Pemasaran merupakan kegiatan penting yang wajib sebuah perusahaan lakukan dalam menggaet konsumen untuk melakukan pembelian pada produk maupun layanan jasa. Ada banyak teknik dalam bidang promosi, salah satunya yakni affiliate marketing.

Lalu, apa pengertian affiliate marketing itu?

Pengertian Affiliate Marketing dan Cara Menjalankannya
Pengertian Affiliate Marketing dan Cara Menjalankannya

Pengertian Affiliate Marketing
Affiliate marketing adalah suatu kegiatan yang terlaksana untuk mendapatkan penghasilan besar dalam waktu singkat. Program ini menggunakan perantara internet sebagai penyambungnya untuk memberikan pelayanan dan menarik minat konsumen secara mudah dan juga luas kedepannya.

Caranya pun sangat mudah, asalkan Anda memiliki kreatifitas dalam menarik minat calon konsumen pada produk. Sebagai seorang pebisnis haruslah bisa memanfaatkan berbagai situasi menjadi nilai jual. Cobalah untuk membayar jasa seseorang untuk membantu perusahaan menjualkan produk.
Anda bisa menjadi jasa seorang afiliasi pemasaran dan menjalin kerjasama dengan beberapa pihak perusahaan untuk membantu mereka menjual produknya melalui perantara teknologi digital. Ini akan membantu orang dalam mendapatkan komisi lebih tinggi dilihat dari aspek penjualan produk.

Cara Kerja Affiliate Marketing
Untuk bisa terjun ke dalam pekerjaan tersebut, seseorang perlu meningkatkan kemampuan dalam memasarkan produk melalui berbagai platform tersedia di internet. Karena posisi Anda di sini tidak memiliki merchant atau produk yang akan dipasarkan.
Untuk itu, daftarkan diri terlebih dahulu ke suatu perusahaan web afiliasi dan nantinya sistem akan mengirimkan sebuah link afiliasi. Setelah selesai, biasanya Anda harus melakukan promosi link tersebut di website maupun blog atau sosial media serta tempat jejaring online lainnya.

Anda bisa melihat user traffic di dalam website tersebut dan mengetahui seberapa banyak klik yang didapatkan. Setiap klik tersebut akan menghasilkan komisi kepada Anda. Besarnya komisi itu tergantung pada kesepakatan yang sudah terjalin sebelumnya, tergantung pada produk maupun jasa.

Kelebihan dan Kekurangan Affiliate Marketing
Setelah mengetahui pengertian affiliate marketing dan cara kerjanya, Anda juga perlu untuk memahami kelebihan dan kekurangan dari affiliate marketing. Berikut ini dua poin yang harus diperhatikan serta pahami dengan seksama!

1. Kelebihan Affiliate Marketing
Pertama akan membahas mengenai kelebihan dari affiliate marketing itu sendiri. Tujuannya adalah untuk memberikan keyakinan pada diri Anda agar mau terjun langsung dalam pekerjaan ini. Simaklah penjelasannya di bawah!

a. Modal Kecil
Kata siapa jika ingin terjun ke dalam bidang bisnis, Anda membutuhkan yang namanya modal. Tidak semua pekerjaan membutuhkan biaya awal dalam menjalankannya. Karena terbukti, di zaman penuh teknologi ini, tentu kesempatan untuk masuk ke sektor bisnis sangatlah mudah.
Anda hanya perlu meningkatkan kreativitas dan kemampuan dalam mengolah berbagai aplikasi dan konten menjadi lebih menarik. Menjadi seorang affiliate marketing, tidak membutuhkan modal banyak, bahkan tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk bisa bergabung.

b. Penghasilan Lebih Besar
Pekerjaan ini tidak sulit untuk Anda lakukan, hanya membutuhkan kreativitas dalam membuat sebuah konten dan lapak promosi secara menarik agar konsumen tertarik melakukan pembelian produk maupun menggunakan layanan jasa tersebut kedepannya.
Bahkan, mendapatkan penghasilan dari pekerjaan ini pun tergolong mudah. Anda hanya perlu menunggu seberapa banyak klik terjadi dalam website, sosial media, dan platform digital lainnya melalui tracking atau monitoring. Kenali keinginan konsumen untuk meningkatkan performa.

c. Bisa Kerja di Mana Saja
Menjadi seorang affiliate marketing, tentu pekerjaan tersebut tidak ada ketentuan waktunya. Anda bisa bekerja kapanpun, di manapun, dan saat waktu santai pun bisa. Karena pekerjaan ini bersifat fleksibel yang tidak memberikan tuntutan pada orang yang menawarkan jasa.
Walaupun demikian, tetap harus memperhatikan keinginan klien dalam membantu mereka mempromosikan produk melalui teknologi digital. Tujuannya adalah agar nanti pendapatan bisa cepat didapat. Tentunya, Anda dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

2. Kekurangan Affiliate Marketing
Setiap hal di dunia pastinya ada kelebihan dan kekurangannya. Tidak terkecuali pada affiliate marketing ini. Namun, kelemahan yang ada pun masih sangat wajar. Anda bisa meminimalisirnya dengan menggunakan berbagai strategi di dalamnya. Pertama, berkaitan pada penghasilan.
Karena mengandalkan traffic dari pengguna internet, tentu pendapatan yang akan Anda dapatkan pun tidak pasti. Tergantung pada ketertarikan konsumen sedang affiliate marketer pasarkan di beberapa platform maupun situs website dan juga tergantung pada seberapa banyaknya klik.

Selain itu, membutuhkan lebih banyak kesabaran karena menunggu traffic pengunjung terus meningkat serta pahami kompetitor lain yang berkaitan dengan bidang sama. Guna menghindari dan mengatasi masalah ini, cobalah untuk meningkatkan kreatifitas serta pikiran inovatif dalam diri.

Itu tadi informasi berkaitan dengan pengertian affiliate marketing dan beberapa penjelasan lainnya yang masih berkaitan. Sebelum terjun ke bidang ini, pastikan untuk mengembangkan potensi dan kreatifitas unik serta menarik dalam diri agar mampu bersaing dengan affiliate marketer lainnya.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.