Hal Penting untuk Diperhatikan dalam Upaya Pengembangan Pribadi
Hal Penting untuk Diperhatikan dalam Upaya Pengembangan Pribadi

Agar Anda bisa berhasil dalam upaya pengembangan pribadi, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Hal penting yang harus diperhatikan dalam pengembangan pribadi ini antara lain adalah:

Kenali diri Anda 

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika Anda akan memulai upaya pengembangan pribadi adalah mengenali diri Anda sendiri. Banyak orang yang gagal melakukan upaya pengembangan pribadi karena mereka memiliki start yang buruk.

Start yang buruk adalah ketika Anda tidak bisa mengenali diri Anda, atau salah mengenali diri Anda. Kesalahan pengenalan diri biasanya disebabkan karena standar-standar yang digunakan tidak jelas dan tidak pasti. Contohnya ketika Anda ingin menurunkan berat badan Anda tapi Anda merasa Anda sudah makan dalam jumlah porsi yang sedikit tapi ternyata jumlah tersebut masih tergolong banyak untuk diri Anda.

Setiap hal pasti memiliki standar yang berbeda. Contohnya Ketika Anda ingin melakukan diet, jumlah makanan yang harus dimakan orang dengan bobot 80 kg dengan tinggi 153 cm akan berbeda dengan jumlah makanan yang harus dikonsumsi oleh orang berbobot 90 kilo dengan tinggi 170 cm.

Hal inilah yang menyebabkan Anda harus mengetahui standar-standar yang jelas ketika Anda ingin mengenali diri Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk mendefinisikan diri Anda dengan lebih baik sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk mengambil langkah-langkah di masa depan.

Temukan motivasi 

Selain mengenali diri dengan baik, salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan ketika Anda ingin usaha pengembangan pribadi Anda berjalan dengan lancar adalah dengan menemukan motivasi yang kuat.

Motivasi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena tanpa motivasi tidak akan ada harapan. Anda bisa mengambil motivasi apa saja yang menurut Anda kuat dan membuat Anda memiliki keinginan untuk terus melangkah menuju perubahan.

Pastikan motivasi ini juga bergantung pada diri Anda bukan pada orang lain. Jika motivasi Anda digunakan untuk memuaskan keinginan orang lain maka hal ini juga bisa menjadi start yang buruk untuk upaya pengembangan pribadi Anda.

Hal ini disebabkan karena manusia bisa berubah dengan cepat, oleh karena itu jika motivasi yang Anda gunakan untuk berubah bergantung pada orang lain maka motivasi yang Anda miliki juga bisa menghilang dengan cepat.

Temukan lingkungan yang mendukung 

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ketika Anda ingin memulai pengembangan pribadi adalah menemukan lingkungan yang mendukung. Lingkungan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam membentuk karakter Anda. Oleh karena itu sebelum Anda melakukan usaha untuk pengembangan pribadi, sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan lingkungan Anda terlebih dahulu.

Lingkungan yang baik akan mendukung pada perubahan yang baik, jika lingkungan Anda buruk maka ketika Anda akan berubah lingkungan Anda akan mencegah Anda menuju perubahan baik tersebut. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih siapa yang harus percaya dan siapa yang harus ada di samping Anda ketika Anda merasa membutuhkan dukungan untuk mencapai tujuan pengembangan diri Anda.

Hindari orang-orang yang menyebabkan penurunan kualitas hidup 

Jika bisa hindari orang-orang yang memiliki pengaruh besar ke arah negatif sementara waktu. Apalagi jika pada saat tersebut Anda masih memiliki motivasi yang kecil untuk menghadapi perubahan.

Ketika motivasi Anda kurang kuat dan Anda berhadapan dengan orang-orang yang memiliki kemampuan provokasi yang tinggi, maka akan sulit bagi Anda untuk mencapai tujuan perubahan yang Anda inginkan.

Jika Anda merasa memiliki motivasi dan keinginan cukup kuat untuk mengubah diri sehingga minim kemungkinan Anda akan pengaruh gaya hidup seperti sebelum perubahan diri Anda, Anda bisa kembali ke lingkungan tersebut dengan catatan mereka sebagai teman biasa dan bukan orang yang bisa diandalkan.

Mendorong diri sendiri 

Sebelum memulai usaha pengembangan diri Anda, pastikan Anda berjanji dan juga membuat komitmen pada diri sendiri untuk tidak menyerah sampai tujuan Anda tercapai. Salah satu cara untuk mendorong diri ini bisa dengan memberikan hadiah jika Anda sukses mencapai pencapaian atau memberikan hukuman jika Anda menyalahi aturan yang sudah Anda siapkan dalam perencanaan pengembangan pribadi.

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.