Pengertian Algoritma Google Dan Update Perubahannya

Dalam beberapa Tahun yang lalu , Mbah Google telah mencetak rekor melakukan perubahan algoritma pada mesin pencarinya sampai 2000 kali lebih! , Perubahan ini merupakan Perubahan Mayor dan Perubahan Minor . Awal perbaruan algoritma Google bermula pada tahun 2012 dan pada bulan Desember tahun 2021 kemarin Google mengumumkan penambahan perhitungan algoritma mesin pencari dengan konsep Product Review Update, yaitu algoritma yang berasal dari konten-konten review berbahasa Inggris. Dimana Setiap Produk atau Barang yang memperoleh review dari Wesite lain akan menjadi peringkat Pertama di SERP nya. Masih Ingatkah anda zaman PTR sangat berjaya ??

Pengertian Algoritma Google Dan Update Perubahannya
Pengertian Algoritma Google Dan Update Perubahannya

Pembaharuan Algoritma terus dilakukan  dari waktu ke waktu, ini karena Google ingin membuat pengalaman penggunanya semakin lebih baik dalam artian User Ekperience akan lebih sempurna dan halaman hasil pencarian nya akan semakin bagus dan Obyektif.Namun, bukan berarti algoritma baru akan menggantikan secara mutlak dari algoritma lama. Beberapa dari Algoritma   hanya berperan untuk menguatkan kinerja dari algoritma utama. Sangat penting bagi kita mengetahui update perubahan algoritma Google terbaru agar dapat mengatur strategi SEO (Search Engine Optimization) yang benar dan pas. Sebelum itu, pahami terlebih dahulu apa itu algoritma Google menurut Term definisi nya. Tanpa basa basi lagi, langsung simak penjelasan lengkapnya berikut.

Baca Juga Artikel Kami Tentang SEO Lain nya :

Bagaimana Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Pengertian Algoritma Google
Algoritma Google adalah sebuah sistem perhitungan data indeks pencarian yang mengimplementasikan sebuah ketikan pencarian oleh seorang user ke dalam bahasa komputer. Sistem ini akan menampilkan hasil pencarian Google yang relevan dengan keyword yang diketik pengguna pada kotak pencarian. Sederhananya, Anda harus memenuhi aturan yang terdapat pada rule algoritma , bila ingin website Anda mendapat rangking paling tinggi di hasil penelusuran.

Macam-Macam Algoritma Google

Tercata Banyak sekali Perubahan atau Update Ago Google ,dengan ditandai dengan Nama-nama yang berbeda-beda pula. Tahun 2012 menjadi tahun mulai Google membuat perubahan pada algoritma mesin pencarinya. Meskipun melakukan pembaruan ribuan kali setiap tahun, tapi sebagian besar pembaruan tersebut memang kecil. Sehingga terkadang Google akan meluncurkan semacam perhitungan algoritma utama yang secara signifikan dapat mempengaruhi SERP (Search Engine Result Page). Berikut adalah beberapa macam algoritma Google utama dan masih eksis sampai sekarang :

1.Saat Google mengeluarkan Algo Panda

Algoritma Google Panda merupakan algoritma yang bertugas untuk melakukan pemilahan terhadap konten halaman web berdasarkan 5 aspek, antara lain :
• Keyword stuffing (memasukkan terlalu banyak keyword)
• Plagiarisme
• Spam link
• Konten terlalu pendek
• Tidak mengutamakan pengalaman pengguna

Algoritma Panda pertama kali liris pada tanggal 24 Februari 2011 dan tiap tahunnya terus mendapat penyempurnaan hingga bulan Juli 2015. Google akan menilai lebih situs-situs yang mempunyai konten berkualitas. Kwalitas Kontent tentunya berdasarkan Keterbacaan dan juga bisa memberikan perincian terbaik untuk User yang masuk kesitus . Bahkan web Anda dapat terancam hilang dari mesin pencari (Deindex dan Sandbox), jika konten web Anda tidak memenuhi standar peraturan dari Google.

Google mengukur Kwalitas kontent akan bisa di indikatori dengan Bounce rate , atau tingkat kecepata keluar seorang pengguna dari situs itu.Semakin lama seorang user membaca situs atau senang didalamnya, semakin bagus peringkat situs itu dimata Panda.

2. Mengurutkan Hasil pencarian berdasarkan lokasi Algo nya Google Venice

Nama Algo Selanjutnya adalah Google Venice, yang berfungsi untuk membuat algoritma hasil pencarian berdasarkan lokasi pengguna menurut IP Address mereka. Sebagai contoh, bila Anda mengetikkan query “candi” maka mesin pencari secara default akan menampilkan candi-candi yang ada di Indonesia, bukan candi yang berada di Singapura, Thailand, atau yang lainnya.

