TRABASAN. Indonesia selain terkenal sebagai negara terluas ke 4 di dunia. Bukan hanya itu, Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Maka tidak mengherankan jika bangsa Indonesia juga mempunyai pengusaha muslim yang jumlahnya cukup banyak. Sebagian besar dari pengusaha muslim itu juga masih muda. Tidak main-main bahkan tidak sedikit dari mereka yang menyandang gelar pengusaha muda terkaya di Indonesia.

Siapa saja sih pengusaha Indonesia yang Muslim dan menyandang sebagai pengusaha terkaya di Indonesia? Setidaknya ada 3 nama yang bisa Anda ketahui, di antaranya:

  • Chairul Tanjung
  • Aksa Mahmud
  • Garibaldi Thohir

Siapa mereka? Usaha apa yang mereka jalankan? Daripada penasaran yuk simak penjelasan lengkapnya sebaai berikut.

Sebelum membahas lebih lanjut, bahwa ketiga nama pengusaha Muslim yang saya sebutkan di atas pernah masuk kategori CEO mulsim terkaya di negara Indonesia berdasarkan Forbes.

Chairul Tanjung

chairul tanjung
Chairul Tanjung Pengusaha Muslim yang Kaya 

Mungkin sebagian besar dari Anda masih asing dengan nama Chairul Tanjung ini. Namun, pasti Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan Trans Corp yang membawahi Trans TV dan Trans 7? Ya, beliaulah yang mempunyai kedua stasiun TV nasional tersebut.

Chairul Tanjung juga mempunyai salah satu perusahaan raksasa di Indonesia dengan nama, CT Corp. Perusahaan tersebut juga sudah menjalin kerjasama dengan media luar negeri, Turner Broadcasting untuk merilis CNN Indonesia.

Perusahaan CT Corp yang dia kelola semakin hari semakin berjaya. Tidak hanya bergerak di dunia broadcasting dan berita saja, namun perusahaannya sudah merambah ke sektor lainnya seperti perbankan, Bank Mega dan CT Global Resources.

Kekayaan bersih Chairul Tanjung mencapai  US$4.9 miliar atau hampir sama dengan Rp 70 triliun. Dengan total kekayaan yang luar biasa tersebut, dia masuk ke jajaran 10 besar orang terkaya di Indonesia.

Bahkan pada tahun 2019, Chairul Tanjung mencatatkan dirinya sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes. Itu cukup membanggakan, terlebih dia juga menjadi satu-satunya Pengusaha Muslim di Indonesia yang mendapatkan predikat itu.

Garibaldi Thohir

Garibaldi Thohir
Garibaldi Thohir Muda Kaya Raya

Pada urutan kedua yang mencatatkan diri sebagai pengusaha sekaligus CEO muslim terkaya di Indonesia adalah Garibaldi Thohir. Dia terkenal luas dengan panggilan Boy Thohir.

Dia mempunyai perusahaan Ardaro Energy yang bergerak pada sektor pertambangan, khususnya pertambangan batu bara. Perusahaan tersebut dia jalankan bersama kedua temannya, yakni Edwin Soeryadjaya dan Theodore Permadi Rachmat.

Berkah usaha yang dia jalankan, Boy Thohir dinobatkan sebagai 40 pengusaha paling kaya versi Forbes. Total kekayaan yang dia miliki berkisar US$1.05 miliar atau sekitar Rp15 triliun.

Aksa Mahmud

Aksa Mahmud
Aksa Mahmud Tanpa Pantang Menyerah

Selain Chairul Tanjung, pengusaha yang juga menjabat sebagai CEO muslim terkaya di Indonesia adalah Aksa Mahmud. Siapakah dia? Ya, Aksa Mahmud merupakan pengusaha dan juga politisi Indonesia dari Sulawesi Selatan. Dia terkenal sebagai salah satu pendiri perusahaan semen, Bosowa Corp.

Yang luar biasa, melalui perusahaannya tersebut, dia sukses membangun 8 pabrik semen yang tersebar di Indonesia. Luar biasa bukan? Titik awal dia tertarik terjun ke bisnis material bangunan ini terjadi pada tahun 1998. Saat itu sedang ada proyek nasional pembangunan jalan tol di Jawa dan Sulawesi.

