Yuk Kenali Penyebab Laptop Restart Sendiri di Windows 10 Dan Solusi Mengatasinya

Di era teknologi sudah banyak teknologi canggih yang hadir untuk memudahkan segala pekerjaan setiap orang termasuk laptop. Penggunaan Window terbaru pada laptop juga sangat menarik, namun sering muncul masalah penyebab laptop windows 10 restart sendiri.

Banyak yang menganggap masalah laptop restart sendiri merupakan masalah yang biasanya karena memori penuh atau perangkat yang sudah tua. Namun jangan salah, ada penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut yang harus pengguna pelajari agar lebih awet.

Penyebab Laptop Windows 10 Sering Restart

Laptop memang memiliki fungsi yang lebih simpel ketimbang penggunaan PC , namun masalah lebih rentan menyerang perangkat laptop. Salah satunya penyebab laptop windows 10 restart sendiri Windows 10 atau masalah lain yang bisa cek terlebih dahulu penyebabnya sebelum diservis.

1. RAM Eror Atau Rusak

Salah satu penyebab laptop windows 10 restart sendiri adalah RAM yang error atau rusak. Saat RAM tidak sehat, maka laptop bisa mengalami Black Screen, Blue Screen, atau tidak bisa masuk ke Windows. Pada awal gejala mungkin laptop hanya mengalami restart sendiri dan muncul Black atau Blue Screen. Namun jika masalah ini dibiarkan dapat berdampak pada perangkat yang mengalami kerusakan total.

RAM Eror Atau Rusak
RAM Eror Atau Rusak

2. Harddisk Bad Sector

Penyebab laptop windows 10 restart sendiri bisa terjadi karena harddisk dari perangkat yang mengalami bad sector. Pasalnya harddisk pada laptop tidak bisa terbaca baik sebagian maupun keseluruhan saat bad sector. Laptop yang sudah lama pemakaiannya bisa menyebabkan harddisk usang sehingga rentan mengalami kerusakan. Sehingga akan muncul peringatan error pada sistem laptop hingga perangkat mengalami eror sendiri.

Harddisk Bad Sector
Harddisk Bad Sector

Baca juga : Beberapa Cara Agar Kuota Tidak Cepat Habis Pada Android

3. Terserang Virus

Setiap orang pasti sudah paham adanya virus yang bisa menyerang dan merusak laptop sehingga harus menggunakan anti virus. Meskipun begitu, virus tetap saja bisa menyerang sistem perangkat hingga menyebabkan eror hingga rusak. Penyebab laptop windows 10 restart sendiri yang lain terkadang perangkat tidak mendeteksi virus yang menyerang secara perlahan dan awalnya tidak akan menjadi masalah bagi perangkap laptop. Namun virus yang menumpuk lama-lama akan membahayakan sistem laptop.

Terserang Virus
Terserang Virus

Cara Mengatasi Masalah Laptop Restart Sendiri

Penggunaan laptop atau PC memang rentan terkena masalah eror hingga bisa menyebabkan kerusakan total. Oleh karena itu, selain mengetahui penyebabnya pengguna juga harus mengerti cara mengatasi masalah pada perangkatnya.

1. Scan Virus Dan Malware Secara Teratur

Scan Virus Dan Malware Secara Teratur
Scan Virus Dan Malware Secara Teratur

Cara mengatasi laptop yang restart sendiri ini virus bisa menjadi masalah utama menyebabkan perangkat laptop atau PC menjadi eror seperti masalah laptop restart sendiri Windows 10. Sehingga pengguna harus melakukan scan virus dan malware secara teratur agar semua virus bisa terdeteksi. Selain itu, pengguna juga harus memastikan bahwa software anti virus selalu aktif dan bekerja dengan baik. Pasalnya virus dapat menyerang kapan saja dan anti virus yang tidak bekerja dengan baik akan luput dalam mendeteksi.

2. Pembaharuan File Sistem

Pembaharuan File Sistem
Pembaharuan File Sistem

Cara mengatasi laptop yang restart sendiri tidak hanya virus yang menjadi biang masalah, melainkan bisa juga dari file sistem pada perangkat gunakan. Masalah lain yang bisa menyebabkan laptop berbasis Windows 10 mengalami restart adalah file sistem. Saat sistem mengalami masalah, maka akan muncul peringatan error pada layar laptop sebagai pertanda bagi penggunanya. Untuk mengatasi file system error bisa dengan melakukan pembaharuan file sistem pada perangkat tersebut.

Baca Juga : Inilah 4 Cara Melihat Spesifikasi Laptop di Windows 10 Secara Cepat dan Mudah

3. Gunakan System Restore

Cara mengatasi laptop yang restart sendiri bisa menggunakan fitur restore dari Windows 10. Namun pengguna harus melakukan backup file sebelum menggunakan fitur ini untuk mereset sistem kembali ke setelan awal. Perangkat yang sehat dapat menunjang berbagai aktivitas penggunanya serta tidak mudah mengalami error atau rusak total. Salah satunya dengan mempelajari penyebab laptop restart sendiri Windows 10 cara mengatasinya yang mudah.

Gunakan System Restore
Gunakan System Restore
Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.