Tak banyak orang yang sadar bahwa personal branding menjadi mata uang baru di dunia digital. Banyak orang sukses karena mereka tahu manfaat personal branding. Sebaliknya, banyak orang yang jatuh tanpa mereka sengaja karena personal brand mereka yang jatuh. Sebenarnya mereka tak sengaja menjatuhkan diri. Mereka hanya membuat konten di sosial media mereka sendiri.

Namun, sayang konten yang mereka buat menyinggung kelompok tertentu yang fanatik dan punya otoritas, maka, jadilah mereka bunuh diri. Tentu, bukan bunuh diri dalam arti yang sebenarnya. Tetapi membunuh karakter, nama baik dan masa depan mereka sendiri. Nggak mau kan, nama baik Anda jatuh gara-gara postingan sampah yang tak berkualitas?

Sebaliknya, Anda perlu berpikir bagaimana membangun nama baik Anda memanfaatkan digital dan dunia sosial. Yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini.

1# Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat Personal Branding
 Manfaat Personal Branding

Manfaat personal branding yang pertama adalah meningkatkan rasa percaya diri. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi termasuk salah satu kunci meraih kesuksesan. Banyak orang yang memiliki pendidikan tinggi, mereka pintar, pandai, memiliki kecakapan dan keterampilan.

Tetapi sayangnya, mereka tak punya rasa percaya diri yang tinggi. Sehingga mereka tak bisa naik level menjadi orang yang luar biasa. Saat personal branding Anda naik, maka Anda akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Ini adalah modal utama Anda untuk meraih kesuksesan di era digital seperti sekarang ini.

Baca juga: Apa Itu Personal branding. Definisi, Manfaat dan Cara Membangunnya

2# Meningkatkan Kredibilitas

Meningkatkan Kredibilitas

Kata kunci meraih kesuksesan adalah memiliki kredibilitas. Orang mau menggunakan jasa orang lain karena mereka percaya dan yakin dengan kualitas dan kredibilitasnya. Saat Anda memiliki personal branding yang kuat, maka akan meningkatkan kredibilitas Anda di mata pelanggan dan calon pelanggan Anda. Sehingga apapun yang ada jual, berpeluang laku dan laris manis.

Kredibilitas sangat penting kita miliki agar kita bisa menjual lebih banyak, lebih mahal dan lebih sering. Kredibilitas adalah sifat utama nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Beliau memperoleh kredibilitas yang tinggi karena menyandang sifat jujur. Kejujuran beliau tak diragukan lagi oleh bangsa Arab.

Kejujuran beliau bukan sekedar tak pernah bohong. Lebih dari itu, kejujuran beliau terkait erat dengan uang dan finansial. Betapa tidak, beliau yang mulia berdagang dan berbisnis antar negara. Khadijah mempercayakan bisnisnya untuk nabi kelola. Hasilnya, luar biasa. Beliau pulang membawa keuntungan berlipat-lipat.

Banyak orang yang memiliki karakter jujur, tak sombong dan suka menolong. Tetapi mereka sering menghadapi masalah terkait dengan uang dan finansial. Orang yang masih ada masalah terkait dengan keuangan dan finansial dengan orang lain, dia belum dikatakan orang yang jujur yang memiliki kredibilitas. Singkat kata, kredibilitas mereka masih diragukan.

3# Meningkatkan Persepsi Diri

Meningkatkan Persepsi Diri

Salah satu manfaat personal branding adalah meningkatkan persepsi diri anda. Membangun personal branding adalah terkait erat dengan meningkatkan persepsi diri di mata orang lain. Sebelum orang menetapkan kita sesuai dengan persepsinya, maka kita perlu menetapkan apa persepsi yang ingin muncul dalam diri kita di mata orang lain.

Inilah hakikat sebuah personal branding. Sehingga branding ini akan melekat dalam diri kita. Saat orang memersepsikan kita sebagai orang yang baik dan bermanfaat untuk banyak orang. Maka mereka akan percaya bila kita menawarkan apapun pada mereka.

4# Meningkatkan Relasi

Salah satu kunci meraih kesuksesan adalah memiliki relasi yang banyak. Bukan sekedar relasi, tetapi relasi yang memiliki daya beli, mempunyai jaringan dan koneksi yang luas. Maka, tak salah lagi sabda nabi yang maknanya sambunglah tali silaturahmi, maka rezekimu akan lancar.

