Yuk Ketahui! Ciri-Ciri Hardisk Laptop Rusak

Laptop sama pentingnya dengan komputer dalam membuat serta menyimpan data karena memiliki harddisk. Dan bisa mengalami error ketika hardisk rusak, sehingga sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri hardisk laptop rusak. Hardisk itu sendiri merupakan komponen yang memiliki fungsi sebagai tempat masuk serta bersarangnya sistem operasi laptop.

Berikut ini masalah hardisk yang rusak dapat diketahui dari ciri-ciri antara lain:

1. Muncul Bunyi “Krek Krek”

Laptop sama seperti komputer yang bisa membantu setiap orang dalam membuat atau menyimpan data penting. Selain itu, laptop termasuk perangkat yang fleksibel karena setiap orang bisa membawanya kemana pun. Namun untuk ciri-ciri hardisk laptop rusak di sebabkan pada saat laptop mengalami error atau kerusakan tentu bisa membuat sang pemilik langsung merasa bingung.
Lebih baik jika pemilik perangkat tidak tahu tentang laptop sehingga tidak menyadari bahwa kerusakan terjadi pada ciri-ciri hardisk laptop rusak. Meskipun bukan ahli komputer, namun pengguna laptop tetap dapat mengenali tanda-tanda kerusakan pada hardisknya. Dengan timbulnya bunyi aneh dari perangkat seperti *krek kretek* atau lainnya.

2. Laptop Mengalami Blue Screen

Pada saat ciri-ciri hardisk laptop rusak, tentu bisa membuat pemilik langsung kelimpungan untuk memperbaiki perangkatnya. Pasalnya sistem operasi akan ikut rusak dan seluruh data yang tersimpan bisa hilang. Oleh karena itu, guna memperpanjang masa penggunaan laptop, pemilik harus merawatnya dengan baik.

Laptop Mengalami Blue Screen
Laptop Mengalami Blue Screen

Baca Juga : Cara-cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7 Secara Efektif

Selain itu, pengguna laptop juga bisa mengenali ciri-ciri hardisk laptop rusak dari beberapa hal seperti laptop gagal booting. Laptop yang gagal booting atau mengalami blue screen bukan termasuk eror biasa pada perangkat keras. Ini termasuk salah satu tanda terjadinya kerusakan pada hardisk sehingga sistem gagal beroperasi.

3. Operasi Sistem Sangat Lambat

Mungkin banyak orang berpikir bahwa penggunaan laptop yang terlalu lama serta banyaknya data yang disimpan menyebabkan laptop lemot. Memang hal tersebut bisa dikatakan ada benarnya karena setiap laptop memiliki kapasitas.

Operasi Sistem Sangat Lambat
Operasi Sistem Sangat Lambat

Tidak jarang berbagai upaya pengguna lakukan guna mengatasi laptop karena mudahnya error mengganggu pekerjaan. Namun perlu pengguna tahu bahwa laptop yang lambat bisa menjadi gejala ciri-ciri hardisk laptop rusak. Pasalnya hardisk merupakan komponen vital pada komputer yang memiliki fungsi penting bagi operasional sistem. Saat komponen vital rusak, maka sistem operasi tidak bisa berjalan normal sehingga melambat.

4. Gagal Menginstal Sistem Operasi

Saat hardisk rusak, maka pengguna perangkat akan kewalahan dalam memperbaiki sistem operasi yang digunakan. Bahkan lebih sulit menginstal kembali sistem operasi ke dalam hardisk jika sudah terdeteksi rusak. Ciri-Ciri hardisk rusak pada laptop bisa terlihat dalam proses penginstalan sistem operasi yang tidak berjalan.
Biasanya proses penginstalan hanya berjalan beberapa persen lalu berhenti dalam waktu lama. Tidak hanya gagal menginstal sistem, namun komputer juga bisa mengalami eror dampak dari penginstalan. Pasalnya laptop tidak hanya melambat, namun juga bisa mengalami restart sendiri.

5. Kerusakan Data-data Secara Mendadak

Sistem sangat penting dalam menunjang kinerja laptop saat beroperasional agar tidak mengalami hambatan. Akan tetapi,  ciri-ciri hardisk laptop rusak juga memiliki peran penting sebagai wadah masuk dan juga tempat sistem selama beroperasional. Tidak hanya tempat sistem, hardisk juga tempat menyimpan berbagai data termasuk data-data penting. Terkadang data dalam laptop tidak bisa dibuka atau bahkan hilang secara tiba-tiba tanpa disentuh.

Sehingga membuat banyak orang bertanya-tanya perihal penyebab kejadian yang tidak terbayangkan ini. Padahal data yang rusak tiba-tiba merupakan ciri dari kerusakan hardisk pada laptop dan sulit diperbaiki. Keberadaan hardisk pada laptop memang sangat penting mendukung kinerja sistem operasi serta menyimpan berbagai data penting. Dengan mengenali ciri ciri hardisk laptop rusak bisa menjadi langkah pencegahan awal.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Kaca HP Retak Dengan Mudah

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.