Lingkungan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan.  Membangun lingkungan yang baik akan membantu Anda untuk membangun karakter diri yang lebih baik. Memangnya seberapa besar pengaruh lingkungan pergaulan dalam proses pengembangan dan pembangunan karakter pribadi ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Anda Belajar banyak dari lingkungan 

Salah satu hal yang menyebabkan lingkungan pergaulan memegang peranan penting dalam proses pengembangan pribadi Anda adalah karena Anda belajar banyak dari lingkungan. Ketika Anda masih kecil, Anda juga menyerap apapun yang ada di lingkungan Anda dan juga meniru apa yang Anda lihat dan Anda dengar bukan?

Hal inilah yang membuat lingkungan sangat berpengaruh terhadap sikap Anda meskipun Anda sudah dewasa. Ketika Anda tumbuh di lingkungan yang menganggap hal negatif merupakan hal biasa, maka Anda akan terbiasa menganggap bahwa hal-hal negatif tersebut merupakan hal yang tidak perlu diubah lagi.

Anda Belajar banyak dari lingkungan
Anda Belajar banyak dari lingkungan

Ketika Anda akan memulai proses pengembangan pribadi, lingkungan yang memiliki efek buruk akan membuat upaya pengembangan pribadi Anda tidak akan menunjukkan hasil yang signifikan. Meskipun ada perubahan dalam diri Anda, akan tetapi masih ada hal-hal besar yang mungkin tidak bisa Anda ubah karena Anda harus menghormati lingkungan Anda. Oleh karena itu baik bagi Anda jika mulai membatasi diri Anda pada lingkungan yang baik dan mendukung perubahan ke arah positif yang Anda inginkan.

Lingkungan menjadi standar bagi diri Anda 

Salah satu alasan mengapa lingkungan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat akan melakukan upaya pengembangan pribadi adalah karena lingkungan Anda bisa menjadi standar bagi diri Anda.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketika Anda berada di lingkungan yang buruk, maka pertama dan akan merasa sungkan untuk berubah. Lama kelamaan lingkungan ini akan menuntun Anda pada kerusakan pencapaian yang Anda miliki. Anda kemudian merasa bahwa hal buruk yang Anda lakukan adalah hal biasa karena standar hal baik dan hal buruk di dalam benak Anda berubah.

Perubahan tidak bisa dilakukan di lingkungan yang sama 

Ketika Anda berasal dari sebuah lingkungan yang buruk dan Anda sadar bahwa Anda harus berubah, maka langkah paling tepat yang pertama harus diambil adalah keluar dari lingkungan tersebut. Hal ini disebabkan perubahan ke arah yang lebih baik tidak akan bisa dilakukan pada lingkungan yang sama.

Salah satu contoh real bisa diambil dari mereka yang memiliki ketergantungan terhadap obat terlarang. Apakah orang yang masuk dalam lingkungan pecandu bisa lepas dari pengaruh obat-obatan terlarang tersebut? Jawabannya tentu tidak.

Seorang yang  awalnya bukan pecandu saja bisa menjadi seorang pecandu jika lingkungannya buruk, apalagi jika  seorang mantan pecandu kembali ke lingkungan pecandu maka akan lebih mudah baginya untuk kembali ke kebiasaan buruk lamanya bukan?

Komentar negatif dan komentar baik 

Hal lain yang menyebabkan lingkungan menjadi salah satu pengaruh yang paling besar dalam pengembangan pribadi Anda adalah karena komentar-komentar yang muncul dari lingkungan Anda tersebut.

Baik itu komentar baik maupun komentar negatif bisa saja menjadi salah satu hal yang akan membantu Anda melakukan perubahan. Akan tetapi jika Anda terus-terusan mendapatkan komentar negatif maka Anda sendiri tidak akan termotivasi untuk meneruskan usaha perubahan perkembangan pribadi tersebut bukan?

Berbeda jika Anda berada di lingkungan yang baik dan lingkungan yang mendorong perubahan, orang-orang yang ada di lingkungan yang baik akan terus membantu Anda agar terus bersemangat menghadapi tantangan dalam upaya pengembangan pribadi Anda. Komentar positif ini sedikit banyak tentu akan membantu Anda untuk terus bersemangat mencapai tujuan bukan?

Kesimpulan 

Pada akhirnya lingkungan salah satu hal yang sangat penting dalam usaha mencapai tujuan Anda di masa depan. Entah itu usaha untuk mengubah diri Anda menjadi diri yang lebih baik, atau usaha-usaha yang Anda lakukan untuk kesuksesan finansial Anda.

Oleh karena itu, apapun tujuan Anda, pastikan Anda memiliki lingkungan yang tepat dan mendukung usaha-usaha tersebut. Karena jika tidak Anda mungkin akan lebih mudah patah semangat malas untuk menyelesaikan usaha yang sudah dimulai.

 

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.