3. Galak nya Algo Google Penguin

Di tanggal 24 April 2012 menjadi hari  dimana algoritma Google Penguin mulai diluncurkan dan terus mengalami pembaruan, Pembaharuan Algo Penguin ini Mengerikan sekali buat para pecinta SEO, karena terjadi dari Versi satu sampai pada versi ke empatnya tahun 2016. Tugas utama dari update ini adalah memberikan pembaharuan algoritma spam backlink. Google akan mengurangi rangking halaman web yang mempunyai spam link di dalamnya, bahkan mungkin membuat web tersebut menjadi sandbox. Pastikan web Anda menanam link sewajarnya saja, usahakan membuat backlink natural dan menggunakan anchor text yang relevan.Ganas nya penguin masih terngiang sampai sekarang.

4. Google Pirate

Algoritma Google Pirate sangat berjasa bagi para webmaster maupun blogger dalam membantu mereka membasmi konten bajakan dan melanggar hak cipta. Biasanya Google Pirate akan mendeteksi web-web download lagu, film, app premium, dan buku gratisan agar pengguna dapat melaporkan konten-konten ilegal tersebut ke Google melalui layanan DMCA. Namun, fakta menunjukkan kalau sampai saat ini tak sedikit halaman web masih melakukan pelanggaran.

5. Ganas nya Update Google Hummingbird

Algoritma Google Hummingbird pertama kali aktif pada tanggal 22 Agustus 2013 dan berfokus untuk menentukan konten mana saja yang sesuai dengan keyword ketikan pengguna di kolom pencarian Google. Fokus nya algo menuju ke arah isi Content banyak menyebabkan situs-situs yang sengaja memakai Keyword on domain tidak lagi bisa menang telak di SERP. Kamipun banyak mengkoleksi Keyword On domain untuk hal itu, tapi merasa terbabat habis karena algo ini.

6. Update Algo Google Pigeon

Google Pigeon muncul pada tahun 2014 tepatnya tanggal 24 Juli dan berperan untuk membuat algoritma pencarian lokal. Misalnya, bila Anda memasukkan query “hotel” maka mesin pencari Google akan memberi hasil berupa daftar hotel yang berada di daerah lokal sekitar Anda/ berdasarkan pengaturan Google Maps.

7. HTTPS/ SSL

Pada tanggal 6 Agustus 2014, Google menetapkan algoritma HTTPS/ SSL sebagai faktor prioritas penentu ranking sebuah web. Adapun manfaat lain dari algoritma ini, seperti mengurangi potensi Pencurian data pribadi pengguna  dan menjaga perangkat pengguna dari malware. HTTP dengan SSL ini diyakini bisa memberikan penjagaan pada user yang memasuki website tersebut. Sehingga hal ini memberikan nilai tersendiri untuk perangingan pada situs yang mempergunakan https jika dibanding dengan http saja.

8. Muculnya Aturan Mobile First Index

Algoritma Mobile First Index dikenal juga dengan nama Mobilegeddon dan rilis pada tanggal 26 Maret 2018. Algoritma Google yang satu ini menghitung indeks web dengan tampilan mobile friendly. Disnilah para webmaster mulai berfikir untuk membuat sebuah situs yang respondsif jika dilihat dari versi mobile / android. Penggunakan Kata respondsif sangat populer hingga sekarang.

9. Menyempurnakan Algo dengan Google Rankbrain

Google Rankbrain menjadi algoritma terpenting ,dan memperbaiki hasil pencarian di SERP, Algorithma ini diterbitkan sejak tahun 2015. Pada  algoritma Google Rankbrain memberikan hasil sesuai dengan relevansi keywordnya,sehingga keyword yang diketik akan memberikan solusi informatif untuk para pengguna mesin Pencari terbesar kita.

10. Melaunching Update Mobile Speed

Algo yang satu ini Mulai diluncurkan Google pada 9 Juli 2018, algoritma ini ramah untuk web yang dapat terakses cepat menggunakan perangkat mobile,di saat muncul Algorithma ini sebuah kecepatan website atau sering disebut dengan Pagespeed ,adalah angka mutlak untuk ditingkatkan oleh para webmaster.

11. Google BERT

Setalah Google menyediakan fitur Voice Search Assistant, algoritma Google BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers) mulai dibuat untuk membantu memahami bahasa sehari-hari para pengguna berdasarkan machine learning.

Diatas kita telah jelaskan beberapa pengertian dari Nama-nama Pembahruan Algoritma Google dan berbagai macam fokus penyepurnaan nya. Sebenarnya masih ada banyak sekali pembaruan algoritma Google yang lain, dan pembahasan di atas hanya sebagian saja. Lain kali saya sambung lagi kalau mooed sudah membaik…. Meskipun begitu, semoga artikel ini dapat menambah sedikit wawasan Anda tentang Algoritma Google. Aamiin.

Baca Juga Artikel Kami Tentang SEO Lain nya :

Pengertian Dan Manfaat SEO, SEO On Page, SEO Off Page

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.