Memang benar, silaturahmi membantu meningkatkan plafon rezeki kita. Saat Anda memiliki relasi yang banyak, maka Anda bisa menawarkan produk Anda kepada mereka. Saat mereka memperoleh penawaran dari orang yang dia kenal, maka peluang untuk membelinya sangat tinggi.

5# Meningkatkan Authority

Meningkatkan Authority

Memiliki authority adalah kata kunci untuk bisa mendulang kepercayaan (trust) di era digital ini. Authority yang tinggi akan memudahkan Anda menjual apapun melalui dunia digital. Baik melalui sosial media, website ataupun media yang lainnya.

Sebaliknya, tanpa authority Anda tak akan bisa menjual apapun kepada siapapun dan di manapun.

Kabar baiknya, authority bisa Anda bangun dengan mudah tanpa biaya yang tinggi.  Anda bisa mulai membangun authority dengan:

  1. Apa yang Anda punya
  2. Apa yang Anda bisa
  3. Dan apa yang bisa Anda berikan bagi orang lain

Bila Anda memiliki kemampuan menulis dan bercerita, maka Anda bisa membuat konten storytelling yang memukau dan membius.  Siapapun yang melihat dan membaca konten Anda, maka mereka akan tertarik. Mereka akan menunggu konten yang Anda sajikan. Bila Anda memiliki otoritas yang tinggi, maka customer akan datang mendekat. mereka siap membelanjakan uangnya untuk membeli produk Anda.

6# Jadi Pembeda Dengan Kompetitor Anda

Bisa jadi, personal branding menjadi pembeda abadi Anda dan kompetitor Anda. Mereka jualan produk, Anda juga jualan produk. Tapi Anda memiliki sesuatu yang berharga bagi costumer. Maka mereka berpeluang untuk membeli pada Anda.

Mayoritas orang membeli bukan karena produk. Tetapi banyak orang membeli karena penjualnya. Bila Anda menjual dengan pendekatan storytelling, maka orang akan dengan senang hati membaca iklan dan penawaran Anda.

Ujung-ujungnya, mereka akan tertarik dan minat membeli produk Anda. Bukan hanya itu, mereka berpeluang untuk menjadi reseller dan agen bisnis Anda. Betapa menyenangkannya di satu sisi Anda membuat konten sesuai dengan hobi dan passion Anda.

Tetapi di sisi yang lain, konten Anda menghasilkan kedekatan emosional dengan konsumen. Bukan hanya itu, konten Anda berpeluang meningkatkan brand dan bisnis Anda jangka panjang.

7# Meningkatkan Nilai Jual Diri

Di era sekarang ini kompetisi sudah begitu tinggi. Setiap ada produk baru yang lezat dan laris manis, maka akan segera datang pesaingnya. Di tengah kondisi yang carut-marut ini, Anda perlu memiliki pembeda. Tentu membeda yang tak dimiliki oleh kompetitor Anda. Salah satunya Anda memiliki personal branding yang kuat.

Memiliki personal branding yang kuat, memungkinkan Anda menjual produk tanpa beriklan berbayar sama sekali. Konsumen semakin dekat dengan Anda secara personal. Mereka merasa nyaman dan dekat dengan Anda. Maka, berapapun produk yang Anda jual berpeluang laku dan laris manis.

Baca juga: 7 Contoh Personal Branding Mahasiswa 

Penutup

Mampu memanfaatkan media digital dengan baik akan mengantarkan Anda jadi orang sukses. Namun, Anda perlu tahu apa manfaat personal branding untuk diri dan bisnis Anda. Memang citra diri tak tampak secara fisik tetapi sangat berpengaruh untuk bisnis dan karier Anda.

Orang yang tahu cara memanfaatkan personal branding, mereka akan bermain cantik untuk meraih kesuksesan. Kabar baiknya, Anda tak perlu dana besar untuk membangun personal branding.

Anda hanya cukup duduk dan menulis konten yang bermanfaat untuk target market Anda di sosial media. Kata kuncinya, Anda harus memanfaatkan kekuatan sosial media yang bisa menyentuh banyak orang pada saat yang bersamaan. Masih mau diam saja melihat orang lain sukses memanfaatkan sosial media untuk membangun citra diri dan bisnis mereka?

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.