Di jaman serba memakai teknologi sekarang ini, aktivitas media sosial dalam kehidupan sehari-hari bukan menjadi hal asing lagi. Orang-orang mulai menggunakan media sosial sebagai alat membangun citra personal, sebagain dari mereka bahkan memanfaatkannya untuk keperluan bisnis. Kamu bisa mendatangkan trafik website melalui unggahan konten di sana dan berhubungan langsung dengan pengguna lain yang tertarik pada konten kamu. Munculnya berbagai reaksi dan interaksi menjadi kesempatan bagus untuk mengundang mereka berkunjung ke website kamu.

Pengertian Social Signal Dan Fungsinya Untuk Website
Pengertian Social Signal Dan Fungsinya Untuk Website

Keberadaan media sosial mempunyai pengaruh besar terhadap SEO. Pasti kamu pernah melihat halaman Facebook berada di 10 top pertama SERP, kan? Bukan hanya Facebook, tapi terkadang juga Twitter dan Instagram. Ini berarti konten yang ada pada media sosial tersebut telah terindeks oleh robot Google. Faktor yang penyebab hal ini dapat terjadi adalah adanya Social Signal. Apa sih Social Signal itu? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Baca Juga Artikel SEO Lain nya Klik Link dibawah ini : 

5 Cara Mendaftar Member Citilink Tanpa Perlu Ribet

Pengertian Social Signal

Social signal merupakan jumlah keseluruhan dari aktivitas ketika URL website dishare, like, pin, subscribe dan lainnya di media sosial, yang dilakukan oleh pengunjung website. Social signal menjadi penentu seberapa populer website punya kamu di media sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, Pinterest, dan sebagainya.

Fungsi Social Signal Untuk Website

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, meskipun banyak orang tidak mempercayai kalau media sosial dapat berdampak untuk SEO, faktanya secara tidak langsung social signal mampu memberikan pengaruh pada mesin pencarian. Berikut beberapa fungsi secara tidak langsung dari social signal untuk website.

1. Penyeimbang Backlink Website

Fungsi pertama dari social signal yaitu menyeimbangkan jumlah backlink yang terdapat pada website. Sebuah website yang mendapatkan puluhan backlink setiap minggunya berarti juga mempunyai social signal. Tingginya angka social signal yang ada menunjukkan bahwa website sedang ramai jadi bahan perbincangan di media sosial. Akan terlihat kurang ideal bagi Google saat hal itu terjadi, website hanya berisikan backlink tanpa social signal.

2. Membuat Efek Populer

Social signal dari berbagai platform media sosial dapat menciptakan efek viral terhadap brand bisnis kamu, sehingga Google tertarik dengan website kamu dan mengganggapnya penting untuk ditampilkan di SERP.

3. Menambah Inbound Link Dan Citation

Media sosial dapat meningkatkan kesadaran para penggunanya pada kemunculan suatu brand. Semakin mudah website kamu ditemui baik di media sosial maupun forum online lainnya, maka akan semakin mudah juga website kamu direkomendasikan. Banyaknya jumlah inbound link dan citation URL website kamu bisa menjadi salah satu faktor penting yang bernilai untuk membantu menaikkan peringkat situs website kamu nanti di SERP.

4. Peningkatan Jumlah Ulasan Positif Dari Pelanggan

Media sosial sering dijadikan tempat bagi pebisnis untuk membangun hubungan dengan para pelanggannya dan berburu ulasan positif dari mereka terkait produk bisnis yang ditawarkan. Pelanggan yang suka scroll media sosial biasanya akan menulis ulasan pengalaman mereka saat menggunakan produk atau mereview produk kamu di kolom komentar yang ada pada konten unggahan.

Peningkatan Jumlah Ulasan Positif Dari Pelanggan
Peningkatan Jumlah Ulasan Positif Dari Pelanggan

Kemudahan ini dapat membuat hubungan antara pebisnis dan pelanggan menjadi lebih dekat serta meningkatkan kepercayaan mereka terhadap brand kamu. Jika kepercayaan sudah ada, selain penjualan naik, hal itu bisa juga dimanfaatkan untuk mendongkrak jumlah pengunjung ke website kamu. Caranya, seringlah melakukan interaksi dengan pelanggan, membagikan konten informatif ke mereka sembari menyisipkan backlink yang mengarah ke situs kamu.

5. Menurunkan Angka Bounce Rate Website

Para pelanggan yang telah mengenal brand kamu sejak lama di media sosial, pasti akan cenderung setia mengunjungi situs website kamu. Bukan hanya berkunjung untuk beberapa menit saja, biasanya mereka akan beraktivitas di halaman website dalam waktu yang lebih lama. Aktivitas ini memberikan dampak yang bagus untuk website karena membuat angka bounce rate website menjadi rendah. Bounce rate adalah jumlah keseluruhan pengunjung website yang hanya membuka satu halaman saja dan langsung keluar dari situs.
Perlu kamu ketahui bahwa website yang mempunyai angka bounce rate tinggi menunjukkan kalau kualitas konten website tersebut sangatlah buruk. Padahal semakin lama pengguna melakukan tindakan apa pun di halaman website, bisa menarik perhatian robot Google agar website mendapat peringkat paling atas di SERP.

6. Meningkatkan Peringkat Website

Terkadang backlink yang sudah ada belum memberikan pengaruh apa-apa karena belum seimbang dengan jumlah social signal. Oleh karena itu, sebenarnya social signal sangat penting dan dibutuhkan untuk membantu mengaktifkan backlink website.

Meningkatkan Peringkat Website
Meningkatkan Peringkat Website

Jika kamu baru saja membuat website, cobalah minta bantuan kepada teman dan saudara kamu untuk share website punya kamu di media sosial mereka. Atau gunakan layanan berbayar seperti Omni Rank Social Signal, kamu akan ditawari beberapa paket berisi social signal dengan jumlah tertentu dari berbagai platform media sosial.

Baca juga Bahwa Social Signal Bukan Hanya share Link,  dibawah kita kasih Alternatif Social Signal dengan : Apa Itu Meta Tag Dan Jenisnya?

Kesimpulan

Social signal adalah kegiatan share, pin, subscribe, like dan sebagainya terhadap URL website melalui media sosial. Social signal berfungsi menyeimbangkan backlink yang dimiliki sebuah website sehingga bisa memaksimalkan strategi SEO untuk meningkatkan trafik website di mesin pencari. Semoga artikel ini bisa membantu kamu memahami social signal beserta fungsinya dengan jelas, ya!

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.