Membuat Blog di WordPress

WordPress merupakan salah satu CMS ( Content Management System ) yang berguna untuk membuat blog. CMS WordPress sendiri berkonsep open source, jadi penggunanya dapat mengatur blog beserta fiturnya secara bebas dan gratis. Tak heran sekarang WordPress menjadi sangat populer, apalagi semua kalangan bisa sengan mudah menggunakan dan memodifikasinya, mulai dari pemula, web master hingga perusahaan besar. Meskipun begitu, bukan berarti cara membuat blog WordPress susah ya, justru sebaliknya.!

Berikut cara membuat blog WordPress dan bagaimana menatanya dengan baik.?

Log In Situs WordPress

  1. Log In Situs WordPress

Langkah pertama, tentu anda harus masuk terlebih dahulu ke situs milik WordPress di id.wordpress.com.

2. Mendaftar Akun WordPress

Setelah berhasil masuk, cari dan klik opsi “Get Started” untuk membuat akun WordPress anda. Ada dua cara daftar akun WordPress , Pertama, dengan memasukkan nama email dan password.  Kedua, mendaftar melalui akun Google ataupun Apple ID. Untuk pengguna IOS jangan lupa untuk mengisi informasi lain, seperti nama pengguna dan nama blog anda nanti. Klik opsi “Akan Menggunakan Alamat yang Gratis”,jika inggin menggunakan alamat blog secara gratis.

3. Buat Nama Domain Blog

Domain adalah alamat blog yang akan memudahkan orang – orang untuk mengunjungi situs blog yang dituju. Bila anda seorang pemula, lebih baik menggunakan alamat domain gratis terlebih dahulu, umumnya blog gratis diblog WordPress akan berakhiran wordpres.commisalnya seperti contoh.wordpress.com. Setelah membuat domain, klik Start “With A Free Site”. Namun, jika anda ingin memerlukan domain sesuka hati, anda bisa memilih domain yang berbayar. WordPress memiliki beberapa paket untuk domain berbayar dengan masa berlaku free custom domain selama 1 tahun. Bukan cuma itu, terdapat promo menarik yang berbeda – beda pada setiap paket, mulai dari untuk memenuhi kebutuhan personal, bisnis, hingga toko online.

4. Atur Pengaturan Dasar Blog

Berikutnya, anda bisa mengatur pengaturan awal untuk blog anda seperti membuat judul blog dan tagline, memberikan icon blog serta mengatur navigasi blog.

5. Buat Blog Anda

Langkah Terakhir, klik “Buat Blog”agara blog bisa segera muncul di search engine Google. Setelah itu, anda akan mendapat pesan email berupa link verifikasi blog dari WordPress. Klik link tersebut, yang mana mengarah ke dashboard halaman blog anda. Ini berarti blog anda sudah berhasil dan bisa digunakan. Selamat Mencoba.!!!

Baca Juga : Cara Terbaik Pengamanan WordPress dengan Wordfrence

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.