Personal branding jadi salah satu faktor untuk mengubah daun jadi emas. Orang yang punya personal branding bagus, maka dia mudah menjual, memengaruhi dan mendominasi orang lain. Namun, membangun personal branding tak semudah membalik telapak tangan. Perlu rencana yang matang, eksekusi yang konsisten dan kerja keras. Lebih dari itu, Anda juga butuh contoh personal branding yang terbukti berhasil.

Membangun personal branding ada pada tataran persepsi dan pikiran. Maka, Anda perlu membuat strategi jitu yang bisa menembus alam bawah sadar target market Anda. Salah satu faktor penting yang bisa menembus alam bawah sadar dan kritical thinking adalah value (nilai).

Maka Anda perlu menggali apa value yang ingin Anda berikan pada orang lain. Tugas utama Anda sebelum melakukan personal branding adalah menemukan value ternaik Anda. Value yang berangkat dari skill (keterampilan) dan hobi Anda. Sehingga Anda tak akan merasa capek, lelah dan mudah putus asa di tengah jalan.

Bagaimana cara melakukan personal branding? Anda bisa membangun personal branding Anda dengan memanfaatkan hobi, kesukaan dan skill yang Anda miliki. Simak artikel yang akan mengupas contoh personal branding seseorang hingga mereka bisa meraih kesuksesan.

Oprah Winfrey, Presenter Kondang

Oprah Winfrey adalah seorang tokoh perempuan yang unik dan menarik. Dia Sosok perempuan terkenal seantero Amerika sebagai salah satu contoh personal branding. Ia berhasil membawakan acara pada salah satu stasiun televisi Amerika dengan apik. Sosok wanita tangguh yang berhasil memanfaatkan pengalaman hidupnya untuk mengubah mindset banyak orang.

Bermula dari kemiskinan bertahun-tahun, ia berniat dan bertekad untuk berubah dan berbenah. Memang, ia tak punya harta, uang dan kekayaan. Tetapi dia punya keyakinan bahwa dia akan berubah.  Karena niat yang kuat, semangat dan kegigihan dia berhasil memperoleh penghargaan Bob Hope Humanitarian Award dari Academy of Television Arts & Sciences. Salah satu nominasi Oscar yang bergengsi. Dia termasuk salah satu presenter Amerika berkulit kulit hitam.

Kepopuleran Oprah Winfrey  mematahkan anggapan banyak orang bahwa sukses harus berasal dari kulit putih dan keturunan darah biru. Dia berhasil mendorong dan memotivasi orang lain untuk hidup lebih baik, menghargai diri sendiri dan menebar manfaat untuk sesama.

Dari wanita tangguh ini kita belajar banyak hal. Masa depan tak terbangun oleh masa lalu. Jangan sampai masa lalu Anda menghantui dan mengerdilkan impian dan cita-cita Anda. Sebaliknya, masa lalu harus menjadi cambuk bagi Anda untuk berubah.

Kata kunci agar sukses adalah memiliki pendidikan yang tinggi. Banyak orang menganggap bahwa pendidikan hanya menghabiskan waktu, belajar di kampus. Padahal, pendidikan akan mengubah segalanya. lebih-lebih, bila Anda berangkat dari keluarga yang tak mampu. Pendidikan adalah ladang emas dan mengubah kehidupan Anda.

Menjadi presenter adalah titik balik Oprah Winfrey  mengubah kehidupannya. Berawal dari orang biasa menjadi orang luar biasa. Dari orang terbelakang, jadi orang berpengaruh.

Baca juga: Apa Itu Personal branding. Definisi, Manfaat dan Cara Membangunnya

Ir. Soekarno Sang Proklamator

bila mendengar kata Soekarno kita selalu ingat proklamasi kemerdekaan RI. Memang Soekarno adalah tokoh kunci deklarasi Proklamasi RI 1945. kemenangan Indonesia adalah kemenangan bangsa Indonesia Tetapi semua tak bisa terlepas dari peran Soekarno.

Soekarno membangun personal branding tanpa dia sadari melalui narasi, tulisan-tulisan, pidato dan agitasi yang luar biasa. Pidatonya mampu membangkitkan semangat anak bangsa untuk bangkit dan berjuang membela negara agar bebas dari penjajahan.

Joko Widodo, Dari Meubel ke Kursi Presiden

Siapa yang tak kenal dengan Pak Jokowi alias Joko Widodo. Presiden RI ke-5 yang memulai kariernya dari Solo. awalnya Pak Jokowi memulai bisnis mebel keluarga. Membangun reputasi dengan kejujuran dan kerja keras. Karakter jujur dan kerja keras ini cocok dimiliki oleh seorang politikus. Jokowi terjun ke pemilihan Walikota Solo.

