Beberapa Cara Memperbaiki Laptop Yang Layar Hitam Dengan Cepat

Salah satu perangkat elektronik yang lekat dengan kehidupan manusia selain ponsel pintar adalah laptop. Berbeda dengan komputer yang harus diletakkan di ruangan tertentu untuk digunakan, laptop ini dapat dengan mudah dipindah sesuai kebutuhan. Namun, apa yang terjadi jika laptop andalan tiba – tiba memunculkan layar hitam? Simak cara memperbaiki laptop layar hitam berikut untuk info lebih lengkap.

Permasalahan seperti layar berubah hitam atau putih ketika baru on sering dialami oleh para pengguna laptop. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, misal akibat RAM laptop kotor atau adanya sistem yang bermasalah. Berikut akan dijabarkan cara – cara untuk mengatasi laptop layar hitam tanpa aba – aba.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Kaca Hp Retak dengan Mudah

1. Cek Keadaan RAM

RAM termasuk bagian dari laptop yang tak jarang mengalami masalah, sehingga langkah mudah pertama adalah mencoba memeriksa bagian ini. Cara mudah yang dapat dilakukan adalah dengan melepas RAM dari laptop dan membersihkan bagian kuningan dengan penghapus. Selanjutnya, pasang kembali RAM pada slotnya secara benar dan terkunci sempurna.

Cek Keadaan RAM
Cek Keadaan RAM

2. Gunakan RAM Lain Untuk Testing

Salah satu cara memperbaiki laptop layar hitam dengan sederhana adalah dengan mengganti sementara RAM pada laptop. Hal ini dapat disiasati dengan meminjam RAM dari laptop teman atau kerabat yang memiliki spesifikasi hampir sama. Tujuan penggantian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi kerusakan pada RAM atau tidak.

Gunakan RAM Lain Untuk Testing
Gunakan RAM Lain Untuk Testing

3. Ubah Pengaturan BIOS Menjadi Default

Bukan tidak mungkin ketika seseorang mengoperasikan laptop terjadi ketidaksengajaan mengubah setting tertentu. Trik ini hanya dapat dilakukan jika laptop masih bisa masuk ke BIOS, dan dengan cara menekan beberapa tombol. Beberapa tombol diantaranya adalah F2, F8, F11 atau Del, kemudian buka menu Exit dan klik Load Defaults-OK-Save Changes and Exit.

Ubah Pengaturan BIOS Menjadi Default
Ubah Pengaturan BIOS Menjadi Default

4. Memeriksa Kabel Fleksibel Pada Layar Laptop

Kabel fleksibel ini terletak di bagian bawah dekat layar yang berguna untuk mentransfer data tampilan ke layar laptop. Kehati – hatian sangat diperlukan ketika akan melihat bagian ini, yaitu dengan melepas casing secara perlahan. Periksalah kabel yang ada, kemudian lepas dan pasang kembali dengan benar sebagai cara memperbaiki laptop layar hitam yang efektif.

Memeriksa Kabel Fleksibel Pada Layar Laptop
Memeriksa Kabel Fleksibel Pada Layar Laptop

5. Coba Gunakan Monitor Eksternal

Langkah yang satu ini bertujuan ganda, yakni menguji kerusakan VGA dan layar. Pengguna hanya perlu menghubungkan laptop ke komputer menggunakan kabel dengan tipe HDMI, VGA ataupun DVI. Selanjutnya yaitu tekan tombol FN plus F1 sampai F2, kemudian pilih logo untuk mengganti mode ke layar eksternal.
Melalui cara memperbaiki laptop layar hitam ini, diperoleh 2 kemungkinan utama. Pertama, jika gambar muncul pada layar komputer, kemungkinan LCD laptop yang mengalami kerusakan. Kedua, jika gambar tidak muncul, sangat mungkin jika yang rusak adalah VGA, dengan catatan kalau semua langkah sudah dilakukan dengan benar.

Coba Gunakan Monitor Eksternal
Coba Gunakan Monitor Eksternal

6. Cek Baterai Pada Laptop

Ada kemungkinan bahwa laptop layar hitam tidak kuat handling daya dan tegangan yang mengalir, sehingga berpotensi merusak baterai. Cara mengetahui apakah baterai masih normal atau tidak adalah dengan cara memeriksanya. Selain itu, adaptor juga perlu dicek untuk memastikan keadaan motherboard laptop tidak mengalami kerusakan.

Cek Baterai Pada Laptop
Cek Baterai Pada Laptop

7. Memeriksa Hardisk Laptop

Jika dibayangkan sekilas, mungkin langkah ini terkesan tidak ada hubungannya dengan laptop layar hitam. Namun, di beberapa kasus terjadi kerusakan harddisk yang menyebabkan laptop tak bisa booting, sehingga layar menjadi hitam. Harddisk hanya perlu dilepas dan memasangnya di perangkat lain untuk melihat apakah masih berfungsi optimal atau tidak.

Memeriksa Hardisk Laptop
Memeriksa Hardisk Laptop

Demikianlah cara memperbaiki laptop layar hitam yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika permasalahan belum juga berhasil terpecahkan dengan cara mandiri, opsi terakhir adalah lakukan servis laptop. Kegiatan melepas chipset – chipset pada laptop tentu tidak mudah dilakukan oleh pemula, sehingga diperlukan tenaga ahli yang bekerja di bidangnya.

Baca Juga : Beberapa Cara Agar Kuota Tidak Cepat Habis Pada Android

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.