Ini tentu saja menarik buat anda Simak, Bagaimana perjalanan sebuah bisnis online jika tidak melakukan penguatan di offline nya ? Tentu saja , Anda akan tetap berkutat sebagai Reseller, Dropshiper atau hanya sebagai affiliate saja dalam produk Digital. Penguatan Offline harus dilakukan jika anda ingin mendirikan sebuah bisnis yang sempurna. Semisal anda berjualan produk fisik misalnya, Anda harus bangun bengkel, bangun pabrik atau mnimal anda bangun sebuah workshop untuk  melegitimasi usaha anda tersebut. Saya yakin tak selama nya anda kan memanfaatkan foto usaha orang lain untuk menunjuk kan identitas usaha riil anda. Ingatlah orang akan memiliki trust jika anda memiliki sendiri usaha riil jika mereka akan memberikan order dalam jumlah besar. Apa jadinya jika saat anda ditemui secara nyata yang anda tunjuk kan adalah usaha tetangga anda atau teman anda. Sangat memalukan jadinya.

Bisnis Online pada akhirnya Harus Penguatan Offline juga
Bisnis Online pada akhirnya Harus Penguatan Offline juga

bagaimana dengan produk Digital , apakah kita juga memerlukan untuk penguatan offline juga. Tentu saja Penguatan offline tetap diperlukan. Sebagaiana anda harus membangun sebuah kantor untuk karyawan anda, rekruitemen staff , dan juga  berusaha memproduksi sendiri produk-produk digital yang anda jual . Hal tersebut berkaitan erat dengan Legitmasi anda sebagai Seorang digital Marketer .

Mentransformasi bisnis yang berbasis online menuju sebuah bisnis yang riil pada penguatan offline nya , adalah sebuah hal yang sangat berat . Ini Terjadi karena Penguatan offline sangat lah menyita cash flow  dan juga tabungan kita menjadi sebuah modal kerja , sebagian besar pebisnis Online yang merasa kan beratnya bertransformasi akhirnya tetap memilih menjadi Reseller, atau dropshiper ataupun affiliate produknya orang lain. Wajar saja memang saya rasakan sangat berat sekali di awal-awal mewujudkan nya.  Semisal Emak-emak pedagang Online sebagai reseller atau dropshiper  , yang  dikemudian  hari  harus menabung sedikit demi sedikit profitnya untuk membeli etalase, membeli stock produk , atau membeli manekin untuk display dagangan nya di sudut rumah nya. Ini real sangat berat. Kalau mereka berfikir sempit dan tidak mau bertrabsfirmasi        menjadi sebuah usaha offline, tentunya tidak akan ada perkembangan yang isgnifikan, san nggak bakalan ada  transaksi offline yang terjadi dirumah nya. Beda dengan Emak-emak yang giat melakukan pembelian stock , setap ada produk launching, lambat=laun di dalam rumahnya akan membentuk sebuah Toko kecil yang penuh dengan barang dagangan,demikian gambaran saya bahwa semua Bisnis online pun pada kahirnya harus mau juga bertransformasi menuju Offline untuk menyisir pasar sekitarnya .

Menurut paham saya bahwa penguatan offline itu bisa saja anda lakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Rekruitemen Karyawan  atau Staff
  2. Pembelian stock produk
  3. Pembelian sarana.prasarana Toko misalnya
  4. Alat- alat display produk
  5. Pembelian alat-alat produksi dan bahan
  6. Pembangunan Kantor
  7. dll

Motivasilah diri anda , jika saat ini anda hanyalah berlaku sebagai reeller atau dropshiper , maka catatlah beberapa kesulitan anda ketika barang nya habis stock, ketika barang nya tutup produksi, ketika supllayer anda melarikan diri dan seterusnya , siapa yang kena dampak Nama Jelek ???  Siapa yang kena Bad effect dengan hal=hal diatas ??  . Dalam produk digital banyak juga kasus saat kita menjadi affiliate seorang developer, namun akhirnya developer nya melarikan diri saat ada update versi . Disemua bidang garapan tetap saja ada orang seperti itu , yakinlah .Bahwa ketika anda melakukan penguatan offline dengan membangun pabrik sendiri, membuat produk sendiri maka hal-hal diatas tentunya tidak akan menimpa anda. Oke Notes saja ,Beberapa point yang perlu dicatat mengapa kita perlu penguatan Offline :

    1. Agar terhindar dari supllayer  atau Vendor yang nakal
    2. Adanya Keterbatasan Stock vendor saat launching produk atau terbatas nya waktu penjualan yang menghambat perkembangan transaksi kita.
    3. Menumbuhkan kepercayaan pada konsumen saat anda memiliki banyak stock dan Real usaha.
    4. Menambah pemasukan dari Transaksi Offline .
    5. Menjaga Nama baik saat ada Order besar dan Survey kapasitas produksi , jika dirumah tanpa ada stock dan unit produksi anda akan sangat merasa malu .

SecaraSubstantif dan hal yang krusial,  point-point diatas laha yang memaksa kita untuk melkukan penguatan offline, jika kita memang telah mapan dalam pemasaran Online nya.  Ada beberapa pertanya mendasar tentag kapan seorang Internet marketer atau digital marketer itu harus mulai melkukan penguatan offline nya ,  Saya memakai ukuran ketika pendapatan bersih kalian 3 kali UMK ( Uah Minimum Kabupaten/ Kota ) Maka setidaknya anda harus segera mulai merekrut karyawan .  Atas dasar perhitungan ini kita memang harus berbagi dengan orang lain , namun demikian anda akan merasakan pekerjaan  anda akan sangat terbantu dengan bantuan karyawan anda tersebut.  Angka berikutnya adalah saat ada penambahan 2 kali lipat pendapatan anda , maka anda segera menemabh lagi karyawan anda , sampai pada angka-angka paling efisien dalam pekerjaan anda.

Mengapa rekruitement karyawan ini menjadi dasar pertama yang kami rekomendasikan , Jika anda seorang penjual barang fisik maka saat penghasilan anda 3 kali UMK , maka saat otu anda sudah barang tentu akan merasakan bagaimana repot nya kalian mempacking barang dagangan anda. Jika kalian seorang penjual Barang digital maka saat itu kalian sudah mulai disibukan dengan support dan Personal Branding anda. Coba rasakan pelan-pelan.. apakah anda sadar dengan kesimpulan diatas,,,???

Lantas karayawan  yang anda rekruitment tadi untuk memperkuat  Layanan online anda apa untuk memperkuat pekerjaan Offline anda, Bisa saja anda merekrut karayawa untuk  konsen dalam pemasaran  anda, sedang anda yang melakukan pekerjaan Offline, bisa juga sebaliknya , anda yang fokus memasarkan secara online, sedangkan karyawan anda yang fokus pada penanganan pelerjaan fisik seperti packing  dan  kirim barang ke ekspedisi .

Jika masih bngung dengan penjelasan tulisan ini jangan sungkan untuk memberikan komentar, atau jika anda menemukan kasus yang lain maka mari kita diskusikan bersama, form komentar kami tidak kami tutup,  Saya akana mengulas lebih tajam lagi  dalam tulisan kedepan Tentang Typikal profit maker dan Bussines Builder .

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.