Semenjak itu, dia sukses mengembangkan bisnis produksi semennya hingga sekarang ini. Berkat bisnis yang dia jalankan, dia masuk ke jajaran 40 orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Kekayaan total yang dia punyai kurang lebih US$860 juta atau setara dengan Rp 12 triliun rupiah. Wah kaya banget ya!

Nah, itulah 3 pengusaha yang juga menjabat sebagai CEO muslim terkaya di Indonesia. Berkat bisnis yang mereka jalankan, mereka berhasil menjadi pengusaha Muslim terkaya di Indonesia.

Meskipun kekayaan tokoh wirausahawan yang sukses di atas belum menyamai Bill Gates, namun sudah cukup menginspirasi dan membanggakan umat muslim di Indonesia.

Siapa anak muda terkaya di Indonesia?

Usia muda tidak menutup kemungkinan untuk bisa mempunyai pundi-pundi uang yang banyak. Banyak para pengusaha muda sukses yang telah bekerja keras dan mendapatkan penghasilan yang besar berkat usaha yang dijalankannya.

Siapa pengusaha muda di Indonesia? pengusaha muda adalah mereka yang menjalankan usaha sejak usia muda. Tidak sedikit dari mereka yang sudah mencatatkan kekayaan yang luar biasa di sejak muda.

Berikut kami berikan beberapa nama pengusaha muda sukses dengan bisnisnya yang semoga bisa memberikan inspirasi bagi banyak orang.

Belva Devara

Tentu Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan platform belajar online, Ruangguru? Yuph, platform belajar tersebut booming, terlebih sejak pandemi Covid meledak di Indonesia. banyak kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara daring dan Ruangguru hadir sebagai solusinya.

Salah satu pendirinya adalah Belve Devara. Bersama Iman Usman, mereka mendirikan platform belajar online terbesar di Indonesia. Sebenarnya, usaha itu sudah mulai ingin dia jalankan sejak berada di bangku kuliah.

Berkat kuliahnya di bidang ilmu komputer serta manajemen dan kebijakan publik, dia akhirnya bisa mendirikan bisnis dengan memanfaatkan kebutuhan belajar masyarakat Indonesia. awalnya bisnis yang dia kerjakan hanya mempunyai puluhan karyawan saja. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini sudah ribuan karyawan yang dia miliki yang berada di Indonesia maupun di Vietnam.

Ali Muharam

Pasti Anda pernah makan Makaroni Ngehe? Ya, camilan itu masuk ke deretan camilan hits yang ada di Indonesia. Pemilik merek makaroni tersebut adalah Ali Muharam. Tentu saja untuk bisa mencapai posisi saat ini dia membutuhkan kerja keras serta dedikasi yang luar biasa.

Ali awalnya sudah merasakan pahit manisnya merintis usaha. Meski dia merupakan lulusan SMA, namun tidak menghalangi dia untuk meraih kesuksesan. Dia memberanikan diri untuk meninggalkan kampung halamannya dan pergi ke Jakarta untuk tujuan mengubah nasib.

Berbagai usaha telah dijalaninya, namun banyak yang gagal. Sampai akhirnya, dia berjualan Makaroni Ngehe yang enak dan disukai banyak orang, terutama rasa pedasnya yang sangat khas.

Saat ini, Makaroni Ngehe sudah mempunyai ribuan cabang outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Hendy Setiono

Anda berencana memulai bisnis kebab? Jika iya, mari kita simak kisah sukses dari Hendy Setiono yang berhasil menjual kebab di Indonesia. kebab memang bukan makanan khas Indonesia, asalnya memang dari Turki. Namun banyak orang yang suka dengan makanan satu ini.

Itulah alasan yang mendasari Hendy untuk menjajakan makanan turki tersebut di Indonesia. Bisnis kebab yang dia jalankan, Kebab Turki Baba Rafi, sudah terbesar di banyak wilayah Indonesia, bahkan mencapai pasar luar negeri.

Awalnya bisnis ini dimulai dengan modal Rp 4 juta rupiah saja. dia bersama dengan temannya mendirikan kebab Baba Rafi pada tahun 2008. Bisnis tersebut dia jalankan dengan optimal dan maksimal hingga saat ini sudah ada kurang lebih 1.300 outlet yang tersebar tidak hanya di Indonesia namun juga negara-negara lain.

