Pengembangan diri. Apakah Anda pernah mendengarnya? Lalu apa itu pengembangan diri? Pengembangan diri adalah proses untuk pembentukan potensi, sikap, bakat, perilaku serta kepribadian dari seseorang dengan pembelajaran pengalaman yang dilakukan secara berulang sehingga dapat meningkatkan kemampuan atau kapasitas dari diri hingga di tahap kemandirian.

Pengembangan diri ini dapat dikatakan juga sebagai kegiatan pendidikan yang ada di luar pelajaran yang menjadi bagian dari integral kurikulum di sekolah. Ini merupakan salah satu upaya yang mana dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan yang mengacu ke kurikulum yang sudah dirumuskan mereka. Tapi meski begitu, kegiatan dari pengembangan diri ini lebih kerap untuk dilakukan di luar jam pelajaran yang formal.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Pengembangan Diri
Mengenal Lebih Dekat Tentang Pengembangan Diri

Fungsi dan Tujuan Pengembangan Diri

Ada dua tujuan dari pengembangan diri menurut Amri (2013). Tujuan dari pengembangan diri sebagai berikut

  • Tujuan Secara Umum

Tujuan dari pengembangan diri secara umum adalah untuk memberikan kesempatan pada para peserta didik mengembangkan serta mengekspresikan diri yang sesuai kebutuhan dari masyarakat, kebutuhan dari peserta didik sendiri, serta pembelajaran bakat, minat, kondisi, potensi dan perkembangan dari para peserta didik yang memperhatikan kondisi dari sekolah.

  • Tujuan Secara Khusus

Sementara tujuan secara khusus dari pengembangan diri merupakan untuk menunjang pendidikan dari para peserta didik di dalam mengembangkat potensi, bakat, minat, kompetensi, kreativitas, kemampuan dalam hidup beragama, kemampuan belajar, kemampuan sosial, wawasan, perencanaan karir, kemandirian dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

Sedangkan untuk fungsi dari pelaksanaan pengembangan diri adalah untuk mengembangkan potensi dari para peserta didik di dalam mengasah kemampuan dan kompetensi mereka yang seperti minat, bakat dan kemampuan sikap dari mereka untuk berinteraksi dengan orang lain di sekitar.

Berbagai Langkah Pengembangan Diri

Menurut Tarmudji (1998), ada beberapa langkah pengembangan diri, antara lain:

  • Percaya Diri

Langkah pertama untuk bisa mengembangkan diri dan menjadi mandiri untuk segala hal adalah harus percaya pada kemampuan dan kekuatan diri sendiri. Jika tidak percaya diri, keragu-raguan dalam setiap tindakan dapat muncul dan bisa menyebabkan tidak berani untuk melakukan suatu tindakan.

  • Belajar Melalui Pengalaman

Langkah yang kedua adalah belajar dari pengalaman. Belajar sendiri tidak terbatas dari membaca, menulis dan berbagai hal yang dipelajari di saat waktu pendidikan berlangsung. Namun belajar juga bisa melalui pengalaman yang pernah dijalani dan dialami atau yang terjadi dari keseluruhan hidup. Dengan kata lain belajar bisa dilakukan seumur hidup kita.

  • Menghargai Waktu

Langkah ketiga adalah menghargai waktu. Langkah ini dapat dikatakan sebagai salah satu keharusan untuk dilakukan dalam mengembangkan diri. Anda harus bisa menghargai waktu dengan serius dan tulus. Namun jangan biarkan juga diri diperbudak oleh waktu. Coba perlakukan waktu Anda sama seperti ketika Anda memperlakukan diri sendiri.

  • Tidak Menjadi Katak di Dalam Tempurung

Maksud dari langkah ini adalah janganlah untuk selalu berada dalam zona nyaman atau berdiam diri. Anda harus membuat banyak perjalanan untuk melihat apa saja yang ada di dunia ini. Dalam upaya mengembangkan diri berusaha untuk melihat serta mendengar adalah hal yang penting, lalu Anda berusaha untuk mencapai dan mendapatkan hal yang diinginkan. Untuk mendapatkan keinginan tersebut bisa dengan cara menjalin hubungan dengan orang lain secara baik di lingkungan sekitar Anda.

  • Menghargai Orang Lain dan Diri Sendiri

Langkah ini juga penting untuk dilakukan. Anda harus menghargai diri Anda sendiri dengan cara menerima apapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Seseorang akan bisa berkembang jika memiliki kepercayaan pada kemampuannya sendiri. Begitupula dengan keberadaan dari orang lain yang ada di sekitar. Anda harus menghargai mereka sebagai orang yang mana mendukung pengembangan diri dari Anda.

  • Dorongan untuk Bisa Berprestasi

Hal penting di dalam hidup salah satunya adalah ada dorongan untuk bisa mencapai prestasi. Dengan adanya dorongan tersebut Anda diharapkan untuk bisa dan mampu melakukan berbagai kegiatan yang positif. Anda harus aktif dalam berbagai kegiatan atau hal untuk langkah pengembangan diri ini.

Nah demikian pembahasan mengenai engembangan diri adalah dan bagaimana langkah-langkah untuk pengembangan diri tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

 

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.