Ruang Lingkup Digital Marketing, Apa Saja?

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran segala jenis produk dan upaya branding dengan menggunakan berbagai media digital dan internet. Jadi intinya pelaksanaan ruang lingkup digital marketing merupakan sebuah usaha pemasaran online untuk menaikkan branding dan meningkatkan penjualan. Supaya bisa mencapai tujuan pemasaran tersebut perlu dilakukan kerja sama dari beberapa elemen inti digital marketing.

Ruang Lingkup Digital Marketing, Apa Saja?
Ruang Lingkup Digital Marketing, Apa Saja?

Menarik perhatian pembeli, membuat penawaran yang menaikkan trafik, membangun hubungan antar penjual dan pembeli, mendorong prospek dan konversi, itu semua adalah ringkasan alur dalam pelaksanaan ruang lingkup  digital marketing. Digital marketing mempunyai ruang lingkup digital marketing cukup luas yang terlebih dahulu harus dipahami dan dipelajari sebagai bahan materi supaya nantinya mudah dan sukses melakukan pemasaran online. Ada SEO, content marketing, sosial media marketing dan masih banyak lagi yang lain. Tapi dalam artikel ini hanya akan membahas sebagian ruang lingkup digital marketing yang menjadi dasar penting dan perlu dilakukan untuk menciptakan bisnis yang sukses.

Baca Juga : Pengertian Internet Marketing Menurut Para Ahli

Berikut penjelasan ruang lingkup dari digital marketing lebih jelasnya :

1. Content Marketing

Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran dalam digital marketing melalui pembuatan dan penyebaran konten. Konten di sini tentu yang memuat semua informasi terkait produk maupun jasa dengan jelas. Lebih bagus lagi apabila bisa membuat konten selain mendeskripsikan produk dan layanan, tapi masih berkaitan satu sama lain. Contohnya produk laptop menulis konten artikel di blog membahas tema bagaimana membersikan laptop dengan benar. Bukan hanya blog tapi konten berupa video, gambar, dan e-book juga bisa dijadikan content marketing.

2. Radio Marketing

Ruang lingkup digital marketing yang kedua ini dalam bentuk Pemasaran dan pemasangan iklan melalui media radio sudah dilakukan sejak dahulu. Meskipun begitu, metode pemasaran dengan cara ini masih terus eksis dan terbilang efektif sampai sekarang untuk digunakan. Bahkan banyak radio yang sudah memberi layanan streaming, pendengar setianya bisa request dan mendengarkan lagu-lagu kesukaan mereka. Masih ada sejumlah pebisnis pula yang memakai radio marketing sebagai alat pemasaran produk mereka, di antaranya yang biasa terdengar iklannya adalah produk herbal dan promosi film terbaru.

3. TV Marketing

Penggunaan TV marketing tidak jauh beda dengan radio marketing. Bedanya cara ini sudah menambahkan konten visual agar lebih menarik perhatian orang-orang. Karena hampir semua orang pasti mempunyai dan melihat siaran televisi, saat ini masih banyak perusahaan besar menggunakan tv marketing sebagai sarana promosinya. Biasanya tv marketing berisi iklan produk bukan jasa sebagai contoh iklan sarimi, sabun mandi, shampo, odol, susu bayi, dan masih banyak lagi yang lain.

4. SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik dari ruang lingkup digital marketing dengan melakukan riset, menerapkan dan memaksimalkan keyword pada website. Selain bertujuan menjadikan website berada di urutan paling atas hasil pencarian di Google, SEO juga dapat membuat kualitas dan kuantitas trafik pengunjung website meningkat. Artinya, pengunjung sudah pasti mempunyai maksud dan tidak asal mampir ke website. Tanpa disadari mereka akan ikut membantu melancarkan tujuan website, menguatkan branding, bahkan menaikkan angka penjualan.

5. CRO (Conversion Rate Optimization)

CRO (Conversion rate optimizatio) adalah bagian dari ruang lingkup digital marketing yang bisa dilakukan untuk meningkatkan conversion rate dari sebuah website. Conversion rate dikenal sebagai presentase pengunjung yang menetap dan melakukan sesuatu di website, misalnya membuat akun baru di halaman website tersebut, membaca artikel di blog website sampai habis, atau bahkan membeli produk yang ditawarkan. Dengan kata lain berarti pengunjung sedang melakukan konversi. CRO sangat penting untuk melihat apakah website telah didesain dengan baik dan bisa menarik perhatian pasar yang dituju atau belum.

Baca Juga : Pengertian Digital Marketing, Fungsi, dan Jenisnya

6. Website Analytics

Walaupun website sudah bagus dan mudah digunakan, tapi jika tidak mengetahui perilaku pengunjung dan penggunanya akan membuat pemasaran kurang maksimal. Website analytics adalah proses mengukur dan menganalisis perilaku pengunjung di situs website. Misalnya seberapa banyak pengunjung dalam satu hari, berapa lama mereka mengunjungi website, halaman mana yang mereka sering kunjungi, dan apakah mereka berkunjung menggunakan tautan atau tidak. Website analytics memberikan informasi data yang dapat digunakan untuk membuat pengalaman pengunjung dalam menggunakan website menjadi lebih baik kedepannya.

7. Digital Advertising

Digital advertising atau iklan digital adalah semua bentuk iklan produk dan jasa yang muncul secara online di saluran dan platform digital. Strategi pemasaran dalam ruang lingkup digital marketing ini merupakan ajakan agar melakukan pembelian melalui website, halaman blog, media sosial, dan media pemasaran lainnya. Beberapa jenis dari digital advertising antara lain text ads dan video ads. Text ads berupa iklan dan melakukan promosi hanya lewat tulisan saja. Sedangkan video ads bisa berupa kombinasi antara video dan tulisan, iklan ini jauh lebih interaktif dan menarik untuk mendapat perhatian calon pembeli.

8. Email Marketing

Sederhananya, email marketing adalah strategi pemasaran melalui email yang berisi konten dan pesan komersial yang dikirim ke email pelanggan maupun calon pelanggan, seperti informasi produk, promo atau event yang sedang berlangsung, dan lain-lain. Tapi untuk bisa melakukan ruang lingkup digital marketing perlu memiliki email marketing membutuhkan pengumpulan daftar email pelanggan terlebih dahulu. Ini bisa dilakukan dengan melakukan beberapa hal misalnya pengunduhan konten gratis bagi para pelanggan dan untuk mengunduhnya harus bersedia mencantumkan email mereka. Bisa juga memberi uji coba gratis dengan syarat pertama mereka perlu membuat akun dan mencantumkan alamat email di sana.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.