Berikut 4 Cara Mengatasi Hp Lupa Pola Termudah

Kelupaan akan suatu hal merupakan kejadian yang lumrah dialami oleh banyak sekali manusia di dunia ini. Namun, dampak yang ditimbulkan dari sikap lupa itu sendiri dapat berupa kefatalan atau pemakluman, tergantung dari pihak yang terlibat. Salah satu topik yang sering dicari adalah cara mengatasi hp yang lupa pola, bisa disebabkan oleh keteledoran pengguna atau eror perangkat.

Lupa akan sandi atau pola HP merupakan satu hal yang kerap terjadi di era teknologi seperti sekarang ini. Maka dari itu, perlu dilakukan antisipasi sebelum nasib tidak menyenangkan tersebut terjadi kepada pengguna ponsel. Simak beberapa uraian berikut berkaitan dengan cara menyelesaikan permasalahan hp yang lupa pola.

Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Yang Terbukti Efektif

1. Gunakanlah Bantuan Ponsel Pintar Orang Lain

Berikut 4 Cara Mengatasi Hp Lupa Pola Termudah
Bantuan Ponsel Pintar Orang Lain

Satu cara mengatasi hp yang lupa pola yang pertama ini tergolong sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu maupun biaya. Pengguna yang mengalami kelupaan sandi atau pola pada ponselnya hanya perlu meminjam HP milik teman atau kerabat. Hal yang perlu dilakukan adalah menelepon nomor pada HP yang lupa pola tersebut, mudah bukan?

Selanjutnya, ponsel penerima telepon akan berdering atau menyala akibat adanya panggilan dari ponsel lainnya. Pemilik HP yang terkunci dan lupa pola kemudian mengangkat telepon, lalu menekan ikon Home ketika panggilan berakhir. HP yang lupa pola tersebut akan mengarah ke menu utama dan bisa digunakan kembali.

2. Manfaatkan Fitur Forgotten Password

Berikut 4 Cara Mengatasi Hp Lupa Pola Termudah
Fitur Forgotten Password

Berbeda dengan rekomendasi pada poin sebelumnya, cara mengatasi hp yang lupa pola kali ini tidak melibatkan perangkat milik orang lain. Langkah ini akan cocok bagi pengguna yang cenderung merasa sungkan untuk merepotkan orang lain. Fitur Forgotten Password dapat ditemukan di hampir semua tipe ponsel Android.

Ketika seseorang telah terlalu banyak mencoba memasukkan kata sandi atau pola yang salah, maka fitur ini akan aktif sebagai bantuan. Silakan dicoba sampai muncul tombol ‘Forgot atau Forgot Pattern’, kemudian klik dan ikuti instruksi yang muncul. Gembok untuk membuka kunci melalui cara ini adalah dengan login akun Gmail yang terdaftar pada ponsel.

Baca juga : 5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Error di Windows 10

3. Gunakanlah Find My Device

Berikut 4 Cara Mengatasi Hp Lupa Pola Termudah
Find My Device

Layanan dari Google ini dapat diakses di berbagai HP Android dan dapat digunakan sebagai strategi mengatasi hp yang lupa pola. Ketikkan android.com/find pada komputer lalu enter, kemudian login menggunakan Gmail yang terdaftar pada HP terkunci. Aplikasi akan menampilkan informasi tentang ponsel tersebut, dan pilihlah opsi – opsi yang mengarahkan pada pengubahan sandi atau pola.

4. Cobalah Recovery Mode

Berikut 4 Cara Mengatasi Hp Lupa Pola Termudah
Recovery Mode

Langkah atau cara mengatasi hp yang lupa pola kali ini terbilang lumayan beresiko, karena ada kemungkinan pengguna kehilangan data di ponselnya. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan menekan lama tombol Power dan pilih off untuk mematikan HP, biarkan beberapa detik. Tekan tombol Power bebarengan Volume bawah, diamkan hingga masuk ke Recovery Mode dan pilih opsi yang ada, kemudian konfirmasi.

 Baca Juga : Beberapa Cara Agar Kuota Tidak Cepat Habis Pada Android

Opsi yang muncul adalah Factory Reset dan Wipe Data, silahkan pilih salah satu sesuai konsekuensi yang siap diterima. Jika yang dipilih adalah Factory Reset, ponsel yang lupa pola tersebut akan kembali ke pengaturan pabrik. Sedangkan apabila Wipe Data yang dipilih, maka kemungkinan data akan terhapus, selanjutnya HP mengalami reboot untuk kemudian dapat digunakan kembali.

Telah dijabarkan beberapa metode atau cara mengatasi hp yang lupa pola yang dapat diakses dalam waktu singkat namun akurat. Hal yang mungkin perlu dipertimbangkan adalah apakah memerlukan perangkat pendukung lain atau tidak, dan keputusan ada di tangan pengguna. Riset mendalam sangat disarankan untuk lebih memahami teknis pengembalian sandi atau akun HP, supaya meminimalisasi dampak lain yang tak diinginkan.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.