Untuk menunjang proses pengembangan pribadi agar berjalan dengan lebih lancar, maka Anda akan membutuhkan jurnal untuk mencatat usaha-usaha pengembangan pribadi yang Anda lakukan. Menggunakan jurnal dalam upaya pengembangan pribadi merupakan salah satu hal yang sangat penting. Apa saja hal yang membuat penggunaan jurnal ini penting? Berikut ini adalah ulasannya.

Setting Komitmen

Salah satu hal yang menyebabkan penggunaan jurnal sangat penting dalam upaya pengembangan pribadi adalah mengenai komitmen Anda. Jika Anda menulis gol dan juga rencana upaya pengembangan pribadi yang Anda buat, maka Anda sedang membuat komitmen dengan diri Anda sendiri.

Sesungguhnya Anda tetap bisa melanggar komitmen tersebut, tetapi hal ini berarti bahwa Anda sendiri belum siap dengan perubahan yang sedang Anda rencanakan. Jika Anda sudah siap dan memiliki motivasi yang kuat untuk mengembangkan diri, maka buku jurnal bisa menjadi salah satu alat untuk menjaga komitmen Anda tersebut.

Melihat perubahan dari hari ke hari 

Ketika Anda melakukan usaha untuk melakukan perubahan, Anda pasti ingin tahu apa saja yang sudah berubah dan berkembang pada diri Anda bukan? Hal inilah yang menyebabkan jurnal memegang peran yang sangat penting dalam upaya pengembangan pribadi Anda.

Melihat perubahan dari hari ke hari
Melihat perubahan dari hari ke hari

Hal ini disebabkan karena ketika Anda menulis semua kegiatan pengembangan pribadi di jurnal ini akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan tracking mengenai apa saja yang sudah berubah pada diri Anda.

Ketika Anda menulis semua kegiatan pengembangan pribadi di jurnal ini setiap hari, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui hal kecil apa yang sudah Anda capai yang belum tercapai di hari kemarin.

Oleh karena itu selain mempersiapkan jurnal, sangat penting bagi Anda untuk berkomitmen bahwa menulis jurnal ini setiap harinya. Anda tidak perlu mempersiapkan waktu yang terlalu banyak untuk menulis jurnal, cukup menyediakan waktu 10 hingga 30 menit dan hal ini akan menjadi salah satu kebiasaan dalam keseharian Anda.

Aktivitas menulis jurnal akan sangat menguntungkan terutama ketika Anda merasa kurang puas dan kurang bersemangat. Hal ini disebabkan karena dengan membaca buku jurnal Anda, Anda bisa melihat pencapaian-pencapaian dan hal-hal yang Anda syukuri di hari-hari sebelumnya bisa membantu Anda untuk menjadi lebih bersemangat kembali.

Melihat bagian yang masih bisa ditingkatkan 

Selain untuk melakukan tracking, menulis jurnal juga bisa menjadi salah satu cara untuk melihat hal-hal yang perlu Anda tingkatkan kembali di masa depan. Biasanya seseorang tidak bisa mengidentifikasi semua kekurangan yang dimilikinya dalam satu waktu. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu mereka akan sadar dan mengetahui bahwa ada beberapa bagian diri mereka yang masih memiliki kekurangan dan belum teridentifikasi.

Melihat bagian yang masih bisa ditingkatkan
Melihat bagian yang masih bisa ditingkatkan

Mengidentifikasi kekurangan-kekurangan pada diri yang belum ditemukan sebelumnya merupakan salah satu hal yang akan lebih mudah dilakukan jika Anda menggunakan buku jurnal. Oleh karena itu, jika Anda serius dalam pengembangan pribadi Anda, maka jurnal adalah salah satu hal yang tidak boleh Anda tinggalkan.

Mengingatkan diri mengenai hal yang harus diubah

Selain mengetahui kekurangan-kekurangan yang belum dikenal sebelumnya, jurnal yang awalnya digunakan sebagai buku komitmen jika dapat digunakan untuk mengingatkan mengenai perubahan-perubahan apa saja yang Anda perlu lakukan dan tidak boleh Anda lupakan.

Terkadang kita pasti merasa lupa dengan komitmen-komitmen yang sudah kita bangun karena sudah terlalu lama bukan? Dengan mencatatnya di buku jurnal maka Anda tidak perlu khawatir lupa dengan list perubahan pengembangan pribadi yang Anda ingin lakukan sebelumnya.

Melihat apakah rencana pengembangan pribadi berhasil atau perlu perubahan 

Selanjutnya hal yang bisa dilakukan dengan jurnal pengembangan pribadi adalah melihat apakah rencana yang sudah Anda susun berjalan dengan baik atau tidak. Ketika Anda membuat rencana pengembangan diri, ada rencana yang berhasil dan ada juga rencana yang mungkin tidak memberikan hasil signifikan terhadap tujuan Anda.

Oleh karena itu dengan mencatat semua rangkaian proses serta aktivitas pengembangan diri yang Anda lakukan dengan menggunakan jurnal, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui apakah rencana yang Anda buat efektif atau tidak untuk dilakukan.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.