NLP atau kependekan dari Neuro Linguistik Programming ialah salah satu teknik pengaturan pola pikir alam sadar yang bertujuan guna meningkatkan kapasitas diri, dan penyembuhan penyakit tertentu, serta meningkatkan kemampuan public speaking dan lain sebagainya. Sangat banyak manfaat NLP itu. Tekniknya juga cukup beragam. Banyak bidang pekerjaan yang memerlukan manfaat NLP ini yakni seperti pekerja di suatu perusahaan yang bergerak di bidang kerjasama, atau di bagian promosi, marketing atau penjualan, atau di public relation, juga yang di customer care, dan lain sebagainya. Berbagai teknik NLP dapat untuk meningkatkan kemampuan public speaking serta sikap yang lebih baik dan profesional, juga peningkatan kemampuan komunikasi dan kinerja serta kapasitas diri yang dapat mempengaruhi karir dalam bidang pekerjaan tersebut. Sedangkan berbagai aspek manusia yang disentuh NLP meliputi indra visual atau penglihatan, dan Auditori atau pendengaran, serta Kinestetik atau perabaan, dan Olfactory atau penciuman, serta Gustatori atau pencecapan dan lain sebagainya. Banyak sekali manfaat dan teknik NLP dalam Hidup Manusia baik yang merupakan temuan dan inovasi sendiri maupun yang didapat dari hasil learning atau pembelajaran dan adopsi, yang bisa dicoba untuk diterapkan dan dipraktikkan. Berikut beberapa diantaranya.

Manfaat dan Teknik NLP dalam Hidup Manusia
Manfaat dan Teknik NLP dalam Hidup Manusia

Teknik NLP New Behavior Generator 

Teknik NLP New Behavior Generator ini cukup mudah dan praktis untuk dipraktekkan atau diterapkan guna meningkatkan kompetensi dan juga jika ingin segera menguasai suatu ketrampilan tertentu. Contohnya ialah seperti ketika ingin memiliki kemampuan berbicara secara lancar dan penuh percaya diri di depan publik maka dengan menggunakan teknik NLP jenis ini hal tersebut bisa dengan secara mudah dan cepat bisa didapatkan atau dicapai, caranya ialah sangat mudah, yakni dengan melakukan suatu imitation atau hasil modeling dari suatu role model pembicara sukses yang gayanya ingin dicontoh. Jadi tinggal tiru atau jiplak dan pelajari saja modelnya lalu latih dan terapkan. Teknik NLP jenis ini bisa digunakan untuk berbagai jenis kompetensi atau ketrampilan yang ingin dikuasai dengan secara cepat. Dengan catatan sudah ada modelnya.

Teknik NLP Building Rapport

Teknik NLP yang satu ini cukup efektif untuk mengubah persepsi atau mempengaruhi secara persuasi.

Teknik NLP Reframing

Teknik NLP Reframing ini sebagaimana namanya memiliki makna membingkai. Adapun fungsi dari Teknik NLP berupa Reframing ini ialah dimaksudkan untuk suatu tujuan guna mengubah makna atas suatu peristiwa sehingga bisa memiliki suatu pemaknaan atau asosiasi yang baru dengan demikian maka kondisi atau statenya juga akan bisa berubah. Teknik NLP Reframing ini terdiri dari dua jenis sebagai berikut.

Teknik NLP Reframing Content 

Teknik NLP yang satu ini dilakukan dengan memberikan suatu pandangan atau cara pandang yang baru yang berbeda sehingga suatu peristiwa dapat mempunyai nilai atau makna yang baru.

Teknik NLP Reframing Context

Teknik NLP yang berikutnya ini ialah dengan memberikan suatu pandangan baru dalam suatu waktu serta kondisi yang berbeda, yakni agar suatu peristiwa yang sama bisa menjadi memiliki suatu makna yang baru. Sebagai contohnya ialah sebagai berikut. Seorang sales penjual sisir plastik yang sedang menawarkan barang dagangannya tersebut kepada sekelompok pengunjung melakukan peragaan penggunaan sisir jualannya tersebut, yang ia sebutkan terbuat dari bahan plastik yang lentur namun kuat dan tidak akan mudah menjadi patah. Lalu sambil memperagakan penggunaan sisirnya tersebut ia pun dengan penuh percaya diri menyisir rambutnya dengan menggunakan salah satu produk sisirnya tersebut yang ia sebut ukurannya sangat pas dan praktis karena tidak terlalu besar sehingga bisa dibawa ke mana saja, bisa dimasukkan ke dalam tas, atau ke dalam dompet bahkan bisa juga dimasukkan ke dalam saku dan lain sebagainya. Kemudian juga sambil menyisir ia juga meliuk-liukkan sisirnya tersebut dan sambil menyebut bahwa sisir itu kuat serta tidak mudah patah, sehingga para pengunjung pun tertarik dan bermaksud ingin membelinya. Namun kejadian tak terduga tiba-tiba saja terjadi, yakni sisir tersebut tiba-tiba menjadi patah. Dalam hal ini sebagai bentuk teknik NPL Reframing Content maka penjual tersebut lalu mengatakan bahwa inilah bentuk dalaman bahan sisir tersebut  yakni terbuat dari plastik yang berkualitas. Lalu sebagai bentuk teknik NPL Reframing Context penjual itu juga menyebutkan bahwa sebagai penjual yang profesional maka ia rela mengorbankan contoh produknya untuk dipatahkan supaya para pengunjung bisa melihat kualitas dalaman bahan plastik sisir tersebut. Dengan demikian maka para calon pembeli pun tidak jadi batal membeli dan justru makin yakin ingin membeli produk sisir tersebut. Suatu hal yang berbeda akan terjadi jika penjual tidak segera mengantisipasi kejadian tak terduga tersebut dan hanya diam saja. Sehingga bisa saja transaksi pembelian akan menjadi batal.

Terlihat jelas sekali bukan manfaat dari teknik NPL tersebut. Sehingga tak ada salahnya jika banyak mempelajari dan mendalaminya.

 

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.