Pengertian Internet Marketing Menurut Para Ahli

Internet marketing adalah sebuah usaha promosi dan pemasaran suatu produk ataupun jasa lewat situs internet. Ada beragam pengertian internet marketing menurut para ahli, mereka memberikan pendapat dari hasil pemikiran kritis sampai praktis. Internet marketing bukan hanya menjadi strategi pemasaran online, tapi juga sebagai sarana untuk menjaga interaksi dan komunikasi dengan pelanggan di internet. Berikut ini beberapa pengertian internet marketing menurut para ahli.

Pengertian Internet Marketing
Pengertian Internet Marketing

1. Philip Kotler dan Gary Armstrong

Menurut buku karya Kotler dan Armstrong berjudul “Prinsip-prinsip Pemasaran” tahun 2008, mereka berpendapat bahwa internet marketing bisa diartikan sebagai sebuah bentuk pemasaran yang mempunyai basis yaitu situs publik dan bisa memberi pengaruh besar terhadap jaringan komputer yang berasal dari berbagai daerah di seluruh belahan dunia. Jaringan komputer tersebut terhubung satu sama lain membentuk sebuah wadah informasi yang sangat besar.Lebih sederhana lagi Kotler dan Amstrong beranggapan kalau internet marketing merupakan bagian dari e-marketing dan e-business. Jadi sangat penting untuk memanfaatkan internet marketing ini untuk membangun loyalitas hubungan relasi dengan pelanggan.

Dalam buku yang ditulis oleh Kotler berjudul “Manajemen Pemasaran”, Kotler menulis ada dampak internet terhadap pemasaran suatu bisnis di antaranya internet dapat merubah praktik dan efisiensi bisnis. Para pelaku bisnis pasti mempunyai banyak informasi mengenai harga produk mereka, kualitas produk bahkan para pemasoknya. Dengan penggunaan internet marketing akan memudahkan mereka bersaing melakukan penjualan dan transaksi secara online.

Dalam bukunya tersebut, Kotler juga berpendapat bahwa setiap pelaku bisnis harus membuat website yang bisa menjelaskan tujuan, latar belakang, produk, visi dan misi serta beberapa hal lain terkait bisnisnya. Mempunyai website bisa memudahkan para pembeli untuk menghubungi nomor telepon bisnis dengan cepat. Update terkait produk dan layanan terbaru juga bisa diubah secara berkala dan informasi perubahan akan sampai ke pelanggan hanya dalam hitungan detik.  Lantas Apa saja uang Lingkup Internet Marketing  Itu ??? Nanti kita akan bahas :ebih Lanjut dalam Artikel tersendiri.

Baca Juga : Cara Research Keyword Dengan Google Planner

2. E Coupey

Menurut jurnal artikel yang ditulis Coupey dengan judul “Marketing and the Internet: Conceptual Foundations”, internet marketing dapat berarti sebuah sarana komunikasi di antara penjual dan pembeli maupun jutaan orang lainnya. Penggunaan internet marketing bukan hanya menjadi strategi pemasaran efektif saja tapi sebagai sarana latihan beradaptasi untuk semua orang terhadap cara komunikasi masa kini. Hal ini dapat memungkinkan memberi jangkauan pasar lebih luas.

3. Welly Mulia

Di dalam salah satu tulisan karya Welly Mulia tahun 2009, Mulia berpendapat pengertian internet marketing adalah sebuah sarana berupa tempat pemasaran produk dan jasa melalui situs internet.

4. Chaffey

Berdasarkan buku yang ditulis oleh Chaffey, internet marketing adalah bentuk kerja sama aplikasi internet dan berbagai teknologi digital terkait untuk mencapai tujuan pemasaran online. Teknologi pendukung tersebut antara lain kabel-kabel, satelit, media internet, perangkat lunak, perangkat keras, dan lainnya yang diperlukan dalam pelaksanaan internet marketing.
Sehubungan dengan itu, Chaffey memberi penjelasan lebih tentang internet marketing yang mempunyai arti sama dengan e-marketing atau electronic marketing. Dimana setiap bagian bisa menjelaskan mengenai pengelolaan dan eksekusi suatu pemasaran melalui media elektronik seperti email dan website. Ditambah dengan menggunakan wireless media yang mampu memberi informasi data digital tentang kebiasaan dan karakteristik perilaku pembeli.

5. Chen-Ling dan Lie

Dalam Journal of American Academy Of Business, ada salah satu artikel yang ditulis oleh Chen-Ling dan Lie. Mereka berdua berpendapat bahwa internet marketing adalah proses pemasaran produk dan layanan ke pembeli dengan memanfaatkan website. Pembeli dapat lebih mudah mendapatkan akses informasi produk maupun jasa yang ditawarkan kapanpun dan dimanapun selama masih terhubung dengan jaringan internet.

6. El-Gohary

Pada jurnal artikel yang ditulis oleh El-Gohary tahun 2010 berjudul “E-marketing. A Literature Review From A Small Business Presprective”, merumuskan pengertian internet marketing sebagai nilai filosofi baru dan sebuah praktek bisnis modern. Informasi bisnis dan pemasaran produk ataupun jasa melalui jaringan internet adalah hal-hal yang berhubungan satu sama lain agar kebutuhan dan tujuan antara penjual dan pembeli dapat tercapai.

7. Mohammed

Sedangkan menurut Mohammed dalam bukunya yang berjudul “Internet Marketing: Building Advantage in a Networked Economy” terbit tahun 2003, mendefinisikan internet marketing sebagai proses membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan lewat kegiatan online berupa pertukaran ide, produk, maupun jasa yang bisa memberi kepuasan kepada mereka.

8. David George

Menurut David dan George pada buku yang ditulis keduanya berjudul “Marketing Research”, internet marketing atau pemasaran internet adalah penggunaan jaringan internet untuk memperoleh pelanggan. Perubahan aktivitas para pengguna internet bisa sangat cepat dan membuat mereka dapat melakukan komunikasi dengan cara paling terkini, ini bisa membawa suatu peluang bisnis maupun industri baru.

9. Dianawati

Menurut Dianawati pada jurnal artikel yang ditulis tahun 2007, pemasaran online berarti suatu kegiatan komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan media internet. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, pemasaran online bukan hanya dilakukan melalui website, tapi bisa juga dengan email dan media digital lain yang berjalan menggunakan internet.

Demikian Tadi Beberapa Refernsi tentang Pengertian Internet Marketing Menurut Beberapa Ahli, Nanti kita akan bahas Lebih Detail dalam Artikel- Artikel menarik lain nya

Baca Juga : Apakah Ruang Lingkup Internet Marketing Berbeda Dengan Digital Marketing? Yuk Simak Penjelasannya Di Sini!

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.