Perusahaan pemroduksi barang tujuan utamanya untuk menghasilkan cash. Ada proses sistematis dari produk hingga jadi cash. Mulai dari marketing, pemasaran dan distribusi. Salah satu bagian penting marketing adalah marketing communication. Apakah marketing communicaion itu? Marketing communication adalah tim khusus yang bertugas membangun komunikasi efektif dengan target market yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Marketing communication dikenal juga dengan istilah komunikasi pemasaran. Mereka adalah orang-orang yang terpilih untuk membantu divisi pemasaran membangun jembatan komunikasi dengan calon pembeli hingga mereka mau membeli, memakai dan akhirnya jadi konsumen loyal.

Pengertian Marketing Communication

Salah satu bagian penting divisi marketing adalah marketing communication. Apakah marketing communication itu?  Menurut bahasa marketing communication artinya komunikasi pemasaran.  Yaitu aktivitas atau kegiatan perusahaan yang bertujuan untuk Membantu memenuhi kebutuhan konsumen sehingga mereka akan loyal menggunakan produk perusahaan.

Pengertian Marketing Komunikasi Menurut Para Ahli

Apa itu marketing komunikasi Menurut Para Ahli?  Ada beberapa pengertian marketing komunikasi menurut para ahli. Mereka adalah:

Philip kotler (1997).  Ia mendefinisikan bahwa marketing adalah proses sosial manajerial yang berupa kelompok atau individu. Semua dalam rangka untuk  menciptakan penawaran atau menukarkannya dengan produk yang punya nilai dengan pihak lain.

Sedangkan Wikipedia mendefinisikan marketing communication sebagai rangkaian aktivitas, proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan pertukaran sesuatu yang bernilai bagi pelanggan mitra, klien dan masyarakat secara umum.

Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan marketing sebagai sebuah cara, proses pembuatan, pemasaran produk dagangan.  Inti dari marketing adalah menyebarluaskan produk ke masyarakat luas.

Morrisan  mendefinisikan marketing communication sebagai sebuah proses pengembangan hubungan perusahaan dengan konsumen dengan cara melakukan pengamatan kebutuhan dan Keinginan mereka. Dilanjutkan dengan pengembangan produk untuk membantu memuaskan kebutuhan konsumen dengan memberikan penawaran harga tertentu, melakukan distribusi secara masif.

Baca juga: 4 Perbedaan Sales Dan Marketing. Terakhir Paling Vital

Manfaat Marketing Kommunication

Divisi marketing menghadirkan marketing komunikasi dalam rangka untuk membantu menyukseskan kinerja divisi marketing. Ada beberapa manfaat komunikasi pemasaran bagi sebuah produk bisnis. Antara lain:

Membantu Proses Pembuatan Kerangka Komunikasi

Pemasaran merupakan ujung tombak perusahaan. Komunikasi pemasaran adalah proses membangun komunikasi produk dengan target market yang tepat.  Maka, agar calon pembeli mengetahui produk, spesifikasi, kualitas dan bahannya, perusahaan perlu membangun komunikasi lebih lanjut dengan target market yang tepat.

Komunikasi yang terbangun dengan baik akan memudahkan konsumen Untuk menjangkau produk. Sehingga mereka berpotensi untuk membeli produk ini di manapun mereka berada.

Memahami Latar Belakang Produk Lebih Baik Lagi

Divisi marketing komunikasi perlu memahami latar belakang produk secara mendalam. Tujuan utamanya agar mampu mengkomunikasikan produk dengan target market secara tepat. Sehingga tak akan terjadi miskomunikasi antara pihak manajemen, produk dan calon pembeli (customer).

Membuat Alur Komunikasi Lancar Tanpa Kendala

Komunikasi pemasaran yang baik akan menghasilkan alur komunikasi marketing dan promosi yang lancar tanpa kendali. Sehingga promosi perusahaan bisa menjangkau target market dengan tepat.

Membantu Memudahkan Proses Penyusunan Komunikasi Pemasaran

Membuat pemasaran yang efektif dan efisien memerlukan perencanaan yang matang. Salah satunya adalah menyusun komunikasi pemasaran yang efektif dan efisien.  Tanpa adanya komunikasi pemasaran yang tepat, maka produk sulit dikenal oleh target market.

Dalam jangka panjangnya, produk tak akan terjual. Produk yang tak terjual adalah kiamat bagi sebuah bisnis. Apa artinya perusahaan mampu menghasilkan produk berkualitas. Namun, tak dikenal oleh calon pembeli. Tentu, produk akan menumpuk di gudang. Bila kondisi ini terjadi, maka kerugian besar-besaran menimpa perusahaan.

