Tak sedikit penulis artikel web dan blog ingin membuat artikel mereka tembus posisi teratas halaman pertama hasil pencarian Google. Namun, kebanyakan dari mereka hanya sekedar menulis dan mempublish artikel tanpa mempraktekkan teknik SEO yang baik. Padahal, membuat artikel SEO mempunyai beberapa manfaat seperti mendorong konversi pengunjung dan menaikkan nilai pendapatan dari Google Adsense.

Cara-Membuat-Artikel-SEO-Friendly
Cara-Membuat-Artikel-SEO-Friendly

Lalu, bagaimana cara dan tips membuat artikel SEO friendly? Yuk, simak pembahasan lebih lengkapnya berikut ini :

1. Artikel Fokus Pada Satu Topik

Hal pertama dan utama dalam membuat artikel adalah menentukan topik. Pilih satu topik saja untuk dibahas dalam artikel. Selain membantu membangun penggunaan keyword yang berkaitan supaya proses crawling berjalan lancar, berfokus pada satu topik bisa memudahkan pengunjung untuk memahami informasi yang dibahas di dalam artikel dengan jelas. Contohnya, saat ingin membuat artikel tentang “cara menanam bunga mawar”, berarti Anda harus fokus menulis panduan langkah-langkah bagaimana menanam bunga mawar. Jika ingin membahas jenis-jenis bunga mawar atau jenis pupuk organik untuk tanaman bunga mawar, sebaiknya tulis pembahasan tersebut dalam artikel yang berbeda.

Baca Juga : Cara Research Keyword Dengan Google Trends

2. Buat Struktur Artikel Yang Baik

Setelah memilih topik, jangan lupa untuk perhatikan strukur artikel Anda nanti. Dengan membuat struktur artikel yang baik, bisa membantu Anda pada saat proses menulis agar berjalan lancar serta memudahkan pengunjung memahami alur informasi yang disampaikan di dalam artikel. Pada umumnya, struktur artikel terdiri dari tiga bagian, antara lain :
• Pembuka – Bagian awal artikel berisi latar belakang dan tujuan artikel.
• Isi – Penjelasan topik utama secara detail.
• Kesimpulan – Bagian akhir artikel berisi kesimpulan.

3. Buat Artikel Berbentuk Paragraf Singkat

Untuk menghasilkan artikel yang baik, Anda bisa menulis artikel dalam bentuk paragraf singkat. Membuat setiap paragraf berisikan penjelasan secara garis besar dan saling berhubungan. Anda bisa membuat maksimal tiga hingga empat kalimat di setiap paragrafnya untuk memudahkan pengunjung mencari kebutuhan informasi mereka dan membaca penjelasan dengan lebih ringan.

4. Riset Keyword Dan Gunakan Keyword Yang Tepat

Salah satu penentu utama agar artikel mendapat banyak pengunjung adalah penggunaan keyword tertarget pada artikel. Anda dapat melakukan riset keyword terlebih dahulu terhadap semua artikel kompetitor yang mempunyai performa baik. Amati dan tiru keyword yang berpeluang memberi pengaruh untuk artikel Anda agar menempati halaman pertama SERP (Search Engine Result Page). Anda bisa juga menggunakan tools riset keyword berbayar seperti Ahrefs, maupun gratis misalnya Google Trends.

5. Gunakan Keyword Turunan

Supaya artikel menjadi SEO friendly, penggunaan keyword perlu ditulis lebih dari satu kali. Tapi tetap masukkan keyword dengan wajar, sebagai contoh untuk artikel 1000 kata cukup lakukan 5-10 pengulangan keyword. Anda bisa memvariasikannya dengan keyword turunan. Misalnya, bila keyword utama “sepatu wanita” maka keyword turunannya bisa “sepatu sneakers wanita” dan “sepatu sandal wanita terbaru”.

6. Sisipkan Internal Dan Eksternal Link

Menanam link baik internal maupun eksternal sangat bermanfaat untuk membuat artikel SEO. Link internal akan mengarahkan pengunjung ke artikel lain yang masih relevan dalam website Anda. Sedangkan, eksternal link bisa menjadi sumber kredibel bagi artikel Anda agar semakin mendapat kepercayaan pengunjung. Alhasil pengunjung betah berlama-lama membaca artikel Anda. Ingat jangan sisipkan kedua jenis link ini pada artikel Anda dengan jumlah terlalu banyak jika tak ingin dianggap spam oleh Google.

7. Tambahkan Gambar Dan Video

Menambahkan gambar seperti infografis, ilustrasi, tabel, meme dan video dalam artikel Anda juga masuk sebagai tips membuat artikel SEO friendly. Anda bisa mendowload gambar ataupun video untuk kebutuhan artikel secara gratis di beberapa platform, misalnya Canva dan Pixabay. Penambahan gambar dapat menarik minat pengunjung membaca artikel Anda. Jangan lupa optimasi gambar dengan mengkompresnya agar artikel dapat terkases dengan cepat.

8. Atur Meta Tag Dan Tag Heading

Meta tag adalah judul dan deskripsi singkat dari keseluruhan artikel Anda yang akan tampil di SERP. Sementara itu, tag heading merupakan tag HTML (tag H1-H6) yang berguna untuk membuat tampilan artikel lebih rapi dan terstruktur.

9. Panjang Artikel Optimal

Kalau struktur dan tampilan artikel sudah bagus, sekarang tinggal mengatur panjang pendek artikel Anda. Umumnya, minimal panjang artikel terdiri dari 300 kata dan maksimal 1000-2000 kata agar Google dapat memahami topik artikel dengan baik untuk kemudian melakukan pengindeksan. Selama panjang artikel memuat informasi yang runtut dan jelas dengan isian beberapa gambar, link, serta keyword relevan, maka kemungkinan artikel Anda bisa menduduki peringkat teratas di SERP Google akan semakin kuat.

10. Manfaatkan Tools Plugin SEO

Plugin SEO dapat memberikan saran pengoptimalan SEO pada artikel Anda, di antaranya membantu menentukan judul, deskripsi meta tag, mengatur persebaran keyword dan lain-lain.

11. Lakukan Proofreading

Setelah selasai menulis artikel, cara terakhir membuat artikel SEO adalah dengan melakukan proofreading artikel Anda. Pastikan artikel Anda aman dari kesalahan typo, penempatan tanda baca, dan tata bahasa. Karena kesalahan penulisan artikel dapat menurunkan kualitas artikel dan membuat pengalaman pengunjung yang buruk. Oleh karena itu, penting sekali melakukan pengecekan ulang terhadap artikel Anda sebelum dipublish dengan teliti. Anda bisa juga mengedit kalimat yang dirasa kurang pas untuk memperbaiki kualitas artikel.
Nah, sudah tau kan bagaimana cara membuat artikel yang SEO friendly? Semoga pembahasan kali ini bermanfaat, selamat mencoba!

Baca JugaPengertian Domain Authority Dan Page Authority

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.