Apa pengertian digital marketing? Di zaman yang penuh dengan kemajuan teknologi ini, tentu tidak afdol jika Anda tidak memanfaatkan kesempatan tersebut untuk terus berkembang menjadi manusia kreatif dan inovatif dalam bidang bisnis..

Pengertian Digital Marketing, Fungsi, dan Jenisnya
Pengertian Digital Marketing, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah suatu kegiatan promosi atau pemasaran yang biasa dilakukan melalui teknologi digital dengan perantara platform juga aplikasi dan adanya akses internet. Hampir sebagian waktu banyak orang dalam kesehariannya sangat bergantung pada namanya teknologi.
Mereka lebih memilih menjelajahi berbagai aplikasi di smartphone maupun alat elektronik lainnya daripada harus keluar menjadi udara segar. Namun, karena adanya peraturan pemerintah terkait pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah, maka keberadaan teknologi ini sangat bermanfaat.
Pasalnya, masyarakat tidak perlu keluar rumah dan mengunjungi toko. Anda bisa membuka aplikasi yang ada di smartphone, kemudian belilah barang-barang sesuai keperluan. Karena adanya inilah banyak pelaku usaha melakukan promosi melalui berbagai platform digital.

Baca Juga : Apakah Ruang Lingkup Internet Marketing Berbeda Dengan Digital Marketing? Yuk Simak Penjelasannya Di Sini!

Fungsi Pemasaran secara Digital

Adapun beberapa fungsi yang perlu Anda ketahui terkait dengan pemasaran secara digital ini. Adanya perubahan dan kemajuan zaman, sebagai seorang pebisnis haruslah mampu mengikuti berbagai tren untuk terus mengembangkan usaha maupun bisnis tersebut. Berikut fungsi-fungsinya!

1. Menjangkau Calon Konsumen secara Mudah

Mendapatkan calon konsumen sebanyak-banyaknya merupakan keinginan setiap pebisnis dan perusahaan. Dengan banyaknya pelanggan yang melakukan pembelian pada produk, tentu bisnis tersebut akan terus bisa berkembang secara cepat juga pesat.
Melalui teknologi digital yang mampu menjangkau calon konsumen dengan konten menarik pun harus tetap Anda perhatikan. Lakukanlah survei terlebih dahulu, platform mana yang seringkali masyarakat gunakan. Kemudian, sebarkan setiap promosi pada platform-platform tersebut.

2. Menarik Perhatian Calon Konsumen

Dalam menyebarkan konten pemasaran, pastilah membutuhkan yang namanya kreatifitas dalam membuat sebuah konten menarik. Tujuannya adalah agar calon konsumen dapat terpaku pikirannya pada promosi tersebut dan penasaran akan produk yang sedang Anda tawarkan kepada mereka.
Apalagi keinginan konsumen menjadi lebih banyak, komplek, dan sedikit sulit. Anda juga perlu menyesuaikan dengan perkembangan tren supaya lebih mudah dalam menarik minat calon pelanggan nantinya. Gunakanlah berbagai aspek yang sekiranya unik juga berbeda.

Jenis-jenis Pemasaran secara Digital

Untuk menambah wawasan mengenai marketing secara digital ini, tentu Anda juga perlu dalam mengetahui berbagai jenis-jenisnya supaya nanti tidak ada kesalahan ketika penentuan. Maka dari itu, simaklah beberapa poin dan penjelasan di bawah ini dengan seksama!

1. Website

Website merupakan platform yang juga banyak dikunjungi oleh para pengguna internet selain sosial media. Dengan menawarkan berbagai layanan terbaru dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat. Website memiliki jangkauan cukup luas daripada aplikasi maupun platform digital lainnya.
Memiliki sebuah website untuk bisnis adalah salah satu cara dalam menunjukkan sisi profesionalisme dalam perusahaan. Hal itu terjadi karena pihak perusahaan memberikan akses kepada konsumen maupun calon konsumen. Selain itu, platform ini merupakan lapak promosi hemat dan mudah.

2. Video Marketing

Melalui teknologi digital yang memfokuskan pada aspek visual suatu benda, maka Anda bisa menggunakan jenis marketing ini, yaitu video marketing. Apalagi, di saat ini para pengguna internet lebih suka dengan berbagai hal yang menonjolkan sisi visualnya, sebab lebih menarik.
Buatlah video pemasaran yang tidak membosankan, kreatif, dan unik namun tetap berisi tentang inti-inti dari produk maupun layanan jasa. Perhatikan berbagai komponen di dalam video tersebut, haruslah sesuai dengan keinginan calon konsumen agar proses promosi berjalan lancar.

3. Social Media Marketing

Sosial media merupakan salah satu platform atau aplikasi yang banyak digunakan. Pasalnya, melalui platform tersebut, manusia bisa membagikan berbagai hal, seperti gambar, video, musik, dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan peluang itu untuk menyebarkan produk kepada pelanggan.
Buatlah iklan promosi semenarik mungkin, karena pastinya bukan hanya satu atau dua pebisnis saja yang sama-sama menggunakan sosial media sebagai tempat pemasaran mereka. Biaya pemasaran itu akan lebih murah jika Anda memiliki akun sosial media sendiri, sehingga modal pun tak besar.

4. Email Marketing

Ketika pengguna melakukan kunjungan ke situs web sebuah perusahaan, suruhlah mereka untuk login dan membuat akun sendiri dengan email yang mereka miliki. Setelah Anda mendapatkan akses ke emailnya, maka promosikan berbagai hal mengenai produk terbaru maupun ketika ada diskon.
Hindari mengirimkan pesan email secara berulang-ulang dan terlalu sering. Karena khawatir nantinya konsumen akan merasa risih, sebab berpikir bahwa pesan elektronik tersebut merupakan spam. Mereka pasti menghapus email itu, maka, gunakanlah strategi untuk menghindari hal tersebut.

Itu tadi informasi berkaitan dengan pengertian digital marketing dan juga penjelasan mengenai aspek lainnya yang masih berkesinambungan. Menjadi seorang pebisnis profesional, haruslah bisa menghadapi berbagai perubahan di lingkungan sekitar dengan memanfaatkan teknologi masa kini.

Baca Juga : 7 Keunggulan Email Marketing yang Perlu Anda Tahu

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.