Manusia pada awalnya ketika lahir merupakan makhluk yang masih bersih dan  tidak tahu apa pun di dunia ini. Manusia hanya dibekali dengan refleks. Belum ada pemikiran atau ide yang terlintas di dalam otak di dalam otak. Namun, semakin hari manusia bertumbuh serta berkembang. Perkembangan inilah yang membuat manusia menjadi lebih memahami apa yang terjadi dengan dunia dan dirinya sendiri.

Yaitu, pengembangan pribadi yang akan kita bahas di bawah ini. Pengembangan pribadi juga biasa disebut dengan pengembangan diri. Pengembangan pribadi akan membahas semua tentang perubahan pola pikir seseorang dari yang belum mengetahui apa-apa sampai memiliki kemampuan berpikir yang baik karena dilakukan rangsangan baik dari diri sendiri maupun dari bantuan orang lain.

Definisi Pengembangan Pribadi
Definisi Pengembangan Pribadi

Ada beberapa definisi menurut para ahli, seperti berikut ini:

Suatu Proses untuk Meningkatkan Kemampuan

Pengembangan pribadi menurut para ahli yang pertama adalah suatu proses untuk meningkatkan kemampuan secara keseluruhan. Menurut Maemawi yang diungkapkan pada tahun 2009. Pengembangan ini mencakup semua potensi dalam diri manusia. Bukan hanya yang tampak sebagai kemampuan saja tetapi juga  berkaitan erat pada potensi-potensi di lapangan.

Pengertian ini merujuk pada yang namanya manusia pasti bisa meningkatkan kemampuan sebagai salah satu penikmat berbagi pembelajaran dari mulai hingga sosial. Pengembangan pribadi akan terus menerus membuat manusia untuk melakukan perkembangan sehingga ketika Anda belajar bab yang satu ini mungkin saja menemukan hal baru untuk dipahami.

Suatu Pengembangan Bakat

Yang kedua, definisi dari pengembangan diri ini juga disampaikan oleh Tarmudji pada tahun 199. Pengembangan diri adalah suatu proses atau suatu aktivitas yang bisa digunakan untuk mengembangkan bakat yang dimiliki manusia. Ya, manusia memiliki spesialisasi dalam dirinya, namun tanpa ada pengembangan pribadi maka hal tersebut akan menjadi beban nantinya.

Dengan adanya pengembangan pribadi ini, manusia bisa mengetahui apa yang menjadi bakat dan minat yang ada di dalam diri. Dengan seperti ini maka rasa percaya diri pastinya juga akan meningkat bukan? Ya, dengan mengetahui bakat di dalam diri manusia menjadi lebih percaya diri akan apa yang mereka lakukan dan lebih kuat jika menghadapi suatu percobaan.

Suatu Pembentukan Sikap dan Perilaku

Yang ketiga ini sempat diungkapkan oleh DEPAG pada tahun 2005 yang mana Pengembangan diri tersebut bisa membentuk sikap dan juga perilaku manusia. Dalam perkembangannya pasti manusia memiliki beberapa peristiwa bukan? Anda pasti tahu sendiri. Selama mengalami suatu peristiwa manusia di sini juga ikut melakukan pengembangan diri.

DEPAG sendiri mengatakan bahwa pengembangan diri ini merupakan proses pembentukan sikap atau perilaku yang sudah mulai menetap dan relatif bertahan karena kejadian pengalaman yang berulang-ulang. Dengan ini maka pengebangan diri masih bisa menjadi lebih baik lagi dan ketika sudah sampai titik paling atas maka manusia akan mengalami tahap otonom atau bisa disebut dengan tahap mandiri.

Suatu Pengembangan untuk Segala Potensi

Yang terakhir adalah Pengembangan pribadi adalah salah satu pengembangan yang dilakukan dalam segala potensi. Masih sangat berkaitan dengan pernyataan yang pertama tadi bahwa pengembangan pribadi ini bisa meningkatkan kemampuan atau potensi dalam diri manusia. Pernyataan ini diungkapkan oleh Fanani pada tahun 2003 yang mana menjelaskan bahwa pengembangan pribadi adalah pengembangan segala potensi.

Pengembangan diri ini dapat digunakan untuk mengembangkan semua potensi untuk berpikir atau pun berkarya. Bukan hanya itu saja, dengan ini Anda juga akan meningkatkan potensi intelektual yang bisa didapatkan di mana saja dan kapan saja sebab sebagai manusia pastinya banyak melakukan aktivitas dengan atau tanpa orang lain.

Penutup

Bagaimana? apakah Anda sudah mulai memahami mengenai pembahasan pengembangan pribadi ini? Setelah mengetahuinya lalu apa yang akan Anda lakukan? Penting sekali untuk membuat daftar aktivitas untuk saat ini. Anda bisa berikan waktu luang untuk melakukan pembelajaran eksklusif mengenai pengembangan diri ini.

Anda bisa belajar secara sendiri maupun dengan menggunakan pembimbing agar Anda bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Dengan belajar sungguh-sungguh maka Anda akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas dibandingkan dengan saat ini. Semoga informasi  yang telah dituliskan di atas dapat menjadi sebuah manfaat.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.