TRABASAN. Usaha angkringan dengan konsep angkringan lesehan termasuk salah satu usaha yang memiliki prospek cerah saat ini. Terutama  era pasca pandemi ini, banyak orang yang merasa stres, jenuh dan bosan di rumah saja. Mereka ingin keluar rumah menikmati pemandangan yang indah bersama keluarga. Mereka ingin merajut keharmonisan keluarga dan sekedar duduk bersama keluarga dan makan bersama-sama. Ini adalah value yang dicari banyak orang.

Bayangkan saja, di era pandemi pemerintah menerapkan PPKM berlevel-level dan berjilid-jilid. Banyak tempat hiburan yang tutup. Akhirnya banyak orang yang hanya diam di rumah saja. Maka, selepas pandemi mereka membutuhkan suasana baru. Suasana yang cerah, teduh dan menyenangkan.

Salah satunya adalah keluar bersama keluarga untuk bercengkerama dan bersenda gurau. Salah satu tempat yang sangat tepat untuk melakukannya adalah di angkringan. Usaha angkringan lesehan menyimpan potensi yang besar, target market spesifik dan memiliki daya beli tinggi.

Penasaran bagaimana langkah-langkah membuat angkringan? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Potensi Usaha Angkringan Lesehan

Usaha apa yang menjanjikan untuk saat ini? Salah satu usaha yang menjanjikan adalah dengan konsep angkringan lesehan. Namun, sebelum Anda memulai sebuah usaha angkringan, maka Anda perlu melihat potensinya. Seberapa besar potensi marketnya. Apakah marketnya ada atau tak ada.

Market benar-benar ada dan eksis atau hanya asumsi Anda saja. Ada perlu melakukan validasi. Cek juga seberapa besar daya beli mereka. Melihat potensi usaha angkringan sama dengan melihat potensi keuntungan yang akan Anda peroleh.

Sehingga Anda tak akan merasa kecewa setelah Anda membuka usaha angkringan. Ternyata, mereka tak mau datang ke usaha angkringan Anda karena Anda tak melakukan survei, validasi dan perhitungan yang matang.

Padahal, Anda sudah banyak memeras tenaga dan pikiran. Dana Anda banyak keluar untuk membeli peralatan dan sewa tempat. Uang pribadi dan uang investor banyak tersedot untuk memulai bisnis angkringan ini.

Bukan hanya itu, Anda juga sudah merekrut banyak tenaga kerja. Tapi apa hasilnya? Usaha angkringan Anda sepi pembeli. Hasilnya beda dengan apa yang ada dalam angan-angan Anda.

Jadi, menggali potensi usaha dan bisnis jauh lebih penting daripada memulai usaha itu sendiri.

Bagaimana langkah-langkah membuat usaha angkringan yang sukses? Berikut tahapannya:

Target Market Usaha Angkringan

Target market usaha angkringan
Target market usaha angkringan

Sebelum Anda memulai usaha angkringan, Anda perlu menetapkan siapa target market usaha angkringan Anda. Tanpa menetapkan target market yang tepat, maka:

  1. Anda tak bisa menetapkan tempat angkringan yang tepat
  2. Menentukan menu yang sesuai dengan keinginan konsumen
  3. Membuat strategi promosi yang masif dan tepat sasaran

Pendek kata tanpa menetapkan siapa calon pembeli Anda, maka Anda hanya akan meraba-raba.

Padahal, melakukan usaha tanpa perencanaan yang matang itu sangat berisiko. Apalagi bagi Anda seorang pemula. Kata kunci sukses membuka usaha angkringan pertama adalah mengetahui siapa calon pembeli Anda.

Mengetahui calon pembeli secara mendalam, maka Anda tahu apa kebutuhan mereka. Sehingga Anda bisa menetapkan tempat, menu, layanan dan cara promosi yang tepat untuk mendatangkan mereka pada usaha angkringan Anda. Menarik, bukan?

Menemukan Kompetitor yang Sudah Sukses

Menemukan kompetitor yang sudah sukses
Menemukan kompetitor yang sudah sukses

Sebelum Anda memulai usaha angkringan, Anda perlu melakukan riset yang mendalam. Salah satunya adalah mencari siapa kompetitor angkringan Anda. Jangan pernah membuka usaha yang tidak ada kompetitornya.

Mengapa? Karena kemungkinan besar usaha itu tidak ada calon pembelinya. Dalam membuka usaha, Anda tak boleh hanya berasumsi saja. Tetapi Anda perlu melakukan riset, penelitian dan memiliki data pendukung yang cukup kuat.

