Pengembangan pribadi atau biasa disebut dengan Pengembangan diri merupakan salah satu proses yang dilakukan oleh manusia. Hal ini tentu dilakukan untuk bisa mengembangkan suatu kemampuan atau pun mengembangkan potensinya. Pengembangan pribadi penting agar tercipta manusia yang konsisten dan juga memiliki rasa percaya diri yang baik.

Banyak sekali dampak baik mengikuti pengembangan pribadi. Namun, dalam perkembangannya banyak orang yang belum sadar akan teori pengembangan pribadi ini. Banyak bentuk kegiatan yang bisa dilakukan untuk dapat merasakan suatu hal yang mungkin tidak dipercaya oleh Anda mengenai pengembangan pikiran ini. Ingin tahu bentuk apa saja yang bisa Anda pilih?

Melakukan Kegiatan Secara Rutin

Pertama, pengembangan pribadi bisa dimasukkan atau bisa dibuat dalam bentuk kegiatan yang rutin. Kegiatan yang rutin ini akan menimbulkan suatu kebiasaan yang terjadi berulang-ulang sehingga pada akhirnya akan membentuk suatu perasaan atau kebiasaan yang konsisten. Bentuk yang satu ini sangat banyak dilakukan terutama untuk mendidik anak ini dalam lingkup sekolah.

Melakukan Kegiatan Secara Rutin
Melakukan Kegiatan Secara Rutin

Anak-anak dipaksa untuk mengikuti suatu kegiatan yang terprogram. Misalnya adalah upacara, jadwal pelajaran, senam pada hari Jumat, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan kegiatan yang terprogram ini maka pemikiran manusia menjadi lebih baik dan lebih dewasa. Mengetahui bagaimana kebiasaan di sekolah bisa menjadi nilai yang baik untuk lingkungan.

Melakukan Kegiatan Secara Spontan

Bentuk pengembangan pribadi yang selanjutnya adalah dengan kegiatan yang terjadi secara spontan atau tidak terduga-duga. Hal ini bisa dilakukan setiap waktu dan juga di setiap tempat. Manusia harus membiasakan diri untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari dan membentuk mindset yang baik untuk bisa melakukan berbagai hal yang spontan dengan baik dan benar.

Contoh kegiatan spontan yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengembangan diri ini misalnya adalah membuang sampah. Anda akan dihadapkan pada situasi memiliki sampah lalu tidak ada tempat sampah. Pada saat inilah bagi yang sudah berkembang pola pikirnya pasti tidak ingin membuang sampahnya sembarangan. Sampah akan dibawa sampai menemukan tempat sampah atau jika tidak ada dibawa pulang.

Melakukan Kegiatan Keteladanan

Bentuk yang berikutnya adalah melakukan kegiatan yang teladan. Untuk bisa mencapai perkembangan pribadi  yang baik tidak hanya dilakukan langsung oleh anak akan tetapi juga  bisa melakukan kegiatan keteladanan. Ya, Anda bukan lagi pemeran utama akan tetapi pandangan Anda tidak bisa teralihkah kepada yang lainnya.

Dengan melihat contoh yang baik maka kita akan lebih mudah memahaminya apalagi jika dikaitkan dengan ilmu lain. Lalu, contohnya apa? Misalnya adalah bagi bis yang datang tepat waktu maka Anda sebagai karyawan juga akan terus berangkat pagi. Bukan hanya itu saja, keteladanan ini juga sering terjadi antara murid dan guru, anak dan orang tua, serta yang lainnya.

Melakukan Kegiatan Terprogram

Selanjutnya, untuk bisa melakukan pengembangan pribadi, Anda bisa melakukan atau melaksanakan kegiatan yang terprogram. Dengan kegiatan yang terprogram artinya seseorang akan mendapatkan wawasan yang lebih luas lagi dan tentunya lebih siap. Kegiatan yang terprogram ini menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan di sekolah.

Melakukan Kegiatan Terprogram
Melakukan Kegiatan Terprogram

Ya, di dalam lingkungan sekolah bisanya guru akan memberikan program-program pendidikan yang akan menunjang pengembangan pribadi anak. Anda bisa melakukan study tur ke tempat wisata, kunjungan ke kampus-kampus ternama, dan masih banyak lagi. Dengan kegiatan ini Anda bisa mengembangkan kemampuan dan wawasan. Kegiatan terprogram belum tentu rutin tetapi selalu diprogramkan.

Penutup

Nah, itu dia beberapa bentuk dari pengembangan pribadi manusia. Dengan mengetahui hal ini pastinya Anda semakin banyak pengetahuan apalagi mengenai pengembangan diri ini sendiri. Pengembangan pribadi menjadi salah satu cara atau proses untuk bisa meningkatkan kemampuan dan juga potensi dalam diri.

Anda harus melakukan bentuk-bentuk kegiatan yang ada di atas yang sesuai dengan keinginan. Namun jika terjadi spontan pun juga harus siap dan sudah memiliki rencana yang cukup matang. Dengan ini maka akan banyak orang yang semakin sadar akan pentingnya pengembangan pribadi baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain terutama bagi anak.

 

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.