Membuat Alur Komunikasi

Tugas utama marketing communication adalah membuat alur komunikasi. Komunikasi pemasaran tak perlu rumit  tetapi perlu simpel, mudah dan efisien. Sehingga bisa memangkas budget dan anggaran marketing perusahaan.

Menciptakan Komunikasi Pemasaran Yang Terarah Efektif Dan Efisien

Divisi  komunikasi pemasaran perlu membangun komunikasi pemasaran yang terarah, efektif dan efisien.  Sehingga tujuan marketing bisa tercapai dengan cepat, tepat, mudah sesuai dengan target yang telah ditetapkan perusahaan.

Menguatkan Dan Fokus Pada Tujuan

Tujuan utama marketing adalah mendekati konsumen. Sehingga mereka mengenal produk dengan baik. Mereka minat untuk mencoba, membeli produk secara suka rela. Akhirnya, mereka akan loyal pada brand perusahaan. Banyak tim marketing yang lupa dengan tujuan utama ini.

Sehingga mereka membuat promosi yang berlebihan dan bombastis. Pembeli membeli produk yang tak sesuai dengan ekspektasi mereka. Sehingga mereka merasa kecewa dengan produk perusahaan.

Bahan Untuk Melakukan Evaluasi

Evaluasi merupakan tahapan penting yang dilakukan oleh divisi marketing. Termasuk oleh tim komunikasi pemasaran. Evaluasi perlu dilakukan untuk menemukan sesuatu yang kurang tepat yang tak sesuai dengan target dan membuang budget terlalu tinggi.  Hasil dari evaluasi akan meningkatkan efektivitas kinerja pemasaran pada periode berikutnya.

Tugas Marketing Kommunication

Apa tugas marketing communication? Tugas utama marketing communication adalah membantu meningkatkan marketing penjualan. Namun, ada beberapa tugas spesifik marketing komunikasi. Di antaranya adalah:

Melakukan Promosi

Tugas utama seorang marketing communication adalah melakukan promosi. Baik promosi jangka panjang atau jangka pendek. Promosi bisa dilakukan melalui dunia digital. Baik lewat sosial media, semacam Instagram, Facebook dan membuat website.

Memanfaatkan strategi Digital marketing akan mempercepat proses penetrasi iklan dan promosi lebih cepat.  Pada ranah offline, divisi marketing bisa membuat brosur,  membuat promosi iklan radio dan televisi. Bisa juga membuat baliho untuk promosi sesuai dengan target market.

Melakukan Direct Selling

Salah satu strategi cepat memperoleh omset penjualan adalah dengan melakukan direct selling. Dalam direct selling ini perlu merekrut orang-orang yang memiliki skill penjualan. Bukan sekedar lulusan SMA atau kampus. Tetapi mereka benar-benar memiliki skill menjual. Memiliki kemampuan komunikasi yang bagus akan mampu mendatangkan omset cepat dan besar. Mereka juga mampu melakukan persuasi secara efektif dan efisien pada calon pelanggan.

Membangun Komunikasi Dengan Pelanggan Dan Konsumen

Tugas utama marketing komunikasi adalah membangun komunikasi dengan calon pelanggan, pelanggan dan konsumen loyal. Ketiganya perlu diperlakukan dengan cara yang berbeda. Tujuan utamanya adalah untuk membangun saluran distribusi produk dalam jangka panjang.

Skill Yang Perlu Dikuasai Oleh Marketing Communication

Begitu besar tugas dan tanggung jawab seorang marketing communication, maka ada beberapa skill (keterampilan) yang perlu mereka kuasai. Inilah beberapa skill (keterampilan) seorang marketing communication:

Memiliki Keterampilan Organisasi Dan Perencanaan Yang Baik

Seorang tim pemasaran perlu memiliki pengalaman organisasi dan perencanaan yang baik. Sehingga dia mampu bekerja dalam tim yang solid.  Tim marketing komunikasi yang Solid akan mampu menghadirkan kualitas iklan dan promosi yang menarik bagi konsumen.

Kemampuan Komunikasi Tertulis Dan Verbal

Tim komunikasi pemasaran juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Baik komunikasi tertulis ataupun komunikasi verbal. Tim marketing komunikasi selalu melakukan koordinasi satu sama lain. Sehingga mereka memerlukan skill (keterampilan) komunikasi yang mumpuni.