Kebab Baba Rafi ini menawarkan cita rasa yang khas bagi siapa saja yang menikmatinya. Maka tidak mengherankan jika kebab milik Hendy ini selalu laris mansi di pasaran.

M. Alfatih Timur

Jika Anda pernah membaca atau memberikan donasi di platfrom donasi Kitabisa.com, M. Alfatih Timur lah yang menjadi aktor dibalik kesuksesan platform tersebut.

Banyaknya orang yang membutuhkan bantuan namun kurang bisa terkespos serta banyaknya orang yang ingin memberi namun tidak tahu harus diberikan kemana. Itulah yang mendasari dia mendirikan bisnis ini. Dengan platform Kitabisa.com, orang akan lebih mudah mendapatkan bantuan.

Latar belakang yang akhirnya membuat dia mendirikan platform ini adalah pengalaman pribadinya melihat kenyataan sekitar. Banyak orang yang sangat membutuhkan bantuan. Nmun, dia tidak tahu harus meminta bantuan ke mana dan kepada siapa. Akhirnya platform tersebut dia bangun untuk membantu siapa saja yang memerluka bantuan, khususnya bantuan biaya.

Platform ini juga sudah terpercaya dan profesional. Jadi, para donatur pun juga tidak was-was untuk bisa menitipkan donasi mereka kepada platform ini.

Selain pengusaha muda di atas, Indonesia masih punya banyak pengusaha muda yang telah sukses berkat usaha yang dijalankannya. Salah satunya adalah Raffi Ahmad.

Siapa sih yang tidak kenal dengan aktor sekaligus pengusaha ini? Hampir semua orang kenal dengan dia. Selain karena sering wara-wiri di dunia TV Indonesia, dia juga dikenal karena beberapa tingkah kontroversialnya.

Apakah Raffi Ahmad Orang Terkaya di Indonesia?

Kita mungkin sering mendengar julukan sultan yang akhir-akhir ini sedang viral, ada sultan Bandung, sultan Malang, sultan Medan. Nah, Raffi Ahmad sendiri juga mendapatkan julukan sultan Andara. Andara sendiri mengacu pada kompleks atau lingkungan tempat tinggal elit yang ditinggali keluarga Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad sendiri juga sering mempertontonkan gaya hidup mewah. Dia maupun istrinya sering membeli atau melakukan hal-hal yang menunjukkan bahwa dia orang kaya. Nah, berapa sih kekayaan Raffi Ahmad ini? dari mana dia mendapatkan kekayaan itu?

Selain mendapatkan uang dari presenter acara TV, Raffi Ahmad juga mendapatkan pundi-pundi uang untuk memperbanyak kekayaannya dari kanal Youtube dan Instagram. Setiap acara atau episode, Raffi Ahmad mendapatkan bayaran hingga mencapai Rp 150 juta. Sekarang jika dia mengisi acara minimal 4 kali dalam sebulan, tentu dia sudah bisa menghasilkan uang Rp 600 juta per bulan.

Penghasilan tersebut belum ditambah penghasilan dari Youtube dan duta merek (endorsment), dipekirakan penghasilan yang dia dapatkan dari bisnis digital tersebut mencapai Rp 1 milliar lebih dalam kurun waktu sebulan. Tentu saja itu menjadi angka yang fantastis.

Raffi Ahmad belum lama ini juga mengakuisisi salah satu klub sepak bola divisi II liga Indonesia, Rans Cilegon FC yang kini berhasil promosi ke liga teratas di Indonesia. Dari semua jaringan bisnis yang dia kerjakan, tentu saja tidak mengherankan jika dia masuk ke dalam jajaran pengusaha mudah kaya di Indonesia.

Meski demikian, total kekayaan yang dia miliki belum mengantarkan dia ke jajaran 50 orang terkaya versi Forbes.

Penutup

Itulah pembahasan pengusaha muda terkaya di Indonesia yang bisa penulis sajikan untuk Anda. Tentu saja, cerita sukses ini bisa kita jadikan motivasi agar bisa kita bisa mengikuti langkah-langkah menjadi pengusaha sukses dan kaya sejak usia yang muda. Tetapi kita perlu menyadari bahwa semua tidak tercapai dalam waktu semalam saja. Semua membutuhkan perjuangan, pengorbanan, darah dan air mata. Yuk bergerak, memulai dan siap sukses bersama.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.