Singkat cerita, beliau berhasil dengan sukses gemilang. Tak Butuh waktu lama, Pak Jokowi bisa mengubah Solo jadi maju. Maka, Pak Jokowi digadang-gadang untuk memajukan DKI Jakarta. Dalam waktu singkat saja, Jokowi mampu mengubah Jakarta lebih maju.

Rakyat memercayakan kursi presiden pada Pak Jokowi. Lagi-lagi, karakter jujur dan kerja keras jadi kata kunci beliau untuk sukses membangun bangsa ini. Beliua membangun personal branding melalui value (nilai) kejujuran dan kerja keras.

Happy Trenggono, Bisnis Tanpa Riba

Banyak publik yang tak mengenal siapa Happy Trenggono. Beliau adalah pendiri  komunitas pengusaha bernama IIBF (Indonesian Islamic Business Forum) Sebuah Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia. Sebelum mendirikan IIBF ini, beliau punya usaha dan bisnis sehingga rugi lebih dari 63 miliar.

Niat yang kuat, semangat yang membara serta dukungan istri dan keluarga membuat beliau bangkit. Dalam waktu 3 tahun, beliau bisa melunasi hutang dan membangun bisnisnya jadi lebih kuat. Pengalaman kejatuhan beliau dalam bisnis beliau bagi dalam komunitas IIBF.

Beliau berharap tak ada lagi pengusaha yang jatuh karena hutang. Personal branding beliau terbangun bukan karena pencitraan tetapi karena manfaat yang beliau tularkan. Beliau berhasil mengangkat ribuan pengusaha yang jatuh untuk bangkit dan memperbaiki bisnisnya. Bukan hanya itu mereka juga ingin seperti Pak Heppy Trenggono, membantu sesama.

Beliau selalu berpesan “Bila ingin ditolong oleh Allah, maka tolonglah orang lain”. Saat ada orang yang bilang sulit membangun bisnis, beliau selalu berpesan banyak bisnis yang bagus di negeri ini tetapi sangat sedikit pengusaha yang bagus dan memiliki karakter. Kata kunci sukses membangun bisnis adalah membangun diri keluarga. dan karakter.

Ippho Santosa, Buku Bisnis

Bila Anda seorang pengusaha, tentu Anda kenal siapa yang Ippho Santosa. Dia memulai kariernya dari dunia kepenulisan buku. Mulai menulis buku tentang bisnis dan kewirausahaan. Bayangkan saja, dari 1 buku 7 Keajaiban Rezeki, dia mengantongi royalti lebih dari 500 juta.

Sebelum terbit buku 7 Keajaiban Rezeki, dia sudah menerbitkan puluhan buku tentang bisnis dan interpreter. Buku-bukunya laris manis bak kacang goreng. Dia mampu mengemas buku bisnis yang berat jadi ringan dan mudah dipahami.

Lebih dari itu, dia menggandeng penerbit besar Gramedia untuk menerbitkan bukunya. maka dia telah memilih daya ungkit (leverage)  yang tepat. Buku bisnis yang banyak peminatnya, terbit pada momentum yang tepat dan menggandeng terbesar adalah daya ungkit yang luar biasa.

Baca juga: 8 Sepatu Brand Lokal Terbaik yang Jarang Orang Tahu

Penutup

Membangun personal branding adalah langkah jitu bagi Anda yang ingin membangun diri, bisnis dan kekayaan jangka panjang. Anda tak bisa membangun personal branding dalam waktu semalam saja. Ada banyak langkah dan strategi yang bisa Anda jalankan untuk memaksimalkan usaha membangun personal branding ini. Salah satunya adalah dengan menemukan apa passion Anda. Anda bisa jadikan passion ini sebagai amunisi Anda untuk membangun personal branding yang bermutu.

Namun, Anda perlu bahwa Anda tak bisa membangun personal branding dalam semalan saja. Anda juga perlu contoh personal branding yang proven (terbukti). Kabar baiknya, bila Anda berhasil membangun personal branding Anda dengan bagus, maka Anda akan memanen hasilnya.

Projek, penjualan, bisnis nama besar, relasi dan kekayaan akan mendekati Anda. Anda perlu merawat, menjaga dan memelihara aset tak terlihat ini agar tak goyah, berubah, jatuh dan hilang begitu saja. Manfaatkan aset berharga Anda ini untuk menebar manfaat sebanyak-banyaknya. Maka, Anda berpeluang meneguk lebih banyak lagi benefit dan keuntungan dalam bisnis, relasi dan kehidupan Anda.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.