Cara-Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7 Secara Efektif

Era dunia digital setiap pekerjaan tidak terlepas dari penggunaan komputer. Salah satu software yang ada pada komputer yaitu windows 7 yang rilis tahun 2009. Berkembangnya windows dari tahun ke tahun menyebabkan windows 7 sedikit lebih lambat dari versi terbaru. Tidak banyak yang tahu bahwa ada cara mengatasi komputer lemot windows 7 lagi. Penasaran? Berikut cara mengatasi komputer lemot windows 7 dengan efektif:

1. Periksa Kapasitas Hard Disk

Hard disk merupakan suatu sistem komputer yang berguna untuk menyimpan data pada komputer. Jika performa komputer lambat salah satunya juga disebabkan oleh kapasitas hard disk yang kecil. Cara mengatasi komputer lemot windows 7 dengan efektif salah satunya dengan mengganti hard disk yang lama dengan baru. Menghapus file yang tidak penting pada hard disk komputer. Alternatif solusi menggunakan flashdisk atau DVD.

Periksa Kapasitas Hard Disk
Periksa Kapasitas Hard Disk

Baca juga : Sangat Penting Memindahkan File dari Iphone ke Laptop,Kenapa ?

2. Software yang Tidak Terpakai untuk di Uninstal

Cara mengatasi komputer lemot windows 7 selanjutnya yaitu software atau aplikasi yang tidak terpakai di uninstal dengan tujuan agar kapasitas memori pada komputer lebih maksimal, terutama software yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Control panel dan remove program merupakan suatu alternatif untuk mengetahui software yang ada pada komputer dan mencopot software yang tidak terpakai.

Software yang Tidak Terpakai untuk di Uninstal
Software yang Tidak Terpakai untuk di Uninstal

3. Gunakan Software Anti Virus

Salah satu cara mengatasi komputer lemot windows 7 yaitu dengan menggunakan software pembersih malware dan pembersih virus seperti smadav dan semacamnya. Malware merupakan suatu virus berbahaya pada komputer yang dapat merusak software dan file tersimpan pada komputer sehingga file yang ada tidak terbaca. Selain itu, bahaya dari malware yaitu dapat mencuri data atau informasi yang ada pada perangkat komputer.

Gunakan Software Anti Virus
Gunakan Software Anti Virus

4. Nonaktifkan Efek Visual pada Komputer

Dalam komputer penggunaan efek visual memiliki kelebihan untuk mempercantik tampilan layar komputer. Karena efek visual dapat memakan kapasitas banyak ruang penyimpanan. Cara mengatasi komputer lemot windows 7 yang harus dilakukan dengan mengaktifkan efek visual dengan cara mengakses control panel dan mengaktifkan setting pada advanced system setting setelah itu pilih menu performance. Kemudian atur efek visual setelah selesai hidupkan kembali komputer.

5. Kurangi Program Komputer yang Diakses

Cara mengatasi komputer lemot windows 7 salah satunya yaitu terlalu banyak mengakses program komputer. Hal ini dapat menghambat kinerja komputer dan kapasitas RAM yang terlalu berat. Membatasi program startup yang tidak digunakan dapat dilakukan untuk mengurangi lemotnya komputer. Kurangi penggunaan program-program yang tidak begitu digunakan agar kinerja komputer tidak berat.

Kurangi Program Komputer yang Diakses
Kurangi Program Komputer yang Diakses

6. Pastikan Hard Disk Tidak Panas

Selalu cek hard disk komputer dan pastikan tidak panas, agar kinerja komputer maksimal. Letakkan komputer pada suhu udara yang sejuk dan dekat dengan angin. Jika komputer diletakkan di tempat yang tidak menyerap panas dikhawatirkan hard disk komputer menjadi panas. Selain itu juga mengakibatkan akses komputer lambat. Hal tersebut termasuk cara mengatasi komputer lemot windows 7 yang efektif.

7. Tingkatkan Kapasitas RAM

Jika hal yang menyebabkan komputer lemot terletak pada kapasitas RAM yang kecil, maka solusinya dengan menambah kapasitas RAM pada komputer dengan memperhatikan kapasitas dari komputer yang digunakan. Hasil yang maksimal dengan berkonsultasi dengan ahli komputer yang menguasai permasalahan komputer.

Tingkatkan Kapasitas RAM
Tingkatkan Kapasitas RAM

Hal yang dipaparkan tersebut termasuk cara mengatasi komputer lemot windows 7 yang efektif. Selain itu dapat menggunakan cara lain yang dapat mempermudah kinerja komputer lemot dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Kenali penyebab komputer lemot dan aplikasikan cara yang telah dipaparkan di atas secara tepat.

Baca juga : Sangat Penting Memindahkan File dari Iphone ke Laptop,Kenapa ?

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.