Tanpa skill komunikasi yang mumpuni, maka akan terjadi jurang kesenjangan di antara mereka. Ujung-ujungnya, akan menghasilkan kualitas iklan dan promosi yang kurang menarik. Iklan yang kurang menarik akan berimbas langsung pada penjualan produk. Ujung-ujungnya, omset menurun dan target perusahaan tak terpenuhi.

Mampu Bekerja Di Bawah Tekanan

Tim pemasaran perlu memiliki kepekaan yang tinggi. Lebih dalam lagi, mereka harus mampu bekerja di bawah tekanan tim. Sehingga tidak ada alasan bagi mereka untuk tak bisa mencapai target. Efek tidak mencapai target mereka sangat besar. Salah satunya, perusahaan terancam tak mampu membiayai operasional perusahaan. Bila ini terjadi, maka perusahaan terancam pailit (bangkrut).

Memiliki Kemampuan IT yang Andal

Memiliki kemampuan IT penting bagi setiap orang. Lebih-lebih, setelah mereka bekerja sebagai tim marketing communication. Sebagai anggota tim komunikasi pemasaran, maka mereka perlu memiliki skill (keterampilan) teknologi yang cukup. Terutama memahami penggunaan laptop dan komputer. Mereka perlu mampu mengoperasikan Microsoft Office. Terutama Microsoft Word dan Microsoft Excel. Sehingga saat ada tugas untuk membuat data dan laporan, dia bisa menghasilkan laporan yang cepat, tepat dan akurat.

Memahami Teknik Pemasaran Terkini

Mereka juga perlu memahami teknik pemasaran terkini.  Sehingga promosi iklan dan penawaran perusahaan tak kadaluarsa.  Iklan yang terupdate akan menghadirkan ide, gagasab yang baru. Sehingga konsumen suka, tertarik dan minat terhadap produk.  Ujung-ujungnya, mereka akan melakukan pembelian.

Bila produk perusahaan bagus dan berkualitas, maka produk ini akan mampu menjual dirinya sendiri. Salah satunya, orang yang memakai produk akan merekomendasikan produk ini pada orang lain. Baik secara langsung saat mereka bertemu dengan teman, saudara atau keluarganya.

Bisa juga mereka melakukan update konten pada akun sosial media mereka dengan foto selfie produk.  Jadi, tanpa sadar mereka telah mempromosikan produk perusahaan Anda dengan sukarela tanpa diminta.

Mampu Bekerja Dalam Tim

Seorang Tim komunikasi pemasaran perlu mampu bekerja dalam sebuah tim.  Sehingga mereka bisa mengikuti dinamika perubahan dalam timnya.  Perubahan yang terjadi begitu cepat dalam timnya tak akan membuat mereka kecewa apalagi sakit hati. Terutama saat ide, gagasanya tak mendapat respons positif dari atasannya.

Membangun Kesadaran Konsumen

Tim komunikasi pemasaran perlu memahami bagaimana cara membangun kesadaran konsumen.  Sehingga apapun yang mereka lakukan, mereka ucapkan akan terkontrol, tertata.  Karena mereka menyadari sepenuh hati bahwa semua yang mereka lakukan akan berimbas pada produk dan brand image perusahaan.

Gaji Marketing communication

Mungkin Anda penasaran, berapa gaji marketing communication?  Marketing merupakan salah satu profesi yang banyak orang geluti sejak dulu. Salah satu alasannya karena marketing memiliki potensi penghasilan yang tinggi.

Selain gaji pokok atau gaji tetap, divisi marketing biasanya punya potensi bonus bila mampu mencapai target perusahaan. Gaji marketing communication berkisar pada angka Rp6.000.000.

Pada kenyataannya,  gaji yang potensial bagi tim marketing communication jumlahnya bervariasi. Gaji ini berdasarkan lokasi mereka bekerja, pengalaman kerja, kebijakan perusahaan serta pendidikan pekerja. Rata-rata pegawai marketing komunikasi bergaji Rp3.355.000 setiap bulannya.

Baca juga: Kenali 12 Indikator Kualitas Produk Sebelum Membeli Produk Tertentu

Penutup

Marketing communication jadi kunci kesuksesan membangun komunikasi yang efektif dan efisien dengan target market. Sehingga mereka berpeluang jadi calon konsumen, jadi konsumen dan jadi konsumen loyal. Tanpa kehadiran tim komunikasi pemasaran, maka tahapan pemasaran tak bisa tercapai dengan baik. Merekrut tim marketing yang andal akan meningkatkan omset bisnis perusahaan. Dan dalam jangka panjang akan meningkatkan brand awareness dengan budget yang terkendali.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.