NLP merupakan teknik berkomunikasi yang efektif untuk keperluan social dan juga profesional. Karena manfaatnya ini, banyak orang ingin belajar menyerap skill ini. Untuk belajar, banyak jalan bisa diambil. Sayangnya banyak orang bingung memilih jalur mana yang paling baik. Bagi Anda yang perlu bantuan memilih jalur belajar teknik komunikasi ini, mari bahas lebih dalam pada artikel berikut ini!

Belajar Melalui Pelatihan Kerja

Setiap kantor pasti ingin memajukan kualitas karyawannya. Bagi Anda yang bekerja di tempat dengan ideologi ini, Anda mungkin bisa mengajukan pelatihan NLP. Pelatihan ini memang banyak dibutuhkan di ruang profesional. Jadi untuk posisi manajerial dan ketua department, mereka pasti mendapatkan pelatihan ini dulu sebelum diangkat.

Format Ukuran Gambar
Format Ukuran Gambar

Jika mendapatkan pelatihan ini, Anda tidak perlu keluar uang. Cukup usaha dan waktu Anda saja. Beberapa perusahaan bahkan tetap memberikan gaji walaupun pelatihan memakan waktu kerja Anda. Jadi tidak perlu takut jika Anda ingin mengembangkan skill. Selama didukung perusahaan Anda bisa ambil kesempatan ini. Sayangnya, hal ini tidak tersedia di semua tempat kerja. Bagi yang tidak bisa mendapatkan pelatihan dari tempat kerja, Anda bisa memanfaatkan jalur lainnya yang dibahas dalam artikel ini.

Ambil Kelas Kursus NLP

Jika ingin belajar cepat tapi tidak ada bantuan dari pihak kantor, Anda bisa secara mandiri cari tempat kursus NPL. Tempat kursus komunikasi sudah ada banyak sekarang ini. Anda cukup cari tempat kursus mana yang paling cocok.

Untuk memilih tempat, pastikan kualitas dan harganya sesuai dengan apa yang Anda dapat. Untuk melakukan pengecekan ini, Anda bisa cari di internet soal rekomendasi dan info review. Semakin banyak pernah menggunakan jasa kursus tersebut, makin mudah Anda percaya akan kualitasnya.

Ambil Kelas Kursus NLP
Ambil Kelas Kursus NLP

Saat memilih kelas kursus, pastikan juga durasi dan jadwal tidak terlalu intrusive. Pastikan waktu kelas tidak bertabrakan dengan waktu kerja dan kebutuhan keluarga. Anda juga bisa pilih kelas online jika ingin lebih praktis.

Banyak kursus online yang fleksibel karena hanya berupa materi, video tutor dan juga kebutuhan evaluasi. Untuk kebutuhan kelas, Anda akan dihubungi dengan video call dan berdiskusi dengan pengajar serta anggota kelas beberapa kali sebulan.

Jika memilih jalur ini, pastikan juga Anda menyiapkan budget. Jika kualitas layanan kursus online bagus, biasanya harga juga mahal. Bagi yang tidak memiliki budget besar, lebih baik ambil kelas NLP biasa saja di sekitar Anda. Harga kursus local pasti jauh lebih terjangkau.

Belajar Secara Otodidak

Belajar otodidak berarti belajar sendiri dengan sumber – sumber yang gratis. Untuk jalur yang satu ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Cara ini paling pas jika Anda memiliki keterbatasan dana tapi punya banyak waktu.

Belajar NLP dengan jalur ini memerlukan usaha yang lebih besar. Pertama adalah usaha untuk mengumpulkan materi. Di internet banyak sumber NPL tapi kualitasnya berbeda – beda. Anda harus meluangkan banyak waktu untuk dapatkan yang paling baik. Kedua adalah usaha untuk memastikan motivasi belajar tetap tinggi. Karena tidak ada pihak lain yang mengarahkan dan memastikan Anda belajar, disiplin diri harus dijaga baik.

Sekedar tips untuk belajar otodidak, Anda pastikan buat study group. Walaupun belajar sendiri – sendiri, Anda tetap akan lebih mudah bekerja sama dengan orang lain. Hal seperti latihan komunikasi, tukar referensi dan bahkan saling mengoreksi, bisa jadi konteks belajar yang baik.

Pilih Mana yang Tepat?

Setiap pilihan belajar di atas memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tapi Anda pasti lebih cocok menggunakan salah satu dari itu. Untuk dapat menemukan yang pas, perhatikan dulu dari segi keperluan. Apakah NLP akan Anda gunakan untuk membentuk kemampuan komunikasi sehari – hari atau profesional?

Untuk kebutuhan harian, otodidak tentu lebih pas. Jika untuk bisnis ataupun pekerjaan, pelatihan dan kursus akan lebih baik. Otodidak akan memerlukan waktu lebih lama untuk belajar. Jika kursus atau pelatihan, kelas akan membuat penyerapan skill lebih cepat untuk keperluan usaha.

Bagaimana? Apakah sudah jelas. Mudah – mudahan penjelasan di atas bisa berguna bagi Anda. Pastikan memilih cara belajar yang sesuai budget juga. Jika  tidak mampu masuk kelas kursus, otodidak juga masih bagus. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

 

Previous Post
Next Post
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.