. Ada dua jenis backlink yaitu Dofollow dan Nofollow.

Kita akan membahas apa itu Backlink Dofollow dan Backlink Nofollow beserta perbedaannya dalam artikel ini. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah sampai selesai

Memahami Perbedaan Backlink Dofollow Dan Nofollow
Memahami Perbedaan Backlink Dofollow Dan Nofollow

Baca Juga : Cara Mengubah Backlink Nofollow Menjadi Dofollow

Apa itu backlink Dofollow?

Backlink dofollow adalah semua tautan link yang memberikan ijin kepada mesin pencari Google untuk menelusuri dan mengindek link tersebut yang terpasang di web orang lain. Apabila ada sebuah link berjenis backlink dofollow pada postingan artikel web yang mengarah ke situs web lain, maka Google secara otomatis akan langsung mengikuti tautan link itu tanpa melakukan konfigurasi lebih lanjut. Oleh sebabnya, backlink dofollow sering digunakan oleh sebagian banyak blogger dan hampir semua web-web berita untuk mendorong posisi halaman web mereka berada di urutan paling atas pada hasil pencarian.

Apa itu Backlink Nofollow?

Backlink nofollow merupakan link yang menjadi bagian dari HTML yang mana akan memberikan kode kepada Google dan mesin pencari lain agar mengabaikan link tertentu. Memang kualitas dari backlink nofollow kurang bagus tetapi backlink nofollow berguna sebagai penyeimbang backlink dofollow. Apabila terlalu banyak backlink dofollow pada sebuah web, maka Google akan menganggap hal itu sebagai tindakan spamming dan membuat web tidak dapat bersaing di mesin pencari.

Perbedaan Backlink Dofollow Dan Backlink Nofollow

Salah satu cara supaya bisa memahami perbedaan antara backlink dofollow dan nofollow adalah dengan melihat perbedaan pada segi manfaatnya. Berikut perbedaan backlink dofollow dan nofollow dari sisi kelebihan serta kekurangannya.

1. Backlink Dofollow Berfungsi Jangka Panjang

Berbeda dengan backlink nofollow yang tidak mempunyai nilai di mata Google. Backlink dofollow merupakan backlink yang sudah pasti akan terindeks langsung oleh Google, hal ini menjadikan jenis backlink dofollow mampi memberikan keuntungan jangka panjang.

2. Backlink Dofollow Mendongkrak Trafik

Backlink dofollow merupakan link default yang bisa meningkatkan trafik kunjingam ke situs web lebih cepat dan mudah. Namun bukan berarti backlink nofollow tidak ikut berkontribusi dalam peningkatan trafik halaman web ya. Backlink nofollow dapat menyeimbangkan backlink dofollow agar backlink yang dimiliki sebuah web terlihat natural. Hal ini bisa membantu perkembangan web kita di mesin pencari, karena Google lebih menyukai pencarian manual dari pada melalui backlink dofollow.

3. Backlink Dofollow Meningkatkan Kredibilitas

Selanjutnya, backlink dofollow adalah backlink yang dapat terindeks Google dengan cepat. Tentu ini akan meningkatkan peringkat web supaya bisa berada di halaman pertama paling atas hasil pencarian. Hal tersebut juga bisa memberi dampak pada peningkatan kredibilitas sebuah web. Saat ada pengguna internet membaca artikel di web yang diberi backlink dofollow mengarah ke situs web kita, maka akan ada peluang sangat bagus kalau mereka mengklik backlink itu untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang ada di backlink dofollow tersebut. Dengan peluang seperti itu bisa meningkatkan hubungan antar situs web yang berkualitas.

4. Backlink Nofollow Mengurangi Spam

Adanya backlink nofollow bisa membuat jaringan internet terlindungi dari banyaknya spam yang mengurangi kualitas dari sebuah web maupun blog. Beberapa contoh backlink nofollow yang sering dimanfaatkan untuk penyeimbang antara lain link komentar, link review, dan link program afiliasi.

5. Perbedaan Penerapan Dan Struktur Kode Penulisan

Untuk struktur kode html backlink dofollow sebenarnya sudah tersedia otomatis jika menggunakan platform online blogger ataupun wordpress, sehingga kita tidak perlu membuat dan mengatur struktur html sampai ke akarnya. Contoh struktur kode penulisan backlink dofollow yaitu <a href=”masukkan url” rel=”Dofollow”>TEXT</a>. Sedangkan contoh untuk backlink nofollow seperti <a href=”masukkan url” rel=”Nofollow”>TEXT</a>.

Baca Juga : Pengaruh Internal Link Dan Eksternal Link Dalam SEO

Berikan jenis backlink nofollow juga ketika ingin memberikan backlink dofollow pada artikel web yang mengarah ke web utama kita agar halaman web tetap stabil. Jika melihat tampilan webnya memang tidak ada yang berbeda antara memakai backlink dofollow dan nofollow, tetapi di mata mesin pencari jelas ada perbedaannya. Baik backlink dofollow maupun nofollow keduanya bertujuan untuk mengarahkan pengunjung web yang ditanami backlink ke web kita.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa backlink dofollow adalah kumpulan link yang mempunyai nilai backlink di mesin pencari Google. Sedangkan backlink nofollow tidak mempunyai nilai sama sekali di Google. Meskipun begitu, kedua jenis backlink tersebut dapat memberi manfaat yang baik untuk sebuah web. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk memberikan pemahaman terkait backlink dofollow dan nofollow.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.