Peluang kegagalan Anda terlalu besar bila Anda hanya melakukan usaha berbekal asumsi saja.

Padahal, untuk membuka usaha:

  • Anda perlu meluangkan banyak waktu
  • Mengeluarkan modal yang cukup besar
  • dan merekrut karyawan

Pendek kata, tanpa perencanaan yang matang, maka Anda menyiapkan kegagalan sejak awal. Nggak mau, kan?

Pemilihan Lokasi yang Strategis

Setelah Anda menemukan siapa calon  pembeli Anda, Anda juga sudah menemukan siapa kompetitor (pesaing) usaha angkringan Anda. Maka Anda sudah punya gambaran, usaha angkringan seperti apa yang akan Anda mulai.

Anda bisa menemukan lokasi strategis yang sesuai dengan karakteristik calon customer angkringan Anda. Layaknya usaha properti, pemilihan lokasi usaha angkringan sangat menentukan kesuksesan Anda.

Sebaliknya, pemilihan lokasi yang kurang tepat, sulit mendatangkan membeli. Tak ada pembeli sama dengan tak ada penjualan. Tak ada penjualan ya tak ada pemasukan. Nggak ada pemasukan, maka suaha Anda akan segera tutup.

Bukankan usaha dan bisnis ibarat tubuh manusia. Penjualan dan cash ibarat darahnya. Manusia hanya mampu hidup bila punya darah yang cukup. Tanpa adanya aliran darah, maka manusia akan segera mati. Begitu menurut ilmu medis.

Begitu juga dengan usaha dan bisnis. Tanpa adanya aliran cash yang masuk lewat penjualan, maka usaha dan bisnis Anda akan segera tutup.

Maka, Anda perlu segera melakukan riset mendalam untuk menetapkan di mana lokasi Anda membuka usaha angkringan. Lokasi yang strategis, akan memudahkan calon costumer menemukan usaha angkringan Anda.

Anda juga perlu memperhatikan lokasi parkir. Bila target market Anda adalah orang-orang  kaya yang berpenghasilan besar, maka Anda perlu mempersiapkan parkir yang luas dan nyaman untuk mobil.

Bagi orang-orang berduit, lahan parkir jadi salah satu pertimbangan untuk berhenti dan mencoba menu angkringan Anda.

Jika parkiran Anda luas dan nyaman, maka mereka akan merekomendasikan usaha angkringan Anda pada kolega, partner, sahabat dan teman-teman mereka. Menarik, bukan?

Pilihan Menu yang Menarik

Menu yang menarik
Memilih Menu yang menarik

Bila konsep angkringan lesehan Anda memiliki lokasi yang sangat strategis, maka Anda sudah memegang satu kunci untuk  mendatangkan calon pembeli potensial. Tugas Anda berikutnya adalah menyiapkan menu makanan yang menarik. Pastikan Anda menyiapkan menu yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Menu menarik bukan berarti menu yang asing dan mahal. Tetap pastikan Anda menetapkan menu yang sesuai dengan lidah calon pembeli Anda. Jangan pernah melakukan uji coba untuk menu yang belum pernah teruji, laku dan laris manis.

Menu yang tidak tepat hanya akan membuat pembeli kecewa. Bila mereka kecewa, mereka tak akan datang lagi. Bukan hanya itu, mereka tidak sekedar tak mau datang lagi tetapi mereka tidak akan merekomendasikan usaha angkringan Anda.

Sebaliknya, bila usaha angkringan Anda menarik, memiliki menu makanan yang enak dan bervariasi, maka mereka dengan senang hati akan merekomendasikan usaha Anda.

Salah satu rekomendasi yang tanpa mereka sadari adalah saat mereka makan-makan  di angkringan yang tepat. Maka, mereka akan melakukan selfie, foto-foto dan mengunggahnya di sosial media mereka.

Maka tanpa Anda sadari apa yang mereka lakukan adalah promosi  menarik dan gratis. Orang suka penasaran bila ada temannya yang melakukan share, makan-makan di sebuah angkringan.

Mereka akan kepo dan penasaran. Hingga suatu saat mereka akan datang untuk mencoba menu angkringan Anda. Menarik, bukan?

Harga yang Kompetitif

harga yang kompetitif
Strategi Harga yang Kompetitif

Harga menjadi salah satu faktor penting bagi seseorang untuk masuk ke rumah makan. konsep angkringan lesehan Anda bisa menetapkan harga yang kompetitif.  Memang bagi sebagian orang harga tak jadi masalah tetapi bagi sebagian yang lain harga itu jadi masalah.

Maka Anda bisa menetapkan harga sesuai dengan target market yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Bila Anda menetapkan target market keluarga yang punya mobil, membutuhkan kenyamanan, rasa yang enak, pelayanan yang maksimal. Maka, Anda bisa menetapkan harga yang mahal.

Tentu harga mahal ini bisa Anda sesuaikan dengan aneka menu yang Anda siapkan dan layanan yang Anda berikan. Menyuguhkan aneka menu yang menarik, enak dan tak biasa ditambah dengan layanan ekstra bisa jadi  faktor penting Anda menetapkan harga mahal.

Anda perlu ingat selalu bahwa tidak setiap orang membutuhkan harga murah. Karena banyak orang yang menganggap bahwa harga murah identik dengan murahan.

Saran terbaik penulis, jangan mencantumkan harga menu angkringan Anda di halaman depan.  Karena orang-orang yang berduit, punya mobil mereka akan malu makan di tempat yang harganya murah.

Bukan berarti Anda tidak boleh menetapkan harga murah dengan kualitas yang bagus. Tetapi sebagian orang merasa gengsi bila berhenti di rumah makan angkringan yang menunya murah.

Apalagi mereka mau melakukan selfie dan upload ke media sosial mereka. Jangan pernah berharap.

Untuk memulai usaha angkringan, Anda tak perlu dana yang besar. Punya modal 10 juta usaha apa ya? Anda bisa mencoba usaha angkringan lesehan.

Strategi Promosi yang Cantik

Tahapan penting memulai usaha dengan konsep angkringan lesehan adalah melakukan promosi yang tepat. Promosi adalah aktivitas mengenalkan usaha angkringan Anda kepada target market yang sudah Anda tetapkan sebelumnya.

Anda bisa membuat strategi promosi online dan offline. Promosi online bisa Anda lakukan dengan membuat akun sosial media. Baik di Facebook, Instagram, membuat website dan membuat video Youtube.

Anda perlu membuat konten-konten yang menarik untuk mengenalkan usaha angkringan Anda. Mulai dari letak geografis usaha angkringan Anda yang nyaman dan menarik, aneka menu angkringan yang bikin orang ngiler.

Siapkan juga foto makanan dan minuman yang eye caching.  Sehingga siapapun yang melihat postingan Anda, akan merasa penasaran untuk datang dan mencobanya.

Anda juga bisa membuat promosi offline untuk menarik orang datang ke angkringan Anda. Salah satunya adalah dengan membuat banner yang besar di sudut-sudut jalan.  Lakukan juga promosi masif di radio, koran dan surat kabar.

Anda bisa melakukan launching saat pertama kali membuka usaha angkringan Anda. Jangan lupa untuk mengundang tokoh penting yang ada di kota Anda.

Melakukan publikasi besar-besaran sebelum melakukan launching. Maka target mereka akan datang dengan antusias untuk mencoba menu angkringan Anda.

Layanan Sepenuh Hati

Layanan sepenuh hati
Layanan sepenuh hati

Memberikan layanan terbaik adalah faktor penting yang kurang mendapat perhatian dari sebagian besar usaha kecil. Termasuk pengelola usaha angkringan. Mereka mengira bahwa orang datang hanya untuk membeli makanan.

Padahal, mereka datang untuk membeli kenyamanan. Pastikan Anda memberikan sambutan terbaik kepada calon pembeli yang datang. Sapa mereka dengan senyum, salam dan sapa.

Persilakan mereka untuk duduk dan memilih tempat terbaik. Tanyakan apa kebutuhan mereka. Apa yang bisa Anda bantu untuk membuat mereka bahagia dan senang bersama keluarganya. Layani mereka sepenuh hati, maka mereka akan menyerahkan uangnya kepada Anda dengan sukarela.

Penutup

Di era sekarang ini terlalu banyak peluang usaha yang bertebaran di sekitar kita. Salah satunya adalah usaha dengan konsep angkringan lesehan kekinian. Pasca pandemi ini semakin banyak orang yang membutuhkan kenyamanan untuk membangun hubungan harmonis dengan keluarganya.

Maka salah satu upaya yang mereka lakukan adalah keluar bersama keluarga, bercengkerama bersama di rumah makan. Salah satu tempat makan favorit banyak orang adalah angkringan. konsep angkringan ini memberikan penawaran pada orang-orang agar leluasa duduk, ngobrol bersama keluarga dan membahas sesuatu yang ringan-ringan saja.

Inti dari usaha angkringan adalah Anda perlu menghadirkan kenyamanan bagi pengunjung yang datang. Pastikan mereka tidak perlu antri terlalu lama untuk menunggu menu favorit mereka. Pastikan mereka memperoleh layanan terbaik Anda.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.